Tindak Tutur Ilokusi Iklan Layanan Masyarakat Terkait Covid-19 di Televisi (Kajian Pragmatik)

  • Andre Bella Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Munirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Akram Budiman Yusuf Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Tindak tutur, ilokusi, iklan layanan masyarakat dan televisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan fungsi tindak tutur ilokusi pada iklan layanan masyarakat terkait covid-19 di televisi. Masalah dalam penelitian ini bagaimana wujud dan fungsi tindak tutur ilokusi pada iklan layanan masyarakat terkait covid-19 di televisi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menekankan pada penggunaan data yang diperoleh dari obyek penelitian ini yaitu tuturan ilokusi yang ada dalam iklan layanan masyarakat terkait covid-19 di media televisi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah segala jenis kata dan kalimat berupa tindak tutur ilokusi yang ada dalam iklan layanan masyarakat terkait Covid-19 di televisi. Tehnik analisis data yang dilakukan oleh peneliti melalui beberapa tahapan yaitu ; transkipsi data, mengidentifikasi data, klasifikasi data dan tahap deskripsi.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan dua temuan pada iklan layanan masyarakat terkait covid-19 di televisi yaitu wujud tindak tutur ilokusi dan fungsi tindak tutur ilokusi. Adapun teori yang mendasari pada penelitian ini yaitu teori searle dan dengan menggunakan kajian pragmatik. Wujud tindak tutur ilokusi dalam iklan layanan masyarakat di televisi, peneliti menemukan lima jenis tindak tutur ilokusi yaitu 1) tindak tutur representatif ; memberitahukan, menjelaskan dan menuntut, 2) tindak tutur komisif ; berjanji dan ancaman 3) tindak tutur direktif ; memesan, memerintahkan, memohon, menganjurkan dan menasihatkan, 4) tindak tutur ekspresif ; meminta maaf dan 5) tindak tutur deklaratif ; menamai. Fungsi tindak tutur ilokusi pada iklan layanan masyarakat terkait covid-19 di televisi adalah untuk memberikan inforamsi kepada masyarakat guna untuk menekan penyebaran pandemi virus Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat supaya masyarakat Indonesia bisa sehat dan roda perekonomian dapat kembali lancar.

 

Kata kunci : Tindak  tutur, ilokusi, iklan layanan masyarakat dan televisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, I. (2018). Pragmatik (A. Aziz (Ed.)). Pena Salsabila.

Asep Abbas Abdullah. (2013). Metode Penelitian Bahasa. (Online). (https://digilib.uinsby.ac.id/20118/1/Metode penelitian bahasa.pdf, diakses 6 Januari 2022, pukul 8.00 WITA).

Astuti, G. W., & Sauri, S. (2021). Tindak Tutur Ilokusi Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Covid-19: Filsafat Bahasa Jl Austin. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 5(1). (Online). (http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2648/2174, diakses 7 Januari 2022, pukul 11.00 WITA).

BBC News. (n.d.). (Online). (https://www.bbc.com/indonesia/media-58454221, diakses 16 Januari 2022, pukul 20.33 WITA).

Fitri Lestari, D. (2021). Praanggapan dalam Tindak Tutur Tayangan “Bocah Ngapa(K) Ya” di Trans 7. Pesona, 7(2), 137–147. (Online). (file:///C:/Users/HP/Downloads/Praanggapan_Dalam_Tindak_Tutur_Tayangan_Bocah_Ngap (1).pdf, diakses 9 Januari 2022, pukul 9.00 WITA).

Haeril Amir, Y. T. (2021). Pengaruh Covid-19 Kepada Masyarakat. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2021, 1–5. (online). (https://scholar.google.co.id/scholar?q=Pengaruh+Covid-19+Kepada+

Masyarakat+pdf&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart, diakses 7 Januari 2022, pukul 10.00 WITA).

