Pemahaman Bahasa melalui Pengalaman Proyek: Studi Kualitatif pada Implementasi PjBL dalam Mata Kuliah Wajib Umum
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pemahaman bahasa dengan mengkaji penerapan praktis Project Based Learning (PjBL) dalam mata kuliah wajib umum. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk melakukan pengamatan menyeluruh terhadap dampak pengalaman proyek terhadap pemahaman bahasa siswa. Penelitian ini melibatkan 30 koresponden yang memberikan informasi berharga tentang bagaimana proyek ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan dampak model PjBL dalam konteks mata kuliah wajib umum. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman bahasa, keterlibatan aktif siswa, dan penggabungan kemampuan bahasa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman proyek mengarah pada peningkatan pemahaman bahasa, keterlibatan aktif, dan integrasi kemampuan bahasa. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memberikan pengaruh yang positif terhadap pengembangan kemampuan berbicara, motivasi belajar, dan integrasi berbagai keterampilan berbahasa. Perspektif siswa terhadap mata kuliah wajib umum menekankan pentingnya menetapkan dasar-dasar yang kuat, menerima instruksi eksplisit, dan menghubungkan materi dengan tugas-tugas praktis. Rekomendasi dan umpan balik ditawarkan untuk meningkatkan proses integrasi, mendorong pembelajaran berbasis proyek, dan meningkatkan kualitas materi mata kuliah wajib umum. Penelitian ini memiliki potensi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efisien dalam meningkatkan pemahaman bahasa. Hal ini dapat dicapai dengan mengintegrasikan pengalaman berbasis proyek dengan model PjBL dalam kerangka mata kuliah wajib umum.
Downloads
References
Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan model pembelajaran abad 21 di sd negeri 126 borong kecamatan herlang kabupaten bulukumba. Madaniya, 2(2), 137-142. https://doi.org/10.53696/27214834.66
Anasti, H., Thahar, H., & Afnita, A. (2022). Sosiolinguistik dalam pembelajaran teks fabel dengan pendekatan komunikatif. Jurnal Basicedu, 6(1), 646-655. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1983
Andika, M. (2022). Peran youtube sebagai inovasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kemampuan speaking. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1595-1600. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4044
Dharma, I., Sururuddin, M., Putrayasa, I., & Sudiana, I. (2023). Pendekatan whole language dalam pebelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 229-240. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1176
Diana, H. and Saputri, V. (2021). Model project based learning terintegrasi steam terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal numerasi. Numeracy Journal, 8(2), 113-127. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609
Ekaputra, F. (2023). Penerapan model pembelajaran flipped classroom-pjbl dalam mengurangi potensi learning loss dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(1), 33-43. https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8312
Evariyani, E., Kartono, K., & Suminar, T. (2023). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran problem based learning dengan teacher feedback ditinjau dari gaya kognitif siswa smp. Journal on Education, 5(2), 3120-3128. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.972
Faridy, F. and Rohendi, A. (2022). The effect of project-based learning in developing naturalist intelligence in children. Gender Equality International Journal of Child and Gender Studies, 8(1), 23. https://doi.org/10.22373/equality.v8i1.11973
Fitriani, U., Adisyahputra, A., & Komala, R. (2018). Eco-friendly website development in biology learning based on project activities on environmental pollution. Biosfer, 11(1), 33-47. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.4
Ishak, T., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Implementasi model pembelajaran flipped classroom guna meningkatkan interaksi belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen informasi dan e-administrasi. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 109-119. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p109
Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. (2021). Meneguhkan pendekatan neurolinguistik dalam pembelajaran: studi kasus pada pembelajaran bahasa arab madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151-167. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115
Julinar, J. and Yusuf, F. (2019). Flipped learning model: satu cara alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 366-373. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22330
Lestari, S. (2022). Praktik reflektif model pikir 5d meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan di lahan praktik. Edu Cendikia Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 410-414. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1695
Lismay, L. and Zubaidah, Z. (2019). Strategi pembelajaran bahasa inggris mahasiswa mahad iain bukittinggi. Journal Educative Journal of Educational Studies, 4(1), 45. https://doi.org/10.30983/educative.v4i1.967
Mamahit, J., Aloysius, D., & Suwono, H. (2020). Efektivitas model project-based learning terintegrasi stem (pjbl-stem) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas x. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 5(9), 1284. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034
Meirawati, D. and Kresnawati, N. (2022). Dampak model project based learning terhadap hasil belajar pada perkuliahan bahasa inggris sistem rombel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 493-501. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.56035
Nasution, T. and Ambiyar, A. (2022). Model project-based learning untuk meningkatkan hasil belajar di perguruan tinggi. Edukasi Jurnal Pendidikan, 20(1), 152-165. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3675
Nugraha, D. (2022). Bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa): masalah kefasihan, kebakuan, rujukan belajar, dan kesusastraan. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 243. https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.13788
Pande, N., Putrayasa, I., & Sutama, I. (2020). Pengembangan modul mata kuliah bahasa indonesia di stimik stikom indonesia berbasis proyek. Equilibrium Jurnal Pendidikan, 8(2), 125-135. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3315
Pramudita, I., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2021). Studi keterampilan abad 21 mahasiswa dalam memilih peminatan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 251-259. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p251
Sitinjak, T., Permanasuri, N., Apriliyana, T., & Wicaksono, E. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk mengembangkan karakter peserta didik dengan berbasis kearifan lokal di sman 1 jabiren. Steam Engineering, 4(1), 21-26. https://doi.org/10.37304/jptm.v4i1.5511
Suhardi, S. and Thamrin, L. (2022). Stimulasi gerak dalam pembelajaran kosakata bahasa mandarin. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(2), 164. https://doi.org/10.26418/jilo.v5i2.59567
Syamsu, P. (2022). Faktor-faktor efektivitas pembelajaran bahasa arab. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(2), 187. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v11i2.11600
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian ipa terpadu dalam pembelajaran model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606
Warsuta, B., Muharram, A., Yusdisti, I., & Jasmine, S. (2021). Pengukuran tingkat kesiapan implementasi e-learning di politeknik negeri jakarta. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(2), 93-97. https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.434
Wijayati, P., Haqqie, W., & Ventivani, A. (2021). Pemanfaatan akun youtube berkonten pembelajaran bahasa mandarin dalam literasi digital pada era pandemi. Lingua Franca Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, 5(2), 121. https://doi.org/10.30651/lf.v5i2.6956
Yulaikah, I., Rahayu, S., & Parlan, P. (2022). Efektivitas pembelajaran stem dengan model pjbl terhadap kreativitas dan pemahaman konsep ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 7(6), 223. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i6.15275
Zulfa, O., Wicaksono, A., & Prihastari, E. (2023). Pemanfaatan etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas iv sdn 1 senggrong. Journal on Education, 5(4), 11894-11908. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2090
Copyright (c) 2024 Welly Nores Kartadireja, Dadang Anshori, Dadang Sunendar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.