Paradigma Etika Lingkungan dalam Novel Kekal Karya Jalu Kencana

  • Alvian Guntur Prasetya Aziz Universitas Negeri Malang
  • Taufik Dermawan Universitas Negeri Malang
  • Dwi Sulistyorini Universitas Negeri Malang
Keywords: novel, ekologi sastra, etika lingkungan

Abstract

Etika lingkungan hidup dapat diartikan sebagai disiplin ilmu yang membahas nilai, norma, dan prinsip moral yang mengatur tingkah laku manusia terkait dengan lingkungan, serta nilai dan prinsip moral yang mendasari sikap manusia dalam interaksinya dengan lingkungan. Etika lingkungan hidup memperhitungkan keberadaan moral semua makhluk, tidak hanya manusia, dalam lingkup perhatian moral manusia. Novel Kekal karya Jalu Kancana menceritakan kegiatan eksploitasi yang dilakukan oleh perusahaan tambang panas bumi di Kawasan Cagar Alam Kamojang. Penelitian ini membahas paradigma etika lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan paradigma etika lingkungan aposentrisme, ekosentrisme,dan bosentrisme. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Sumber data penelitian ini ialah novel dengan judul Kekal karya Jalu Kancana yang diterbitkan oleh Buku Mojok di Sleman Yogyakarta tahun 2019. Hasil analisis menunjukkan sudut pandang antroposentrisme yang memandang manusia sebagai pusat peradaban, sudut pandang ekosentrisme ditandai dengan hubungan antara sesama makhluk hidup dan ekologi yang mana ekologi lebih penting daripada ekonomi, dan sudut pandang biosentrisme dapat dilihat dari hubungan makhluk hidup dengan makhluk hidup lain yang memiliki hak untuk hidup dan diperlakukan setara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buell, L. (1995). The Environmental Imagination. Cambridge: Harvard University Press.

Endraswara, S. (2016). Metodologi Penelitian Ekologi Sastra: Konsep, Langkah, dan Penerapan. Yogyakarta: CAPS.

Harsono, S. (2008). Kritik Sastra Berwawasan Lingkungan. Jurnal Ekokritik. Semarang: Undip

Juanda, Juanda. (2018). Revitalisasi Nilai dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya. 5(2), Hal 11-18, DOI: 10.31849/pb.v5i21611.

Juliasih. (2012). Manusia dan Lingkungan dalam Novel Life in The Iron Milis Karya Rebecca Hardings Davis. Litera, 11(1), 83–97.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Sukmawan, S. (2013). Model-Model Kajian Ekokritik Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, 1(2), 1-17.

Published
10-01-2024
How to Cite
Alvian Guntur Prasetya Aziz, Taufik Dermawan, & Dwi Sulistyorini. (2024). Paradigma Etika Lingkungan dalam Novel Kekal Karya Jalu Kencana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 416-425. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3242
Section
Articles