Proses Resepsi Pembaca terhadap Hati Suhita di Kalangan Pesantren

  • Lisana Sidqin Aliyya Universitas Negeri Malang
  • Djoko Saryono Universitas Negeri Malang
  • Taufik Dermawan Universitas Negeri Malang
Keywords: resepsi, novel Hati Suhita, kalangan pesantren

Abstract

Dengan pendekatan kualitatif sosiologis penelitian ini meneliti Hati Suhita yang merupakan novel dengan pembaca lintas kalangan. Kalangan pesantren menjadi salah satu kalangan yang menarik untuk diteliti. Sumber data penelitian berasal dari 16 teks berupa resensi, informasi, dan berita tentang Hati Suhita yang ditulis oleh kalangan pesantren dan diunggah ke situs internet. Hasil dari penelitian ini ditemuakan beberapa variasi dalam proses resepsi yang digunakan oleh kalangan pesantren meliputi proses menyertakan yang dilakukan oleh pembaca dengan menyatukan diri ke dalam teks Hati Suhita melalui proses artistik embrionik dan membayangkan hal yang terjadi apabila Gus Birru pada akhirnya lebih memilih Rengganis dari pada Alina, proses merinci dengan menjelaskan informasi berupa tokoh, latar, dan alur yang ada dalam Hati Suhita, proses memahami dengan menggambarkan karakter tokoh dalam cerita berdasarkan pengetahuan tokoh,sosial-masyarakat, konteks budaya dan memahami bagian-bagian penting dalam cerita, proses menerangkan dengan mencoba menjelaskan sebaik mungkin mengapa para tokoh bertindak dalam sebuah peristiwa dengan menjelaskan kronologi dan latar belakangnya, proses menghubungkan dilakukan pembaca dengan menghubungkan pengalaman hidup dengan tokoh cerita dan membandingkan Hati Suhita dengan genre novel yang sama, proses menafsirkan ditunjukkan dengan pemberian makna terhadap tema, tokoh, dan peristiwa dalam Hati Suhita, dan proses menilai ditunjukkan dengan memberikan pendapat terhadap unsur dan isi cerita secara keseluruhan .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beach, R, W, dan Marshall, J, D. 1991. Teaching Literature in the Secondary School. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Beach, R. 1993. A Teacher’s Introduction to Reader Response Theories. Urbana: National Council of Teachers of English

Dermawan, R. N., & Ajisaputra, C. 2014. Tanggapan pembaca terhadap novel ayat-ayat cinta karya habiburrahman el shirazy: tinjauan resepsi sastra. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 1(1), 14-22.

Dhofier, Z. 2015. Tradisi Pesantren (Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Farhanah, N., & Yanti, P. G. 2021. Resepsi Pembaca Novel Digital dalam Aplikasi Wattpad (Studi Kasus Novel Aksa Karya Marionette). In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 5, No. 1).

Iser, W. 1987. Prospecting: from Reader Respon to Literary Antropologi. London: The Johns Hopkins Press Ltd.

Junus, U. 1985. Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: PT gramedia.

Putri, W., Mursalim, M., & Dahlan, D. 2020. Tanggapan Remaja di Samarinda terhadap Novel Populer Jingga dan Senja Karya Esti Kinasih: Kajian Resepsi Sastra. Ilmu Budaya, 4(2), 201-210.

Rosenblatt, L.M. 1983. The Reader, the Text, the Poem. USA: Southern Illinois University Press.

Segres. R. T. 1978. Evaluasi Teks Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Published
22-02-2024
How to Cite
Lisana Sidqin Aliyya, Djoko Saryono, & Taufik Dermawan. (2024). Proses Resepsi Pembaca terhadap Hati Suhita di Kalangan Pesantren. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1107-1119. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3132
Section
Articles