Repesentasi Semiotika Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman Elshirazy sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Kajian Semiotika Roland Barthes)

  • Witya Fitriah Progam Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Rapi Tang Universitas Negeri Makassar
  • Anshari Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kode Semiotik,  Novel,  Roland Barthes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk merepresentasikan tanda dalam novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman Elshirazy (Kajian Semiotika Roland Barthes) (2) Untuk merepresentasikan sebuah novel sastra sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dengan kompetensi dasar yang ada di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif.  Data dalam penelitian ini beupa tanda yang berwujud kode-kode semiotika kajian Roland Barthes dalam novel yang dianalisis secara kritis dan dikelompokkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik pustaka, teknik baca simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa representasi tanda dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman Elshirazy dengan Kajian Semiotika Roland Barthes, di antaranya: kode hermeneutik (kode teka-teki); (2) Representasi tanda kode semik (makna konotatif; (3) Representasi tanda kode simbolik; (4) Representasi tanda kode proaretik (logika tindakan); (5) Representasi tanda kode gnomik (kode kultural). Penelitian ini juga digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Kompetensi Dasar 3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca dan Kompetensi Dasar 4.11 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S. (2016). Analisis Semiotik Roland Barthes Novel Hujan Karya Tere Liye Dan Rencana Pelakasanaan Pembelajarannya Di Kelas XI SMA. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Ahmad, M.I. (2021). Representasi Semiotika Roland Barthes Dalam Syair “Ahinnu Ila Khubzi Ummi” Karya Mahmoud Darwish. an-Nahdah al-'Arabiyah; Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 1(2): 70-84.

Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra: Jenis-jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Albloly, A.M., & Ahmed, M.A. (2015). Developing The Students’ Literary Appreciation Of Novels Via Facebook. International Journal of Recent Scientific Research, 6(9): 6011-6015.

Ambarini dan Umaya, N.M. (2012). Semiotika: Teori dan Aplikasi Pada Karya Sastra. Semarang: IKIP PGRI Press.

Aprilita, D., & Listyani, R.H. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mostbeautyindo, @Bidadarisurga, dan @papuan_girl). Paradigma, 04(03), 1-13.

Aulia, B. (2019). Hedonisme dalam Novel Antologi Rasa Karya Ika Natassa: Kajian Semiotik Roland Barthes. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 2019, 135-143.

Ayuningtyas, R. (2019). Relasi Kuasa Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi: Kajian Teori Michel Foucault. Jurnal Ilmiah SARASVATI, 1(1): 73-86.

Barthes, R. 2007. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi. Bandung: Jalasutra.

Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Depdiknas.

El-Shirazy, H. (2018). Merindu Baginda Nabi. Jakarta: Replubika.

Haryono, S.R., & Putra, D.K.S. (2017). Identitas Budaya Indonesia: Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Aqua Versi “Temukan Indonesiamu”. Acta diurnA, 13(2), 67-88.

Haslinda. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar. Makassar: LPP Unismuh Maakassar.

Hermawan, D., & Shandi. (2018). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Metamorfosis. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1): 11-20.

Ibrahim & Sulaiman. (2020). Semiotic Communication: An Approach Of Understanding A Meaning In Communication. International Journal of Media and Communication Research, 1(1): 22-32.

Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Istiqomah, N., Doyin, M., & Sumartini. (2014). Sikap Hidup Orang Jawa Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Jurnal Sastra Indonesia, 3(1): 1-9.

Juwariyah & Sumartini. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2): 111-118.

Kartikasari HS., A. dan Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan: Sebuah Pengantar. Magetan: CV AE Media Grafika.

Latifah, H. (2020). Analisis Semiotik Dalam Cerpen “Tak Ada Yang Gila Di Kota Ini. Jurnal Penelitian Humaniora, 25(2): 78-88.

Herdiana, B. (2019). Ideology of Panai Money Bugis Community. In The 2nd International Conference on Natural & Social Sciences (ICONSS 2019), September (pp. 13-14).

Lestary, A.D., Warni, & Wulandari, S. (2022). Kode-Kode Narasi Semiotika Roland Barthes dalam Novel dari Jendela SMP Karya Mira Widjaja. Kalistra, 1(1): 1-8.

Lustyantie, N. (2022). Pendekatan Semiotik Model Roland Barthes Dalam Karya Sastra Prancis. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya 8 (1): 77-86.

Mainali, B. (2021). Representation in Teaching and Learning Mathematics. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 9(1): 1-21.

Merriam, S.B. (2009). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Muslimin, M.F. (2018). Perkembangan Terkini Penelitian Sastra Akademik Dan Non Akademik Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kongres Bahasa Indonesia.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press.

Nurwana. (2021). Model Pembelajaran Demonstrasi, Menggambar, dan Peer Editing: Mengatasi Problematika Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII5 SMP Negeri 1 Parepare. Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1): 10-15.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Prawoto, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press).

Putri, N.P., Mulyono, T., & Anwar, S. (2020). Semiotik Roland Barthes Pada Cerpen Tunas Karya Eko Tunas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2): 249-268.

Rahayu, I. (2014). Analisis Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Dengan Pendekatan Mimetik. Deiksis - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1): 44-59.

Rohmaniah, A.F. (2021). Kajian Semiotika Roland Barthes. Al-Ittishol, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(2): 124-134.

Rokhyanto. (2019). Makna Kode Semik dan Simbolik (Semiotik Roland Barthes) Dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2): 21-34.

Sabarudin. (2018). Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur, 04(01): 1-18.

Suparman, S. (2014). PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL LARUNG KARYA AYU UTAMI. TELAGA BAHASA Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 2(1).

Santosa, G.A., & Sudikan, S.Y. (2021). Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy (Kajian Tasawuf Ibnu `Arabi). Bapala, 8(02): 1-15.

Sasmika, M., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2022). Masalah Sosial dalam Novel La Muli Karya Nunuk Y. Kusmiana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 8(1): 1-12.

Setyaningrum, A., Bagiya, & Faizah, U. (2019). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Di Kelas XII SMA. Surya Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 07(2): 70-81.

Sobur, A. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vindriana, N.D., Mustamar, S., & Mariati, S. (2018). Politik Kebudayaan Dalam Novel Sinden Karya Purwadmadi Admadipurwa: Kajian Semiotika Roland Barthes. SEMIOTIKA, 19(2): 76-88.

Widayati, S. (2020). Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. LPPM Universitas Baubau: Muhammadiyah Buton Press.

Widodo S.C., & Jasmadi (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yasi, S.M.M., Warto., & Sunardi. (2018). Tolerance Representation in the Historical Textbooks. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(6): 213-222.

Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulfakri, Ikhsan, M., & Yusrizal. (2019). Improving the Ability of Representation and Problem Solving Through Concrete Representational Abstract (CRA) Approach in Mathematical Learning. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3): 244-248.

Published
19-04-2023
How to Cite
Witya Fitriah, Muhammad Rapi Tang, & Anshari. (2023). Repesentasi Semiotika Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman Elshirazy sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Kajian Semiotika Roland Barthes). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 407-421. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2459
Section
Articles