Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA di SMP Kristen Sangalla’

Authors

  • Yulius Panther Bara Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Dina Gasong Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • I Ketut Linggih Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6750

Keywords:

Augmented Reality, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPA

Abstract

Perkembangan teknologi pembelajaran interaktif, khususnya augmented reality (AR), memberikan peluang strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di sekolah. Urgensi penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap materi IPA yang bersifat abstrak, seperti gunung berapi, yang sulit divisualisasikan secara nyata melalui metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Kristen Sangalla’. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas 43 peserta didik kelas VIII yang terbagi dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media augmented reality dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah divalidasi. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (82,06) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (76,19). Peningkatan skor kelompok eksperimen mencapai 25,49 poin atau 45,05% dari skor awal, sedangkan kelompok kontrol meningkat 17,71 poin atau 30,29%. Uji t menghasilkan nilai p = 0,01 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini juga menunjukkan bahwa media augmented reality dapat meningkatkan retensi materi, mengurangi miskonsepsi, dan memotivasi peserta didik. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran augmented reality efektif meningkatkan hasil belajar IPA pada materi gunung berapi dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan integrasi augmented reality dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi yang memerlukan visualisasi kompleks, disertai pelatihan guru untuk pemanfaatan teknologi secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346-352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.79

Agustin, A., & Wardhani, H. A. K. (2023). Pengaruh media augmented reality (AR) berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa SMP IT Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7-13. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952

Amalia, A., & Mawardini, A. (2024). Pengaruh Media Digital Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(2), 126-138. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i2.1087

Carolina, Y. D. (2023). Augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif 3D untuk meningkatkan motivasi belajar siswa digital native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10-16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448

Dinarti, S. (2024). Pengaruh Alat Peraga Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 5(1), 9-18. https://doi.org/10.51836/jedma.v5i1.763

Hermayanti, F., & Setyasto, N. (2025). Development of E-Learning Materials Assisted by Augmented Reality on the Material of the Form of Matter and its Changes to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(1), 329-341. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i1.10218

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kumalasari, A. N., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil BelajarPassing Sepak Bola Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 76-85. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.904

Landa, V. R., Djusmin, V. B., & Ekawati, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Augmented Reality untuk Siswa SMPN 2 Palopo. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 96-109. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.624

Latifah, A., Tresnawati, D., & Sanjaya, H. (2022). Media pembelajaran menggunakan teknologi augmented reality untuk tanaman daun herbal. Jurnal Algoritma, 19(2), 515-526. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1138

Mayer, R. E. (2020). Designing multimedia instruction in anatomy: An evidence‐based approach. Clinical Anatomy, 33(1), 2-1. https://doi.org/10.1002/ca.23265

Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128-140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Pratiwi, N. W. C., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Media Pembelajaran Augmented reality Berbasis Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 110-122. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73179

Rachim, M. R., Salim, A., & Qomario, Q. (2024). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dalam pendidikan modern. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 594-605. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1407

Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan:(Learning Media Innovation Using Augmented Reality on Digestive System Material). Biodik, 10(2), 238-248. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.34022

Salsabila, U. H., Aghnia, M. S., Sholihin, A., & Pratiwi, A. (2023). Dinamika teknologi dalam pendidikan agama islam. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 01-05. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1912

Setiawaty, S., Lukman, I. R., Imanda, R., Sudirman, S., & Rauzatuzzikrina, R. (2024). Integrating of Mobile Augmented Reality Applications Through Inquiry Learning to Improve Students’ Science Process Skills and Concept Mastery. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 90-102. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.48891

Suwarna, I. P. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Dinamika Partikel. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 2(1), 61–72. https://doi.org/10.15408/tjems.v1i1.1111

Thahir, R., & Kamaruddin, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 24–35. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.26

Wibowo, V. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi penggolongan hewan kelas V sekolah dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58-69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575

Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan media pembelajaran augmented reality berbasis STEAM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 59-68. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.316

Published

2025-09-14

How to Cite

Bara, Y. P., Gasong, D., & Linggih, I. K. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA di SMP Kristen Sangalla’. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1431–1441. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6750

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.