Indrawati, W. (2020). Membantu Masyarakat Mencegah Wabah Covid-19. ’Adalah Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 145–150. (Online) (file:///C:/Users/HP/Downloads/15579-45632-1-PB (1).pdf, diakses 9 Januari 2022, pukul 10.00 WITA).

Kompas.com.(n.d.). (Online). (https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/28/060

/perjalanan-pandemi-covid-19-di-indonesia-lebih-dari-100.000-kasus-dalam-5?page=all. (Diakses 16 Januari 2022, pukul 20.36 WITA).

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik Tindak Tutur Dalam Media Sosial (1st ed.). Dr. Abdul Rahman H., M.T., C.T. (Online). (https://osf.io/pmn2j.), diakses 7 Januari 2022, pukul 13.05 WITA).

Nuryadin, T. R. (2020). Tindak Tutur Pada Pesan Singkat (SMS) Layanan Masyarakat Automatis Oleh Satgas Penanganan Covid-19. Metahumaniora, 10(3). (Online). (https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v10i3.31051, diakses 5 Januari 2022, pukul 8.00 WITA).

Panggabean, S. (n.d.). (Online). (Pragmatik. Pragmatik_Probasasindo_UHN 71. http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3932/DIKTAT PRAGMATIK.pdf?sequence=1&isAllowed=y, diakses 5 Januari 2022, pukul 8.00 WITA).

Prastowo, A. (2016). Memahami Metode-Metode Penelitian (M. Sandra (Ed.); 3rd ed.). Ar-Ruzz Media.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat (I. Adwitya (Ed.); 1st ed.). Andi.

Saputra, R. R. (2020). Bahasa Indonesia (F. A. Irawan (Ed.); 1st ed.). Poliban Press.

Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126.

Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.

Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.

Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156.

Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.

Sudipa, M. H. D. (2021). Tindak Tutur Dalam Iklan Animasi Penanggulangan Covid-19 Oleh Prefektur Kyoto. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (Semnalisa). (Online) (https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/

semnalisa/article/view/2355/1784, dikses 7 januari 2022 pukul 11.00 WITA).

Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia (M. . Murni Fidiyanti (Ed.); 1st ed.). Graniti. (Online) (http://repository.unesa.ac.id/sysop/files/2020-06-28_Book suhartono 2.pdf, dikses 7 januari 2022 pukul 16.00 WITA).

Suparman. (2021). Interferensi Bahasa Tae Terhadap Bahasa Indonesia. TELAGA BAHASA, 9(1), 100.

Surianti dkk. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Sebagai Media Penyampaian Pesan Sosial Pada Iklan Layanan Masyarakat. Celebes of Linguistics Journal, 1 No. 2. (Online). (https://library.unismuh.ac.id/uploaded_files/temporary/Digital

Collection/MmRhMWRlMjRiZThlNzQxNTY0ZWQ0MDA1ZmNlOGVjYzk3M2VhN2QxNA==.pdf, diakses 5 Januari 2022, pukul 13.00 WITA).

Yuliantoro, A. (2020). Analisis Pragmatik (N. Herawati (Ed.); 1st ed.). Unwidha Press. (Online) (http://repository.unwidha.ac.id/2104/1/BUKU Analisis Pragmatik PAK AGUS.pdf, diakses 5 Januari 2022, pukul 9.30 WITA).

Yunita, I. K. M., & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Layanan Masyarakat di Instagram KEMENKES Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Relevasinya Sebagai Rancangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMP. Jurnal Educatio, 7(3), 1205–1212. (Online). (https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1383/912, diakses 5 Januari 2022, pukul 10.00 WITA).

Yusri. (2016). Ilmu Pragmatik Dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa (1st ed.). Deepublish (Cv Budi Utama).

Published
09-10-2022
How to Cite
Andre Bella, Munirah, & Akram Budiman Yusuf. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Iklan Layanan Masyarakat Terkait Covid-19 di Televisi (Kajian Pragmatik). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 483-498. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1820
Section
Articles