Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Anastasia Baan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Resnita Dewi Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: Pengembangan, Buku Ajar Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). (1) Tahap analysis meliputi (a) analisis kurikulum; (b) analisis kebutuhan mahasiswa 2) Tahap design meliputi (a) materi pokok; (b) desain buku ajar. (3) Tahap development dilakukan dengan menyusun dan mengetik keseluruhan materi yang telah didesain berdasarkan analisis kebutuhan. (4) Tahap implementation merupakan tahap uji kelayakan penggunaan buku ajar yang telah disusun. (5) Tahap evalution dilakukan untuk mengevaluasi buku ajar yang dikembangkan untuk implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang meliputi hasil validasi buku ajar oleh dosen ahli materi dan ahli media, hasil penilaian buku ajar oleh dosen, hasil angket respon buku ajar oleh mahasiswa, hasil postes mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, N.,Kartono, dan Rochmad. (2012).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Cooperative Learning Metode Two Stay Two Stray Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Trigonometri Kelas X. Unnes Journal of Research Mathematics Education,1(1): 29-35.
Alfianika,N., Atmazaki., dan Abdurahman. (2014).Pengembangan Model Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Investigasi Kelompok (Group Investigation)pada Materi Menulis Karangan Ilmiah Siswa Kelas XI SMA N 8 Padang.Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. 2(2): 47-58
Anastasia Baan, Resnita Dewi, Roni La’bira, & Theresyam Kabanga’. (2019). REVOLUSI MENTAL MELALUI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANA TORAJA. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1056
Benny A. Pribadi. (2019). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Daniel Muijs dan David Reynolds. (2018). Effecctive Teaching: Teoori dan Aplikasi edisi ke-2, terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dedi Supriadi. (2010). Anatomi Buku Sekolah di Indonesia: Problematika Penilaian, Pentebaran dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan dan Buku Sumber.Yogyakarta: Adicipta.
Depdiknas.(2018). Panduan PengembanganBahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdinas.
Nurwanti, danSiti Samhati Karomani, S.S. (2015).Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Life Skillsuntuk Kelas X SMK Di Kota Metro. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 2(4): 42-53
Prastowo, A. 2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Retno Purnama Irawati, R. dan Zaim Elmubarok, Z. (2012). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa SD Melalui Sastra Anak. Artikel Ilmiah. Semarang: FBS Universitas Negeri Semarang
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Taufiq, F.( 2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Aplikasi Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang Tapel 2013/2014. Jurnal NOSI. 2(8): 52-60
Published
30-05-2021
How to Cite
Anastasia Baan, & Resnita Dewi. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 327-331. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407
Section
Articles