Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Metode Brainstorming pada Siswa Kelas XB SMK Negeri 1 Palopo

  • Harsia Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: menulis, karangan eksposisi, metode brainstorming

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi melalui metode brainstroming pada siswa kelas XB SMK Negeri 1 Palopo (2) Mendeskripsikan hasil belajar menulis karangan eksposisi setelah melalui metode brinstorming pada siswa kelas XB SMK Negeri 1 Palopo. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas (PTK). Hasil penelitian membuktikan bahwa, perencanaan dan proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan menggunakan metode brainstorming dapat meningkatkan kinerja guru, minat dan motivasi belajar siswa serta keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas  XB SMK Negeri 1 Palopo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata, nilai tengah, dan nilai yang sering muncul, serta nilai maksimal pada teks pratindakan, siklus I, siklus II, membuktikan adanya peningkatan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiat, Sabarti, dkk.,1194.. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Ahmadi, Nurdin. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia.Malang: YE.
Ambo Enre, Fachruddin dkk. 1985.Bahasa Indonesia (Buku Pegangan Mata Kuliah Dasar Umum).Ujung Pandang:IKIP Ujung Pandang

Arikunto, Suharsimi dkk.2009. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depoter, B. & Hernacki, M., 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Abudurrahman Bandung: Kaifa.

Muslich, Mansur.2007. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugono,Dendy,dkk.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Sumardjo, J., 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparno.2007. Pembelajaran Menulis. Bandung: Angkasa.
Syafie,i. 1998. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur.2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widyamartaya, A. 2002. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisiuc.
Wijayanti, Rizki Nofiana.2011.Peningkatan Keterampilan Menulis Dongeng Media Filem Strip. Skripsi.Palopo:Universitas Cokroaminoto Palopo.
www.gurukelas.com/2014/108/metode-brainstorming-sumbang-saran,htm.
Published
23-11-2020
How to Cite
Harsia. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Metode Brainstorming pada Siswa Kelas XB SMK Negeri 1 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 616-635. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.371
Section
Articles