Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Toraja Utara pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan problematika siswa SMA Negeri 2 Toraja Utara selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. (2) Mengetahui upaya yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Toraja Utara dalam mengatasi ketidakpahaman pelajaran bahasa Indonesia selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 416 Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Toraja Utara. Sampel diambil 20% dari jumlah populasi. Dengan demikian, maka sampel penelitian ini berjumlah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling, artinya pengambilan sampelnya peneliti mencampur subjek-subjek di dalam populasi sehingga semua objek dianggap sama. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini mengidentifikasi, menganalisis, mendeskripsikan data melalui wawancara dan angket.
Hasil menunjukkan bahwa (1) Problematika siswa SMA Negeri 2 Toraja Utara selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yaitu : (a) Perubahan proses pembelajaran bahasa Indonesia, (b) Gangguan jaringan yang tidak stabil membuat akses internet menjadi terbatas, (c) Siswa kurang memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru karena hanya memberikan materi dan tugas tanpa adanya penjelasan, (d) Waktu belajar yang sangat singkat. (2) Upaya mengatasi ketidakpahaman pelajaran bahasa indonesia selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan menyakannya kepada guru, dan teman. Jika siswa belum memahami penjelasan yang diberikan, langkah selanjutnya siswa memanfaatkan IT (Ilmu Teknologi dan Informasi). Sumber media tergolong atas dua kategori yaitu media cetak berupa buku dan media online (internet) berupa google dan youtube.
Downloads
References
Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi, dan Harapan. Pembelajaran Daring
Selama Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria,
Volume 10, Nomor 3.
Apriliana, S. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas IV
MI. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. ISSN 2527-9610. (http://digiilib.uinsgd.ac.id). diakses 4 April 2021.
Arifin, M. (2021). "Problematika Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19.(Skripsi thesis)". Tersedia dari Electronic Theses and Dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/88958). Diakses 31 Maret 2021.
Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai. (https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr01353818/proses-pembelajaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona). Diakses 3 April 2021.
Atsani, Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam. Vol.1, No.1. e-ISSN: 2721-4931. LP2M NW. Lombok Timur.
Aunurrahman. ( 2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol. 2 No. 1.Hal.208-218. ISSN 2722-7790. (https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112). Diakses 6 April 2021.
Darmalaksana, W. dkk (2020). Analisis Pembelajaran Masa Online WFH Pandemi Covid-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI), Bandung: UIN Sunan Gunung. (http://digiilib.uinsgd.ac.id). Diakses 4 April 2021).
Hakim. (2016). Macam-Macam Media Komunikasi - Fungsi.
(http://pakarkomunikasi.com/macam-macam-media-komunikasi). Diakses
20 Mei 2021.
Harmuni. (2008). Refleksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Surabaya. Prenada
Media Grup.
Ibrahim dan Syaodih. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jaelani, A. dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online). Jurnal IKA, Vol. 8 No. 1, 55-68. (http://digilib.uinsby.ac.id). Diakses 6 April 2021
Kementrian Pendidikan dan Budaya RI. (2020). Peraturan Mendiknas tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease Covid-19 (Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020). Jakarta,DKI: Kemendikbud.
Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Pengelola Web Kemendikbud. 2020. Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. (https://Kemendikbud.go.id/main/blog/202.) Diakses 3 April 2021.
Rahartri, (2019). “WhatsApp” Media Komunikasi Masa Kini. Visi Pustaka, Vol. 21, No.2, Agustus 2019. Diakses 17 Mei 2021.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidikan dan Peserta Didik Tarbiyah Islamiyah. Volume 5 Nomor 1. (http://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825). Diakses 17 april 2021.
Riyanti, Yatim. (2001). Metodologi Penelitian. Surabaya: SIC.
Sanjaya, Ridwan. (2020). Refleksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat.
Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rajawali Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Citra.
Septirini Sekar Nusantari, S. A. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Islam Terpadu Nur Hidayah Sukoharjo. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.Vol. 8, No. 2. Hal 206–214. ISSN 2714-9765. (http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/index). Di akses 4 April 2021.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Suharto T. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Surabaya. PT. Raja Grafindo
Persada.
Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam
Pembelajaran. Kependidikan, Vol. II No. 2.hal.33-34.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran 2011. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
World Health Organization. (2020). Activities Guiding Principles for Immunization. Jenewa.
Yaumi, M. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta :
PRENADA MEDIA GROUP
Copyright (c) 2021 Resnita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.