Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Model Investigasi Kelompok dan Media Visual pada Siswa Kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks ekplanasi melalui penerapan model Investigasi kelompok dan menggunakan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Pada studi awal, penelitian ini melibatkan mitra kerjasama guru Bahasa Indonesia SMPN 21 Kota Makassar untuk mendapatkan informasi terkait kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menulis teks eksplanasi dan tempat penelitian dalam menerapkan model Investigasi kelompok dan penggunakan media visual.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 75. Siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok dan media visual pada siswa kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rerata persentase 9.99% menjadi 91.67% dan mengalami peningkatan sebesar 91.67%.
Downloads
References
Alwi, Hasan. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas dan Balai Pustaka.
Abidin, Yunus. 2012. PembelajaranBbahasa Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung: PT Refika Aditama.
Anderson, Mark and Katty Anderson. 2003. Text Types in English. Australia:Macmillan.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press
Hanafiah, Nanang dan Cucu, Suhana. 2013. Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung: Refika Aditama.
Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs KelasVII: Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
____________. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs KelasVII: Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
____________. 2013b. Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar SekolahMenengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs.). Jakarta.
Kustandi, Cecep dan Bambang, Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual danDigital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahsun. 2013. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks”. Kompas Edu. 27 Februari 2013. (Diunduh pada 25desemberr 2018).
______ . 2013. “Pelajaran Bahasa sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan
Mulyadi, Yadi. 2013. Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya
Nurgiyantoro,Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa:Berbasis Kompetensi. Bandung: IKAPI
NSW Departement of School Education 2012.A Brief Introduction To Genre. New South Wales Australia: DSP Printery.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalamKurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar BaruAlgesindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktek. Bandung:Nusa Media.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogi
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PrestasiPustaka.
Wahidi, Rachmat. 2009. “Genre of The Teks”.hhtp//:rahmatwahidi.wordpress.com (02 February 2019).
Copyright (c) 2021 Akram Budiman Yusuf, Muhammadd Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.