Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Chatgpt dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo

Authors

  • Bayu Cahya Satria Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Lukman Fadhiliya Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6796

Keywords:

Pengaruh, Artificial Intelligence, Chatgpt, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pemanfaatan teknologi digital, khususnya artificial intelligence ChatGPT, serta kemandirian belajar yang berpotensi meningkatkan motivasi belajar siswa, yang merupakan faktor kunci keberhasilan pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan penggunaan ChatGPT dan kemandirian belajar secara parsial maupun simultan terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian terdiri dari 144 siswa kelas X-1 sampai X-4, dengan sampel 100 siswa yang ditentukan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Data dikumpulkan melalui angket untuk masing-masing variabel, dan instrumen diuji validitas serta reliabilitasnya. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, linearitas), uji hipotesis parsial (t-test), dan uji hipotesis simultan (F-test).Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan ChatGPT berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (t = 4,56; p < 0,05), (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (t = 5,12; p < 0,05), dan (3) Penggunaan ChatGPT dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (F = 18,45; p < 0,05; R² = 0,42).Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan ChatGPT dan kemandirian belajar secara parsial maupun simultan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afid, A. A., Nuvitalia, D., & Sanjaya, D. (2024). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 121–127. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.445

Anggaraini, F. D. P., Aprianti, Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2018). Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2453

Ardelia, D., Caska, R., & Henny, C. (2025). Dampak Artificial Intelligence terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi. 4(1), 814–822.

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Firdaus Umar, A. F., Yusuf, A., Amini, A. R., & Alhadi, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(2), 121–133. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20670

Firjatullah, J., Swaramarinda, D. R., & Febriantina, S. (2025). The Influence of Artificial Intelligence (Cici AI Application), Learning Independence, and Learning Environment on Office Technology Learning Outcomes: Pengaruh Penggunaan Kecerdasan Buatan (Aplikasi Cici AI), Kemandirian Belajar, dan Lingkungan Belajar t. RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies, 6(3), 222–234. https://doi.org/https://doi.org/10.52187/rdt.v6i3.354

Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper (SENAPAN), 3(1), 83–91. https://doi.org/10.33005/senapan.v3i1.288

Ilmaknun, L., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 416–423. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401

Kusworo, K., Goreta, G., Hanafi, I., Djoko Susanto, T. T., & Astuti, I. A. D. (2024). Chat GPT sebagai Era Baru dalam Transformasi Pembelajaran: Systematic Literature Review. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 480. https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.17991

Muhammad Nur Rachman Nidhi Suryono, Rommy Esvaldo Bhagaskara, Muhammad Aldi Pratama, & Arista Pratama. (2023). Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Produktivitas Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 364–373. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.511

Nelliraharti. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Journal of Education Science (JES), 10(1), 139. https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3993

Nita, S., Sussolaikah, K., & Aldida, J. D. (2023). The Role of Artificial Intelligence-Based Technology with ChatGPT as an Educational Learning Media Innovation in Indonesia. International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts, 2(2), 235–241. https://doi.org/10.47709/ijmdsa.v2i2.3333

Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730

Nurdiana, A., & Caswita, C. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Trigonometri Berdasarkan Prestasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 315–325. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2548

Prambudi, A. R., & Sinaga, F. M. (2024). Penggunaan ChatGPT sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JICN - Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 9853–9860. https://doi.org/https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1788

Rahman, R., & Fuad, M. (2024). Peran Motivasi Dan Displin Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 172–180. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.122

Salmi, J., & Setiyanti, A. A. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 399–406. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233

Sarkum. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smkn Ti Iklasiyah Dumai. Jurnal Tafidu, 1(1), 265–272. https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.202

sholehah, C. A., Islam, M. H., & Solihin, M. (2025). Implementation of Artificial Intelligence-Based Adaptive Learning Technology in Islamic Religious Education Subjects at SMK Negeri 2 Kraksaan Implementasi Teknologi Pembelajaran Adaptif Berbasis Artificial Intelligence pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 436–448. https://doi.org/https://doi.org/10.55583/jkip.v6i2.1359

Utami, D. S., Putri, S. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pentingnya Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2071–2082. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.557

Wahab, G. A., & Rahmah, H. (2025). Implementasi nilai-nilai moral etik melalui pembelajaran pedagogi dengan pendekatan artificial intelligence dalam membentuk karakter peserta didik. Indonesian Journal of Humanities and Social Science, 6(2), 371–386. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ijhass.v6i2.7428

Published

2025-11-03

How to Cite

Satria, B. C., Setiaji, C. A., & Fadhiliya, L. (2025). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Chatgpt dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1727–1738. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6796