Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). (1) Tahap analysis meliputi (a) analisis kurikulum; (b) analisis kebutuhan mahasiswa 2) Tahap design meliputi (a) materi pokok; (b) desain buku ajar. (3) Tahap development dilakukan dengan menyusun dan mengetik keseluruhan materi yang telah didesain berdasarkan analisis kebutuhan. (4) Tahap implementation merupakan tahap uji kelayakan penggunaan buku ajar yang telah disusun. (5) Tahap evalution dilakukan untuk mengevaluasi buku ajar yang dikembangkan untuk implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang meliputi hasil validasi buku ajar oleh dosen ahli materi dan ahli media, hasil penilaian buku ajar oleh dosen, hasil angket respon buku ajar oleh mahasiswa, hasil postes mahasiswa.
Downloads
References
Alfianika,N., Atmazaki., dan Abdurahman. (2014).Pengembangan Model Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Investigasi Kelompok (Group Investigation)pada Materi Menulis Karangan Ilmiah Siswa Kelas XI SMA N 8 Padang.Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. 2(2): 47-58
Anastasia Baan, Resnita Dewi, Roni La’bira, & Theresyam Kabanga’. (2019). REVOLUSI MENTAL MELALUI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANA TORAJA. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1056
Benny A. Pribadi. (2019). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Daniel Muijs dan David Reynolds. (2018). Effecctive Teaching: Teoori dan Aplikasi edisi ke-2, terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dedi Supriadi. (2010). Anatomi Buku Sekolah di Indonesia: Problematika Penilaian, Pentebaran dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan dan Buku Sumber.Yogyakarta: Adicipta.
Depdiknas.(2018). Panduan PengembanganBahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdinas.
Nurwanti, danSiti Samhati Karomani, S.S. (2015).Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Life Skillsuntuk Kelas X SMK Di Kota Metro. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 2(4): 42-53
Prastowo, A. 2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
Retno Purnama Irawati, R. dan Zaim Elmubarok, Z. (2012). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa SD Melalui Sastra Anak. Artikel Ilmiah. Semarang: FBS Universitas Negeri Semarang
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Taufiq, F.( 2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Aplikasi Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang Tapel 2013/2014. Jurnal NOSI. 2(8): 52-60
Copyright (c) 2021 Anastasia Baan, Resnita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.