Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Toraja Utara pada Masa Pandemi Covid-19

  • Resnita Dewi Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: Problematika, PembelajaranBahasa Indonesia, Covid 19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan problematika siswa SMA Negeri 2 Toraja Utara selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. (2) Mengetahui upaya yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Toraja Utara dalam mengatasi ketidakpahaman pelajaran bahasa Indonesia selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 416 Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Toraja Utara. Sampel diambil 20% dari jumlah populasi. Dengan demikian, maka sampel penelitian ini berjumlah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling, artinya pengambilan sampelnya peneliti mencampur subjek-subjek di dalam populasi sehingga semua objek dianggap sama. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini mengidentifikasi, menganalisis, mendeskripsikan data melalui wawancara dan angket.

Hasil menunjukkan bahwa (1) Problematika siswa SMA Negeri 2 Toraja Utara selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yaitu : (a) Perubahan proses pembelajaran bahasa Indonesia, (b) Gangguan jaringan yang tidak stabil membuat akses internet menjadi terbatas, (c) Siswa kurang memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru karena hanya memberikan materi dan tugas tanpa adanya penjelasan, (d) Waktu belajar yang sangat singkat. (2) Upaya mengatasi ketidakpahaman pelajaran bahasa indonesia selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan menyakannya kepada guru, dan teman. Jika siswa belum memahami penjelasan yang diberikan, langkah selanjutnya siswa memanfaatkan IT (Ilmu Teknologi dan Informasi). Sumber media tergolong atas dua kategori yaitu media cetak berupa buku dan media online (internet) berupa google dan youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. (2017). Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. I, 53-62.
Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi, dan Harapan. Pembelajaran Daring
Selama Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria,
Volume 10, Nomor 3.

Apriliana, S. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas IV
MI. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. ISSN 2527-9610. (http://digiilib.uinsgd.ac.id). diakses 4 April 2021.

Arifin, M. (2021). "Problematika Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19.(Skripsi thesis)". Tersedia dari Electronic Theses and Dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/88958). Diakses 31 Maret 2021.
Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai. (https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr01353818/proses-pembelajaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona). Diakses 3 April 2021.
Atsani, Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam. Vol.1, No.1. e-ISSN: 2721-4931. LP2M NW. Lombok Timur.
Aunurrahman. ( 2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol. 2 No. 1.Hal.208-218. ISSN 2722-7790. (https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112). Diakses 6 April 2021.
Darmalaksana, W. dkk (2020). Analisis Pembelajaran Masa Online WFH Pandemi Covid-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI), Bandung: UIN Sunan Gunung. (http://digiilib.uinsgd.ac.id). Diakses 4 April 2021).
Hakim. (2016). Macam-Macam Media Komunikasi - Fungsi.
(http://pakarkomunikasi.com/macam-macam-media-komunikasi). Diakses
20 Mei 2021.

Harmuni. (2008). Refleksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Surabaya. Prenada
Media Grup.
Ibrahim dan Syaodih. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jaelani, A. dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online). Jurnal IKA, Vol. 8 No. 1, 55-68. (http://digilib.uinsby.ac.id). Diakses 6 April 2021
Kementrian Pendidikan dan Budaya RI. (2020). Peraturan Mendiknas tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease Covid-19 (Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020). Jakarta,DKI: Kemendikbud.
Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Pengelola Web Kemendikbud. 2020. Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. (https://Kemendikbud.go.id/main/blog/202.) Diakses 3 April 2021.
Rahartri, (2019). “WhatsApp” Media Komunikasi Masa Kini. Visi Pustaka, Vol. 21, No.2, Agustus 2019. Diakses 17 Mei 2021.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidikan dan Peserta Didik Tarbiyah Islamiyah. Volume 5 Nomor 1. (http://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825). Diakses 17 april 2021.
Riyanti, Yatim. (2001). Metodologi Penelitian. Surabaya: SIC.
Sanjaya, Ridwan. (2020). Refleksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat.
Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rajawali Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Citra.

Septirini Sekar Nusantari, S. A. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Islam Terpadu Nur Hidayah Sukoharjo. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.Vol. 8, No. 2. Hal 206–214. ISSN 2714-9765. (http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/index). Di akses 4 April 2021.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.

Suharto T. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Surabaya. PT. Raja Grafindo
Persada.
Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam
Pembelajaran. Kependidikan, Vol. II No. 2.hal.33-34.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran 2011. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

World Health Organization. (2020). Activities Guiding Principles for Immunization. Jenewa.

Yaumi, M. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta :
PRENADA MEDIA GROUP
Published
31-05-2021
How to Cite
Resnita Dewi. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Toraja Utara pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 332-339. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1408
Section
Articles