Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Model Investigasi Kelompok dan Media Visual pada Siswa Kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar

  • Akram Budiman Yusuf Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammadd Dahlan Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Menyusun Teks Eksplanasi, Model Investigasi Kelompok, Media Visual.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks ekplanasi melalui penerapan model Investigasi kelompok dan menggunakan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan  deskripsi kualitatif. Pada studi awal, penelitian ini melibatkan mitra kerjasama guru Bahasa Indonesia  SMPN 21 Kota Makassar untuk mendapatkan informasi terkait kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menulis teks eksplanasi dan tempat penelitian dalam menerapkan model Investigasi  kelompok dan penggunakan media visual.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 75. Siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII  SMPN 21 Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok dan media visual pada siswa kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rerata persentase 9.99% menjadi 91.67% dan mengalami peningkatan sebesar 91.67%.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas dan Balai Pustaka.

Abidin, Yunus. 2012. PembelajaranBbahasa Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung: PT Refika Aditama.

Anderson, Mark and Katty Anderson. 2003. Text Types in English. Australia:Macmillan.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press

Hanafiah, Nanang dan Cucu, Suhana. 2013. Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung: Refika Aditama.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs KelasVII: Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

____________. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs KelasVII: Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

____________. 2013b. Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar SekolahMenengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs.). Jakarta.

Kustandi, Cecep dan Bambang, Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual danDigital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahsun. 2013. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks”. Kompas Edu. 27 Februari 2013. (Diunduh pada 25desemberr 2018).

______ . 2013. “Pelajaran Bahasa sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan

Mulyadi, Yadi. 2013. Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya

Nurgiyantoro,Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa:Berbasis Kompetensi. Bandung: IKAPI

NSW Departement of School Education 2012.A Brief Introduction To Genre. New South Wales Australia: DSP Printery.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalamKurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar BaruAlgesindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktek. Bandung:Nusa Media.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogi

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PrestasiPustaka.

Wahidi, Rachmat. 2009. “Genre of The Teks”.hhtp//:rahmatwahidi.wordpress.com (02 February 2019).

Published
30-10-2021
How to Cite
Akram Budiman Yusuf, & Muhammadd Dahlan. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Model Investigasi Kelompok dan Media Visual pada Siswa Kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 541-552. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1331
Section
Articles