Kemampuan Berpikir Kritis: Bagaimana Ketergantungan AI dan Cognitive Offloading menjadi Faktor yang Mempengaruhi dengan Diperkuat oleh Adversity Quotient
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6738Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Artificial Intelligence, Cognitive OffloadingAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah memahami dampak penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan cognitive offloading terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di era digital dan revolusi industri 4.0, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia. Pentingnya urgensi ini diperkuat oleh kebutuhan untuk mengungkap peran Adversity Quotient (AQ) sebagai variabel pemoderasi dalam interaksi kompleks antara teknologi, kognisi, dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh ketergantungan AI dan cognitive offloading terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan AQ sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 121 mahasiswa Pendidikan Ekonomi FEB UNNES angkatan 2023–2024 sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode SEM-PLS menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa ketergantungan pada AI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (β = 0,348; t = 3,562; p = 0,000). Cognitive offloading tidak menunjukkan pengaruh signifikan (β = 0,022; t = 0,193; p = 0,847). AQ juga tidak berperan sebagai moderator pada hubungan AI maupun cognitive offloading dengan kemampuan berpikir kritis (β = -0,039; t = 0,259; p = 0,796) dan (β = -0,064; t = 0,437; p = 0,662). Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam pendidikan tidak melemahkan, melainkan justru meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kurikulum perlu disesuaikan agar dosen dapat merancang tugas yang menuntut pemikiran strategis dengan dukungan AI. Meskipun AQ tidak memoderasi pengaruh AI, penguatan karakter seperti kemandirian, resiliensi, dan ketahanan mental tetap diperlukan dalam proses pendidikan.
Downloads
References
Adi Artanto, F., Fahlevi, R., & Ajeng Rachmayani, N. (2021). Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Pada Hubungan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk (Studi Kasus Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesia). Surya Informatika, 11(01), 42. https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1123
Amalia, P., Majid, H. A., & As, I. (2024). Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. 3, 26–31. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3134
Andi, A., & Ani, Y. (2019). Analisis Faktor Siswa Mengunakan M- Learning Dengan Metode Structural Partial Least Square. Inti Nusa Mandiri, 14(2), 133–138.
Anwar, A. S., & Siswanto, D. S. (2020). Pengaruh Differensiasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pendekatan Partial Least Square SEM SmartPLS. KarismaPro, 11(2), 58–73. https://doi.org/10.53675/karismapro.v2i2.108
Arifin, A., Magito, M., Perkasa, D. H., & Febrian, W. D. (2023). Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(01), 24–33. https://doi.org/10.59422/global.v1i01.130
Armansyah, M. Nurwahidin, S. et al. (2022). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 6(1), 77–86.
Bimantari, A. N., Ghofur, M. A., Ekonomika, F., & Surabaya, U. N. (2025). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan , Locus of Control Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Kewirausahaan Mahasiswa Dengan Pendekatan PLS-SEM. 4(2), 6631–6636.
Faisal, M. (2024). Dampak kecerdasan buatan (AI) terhadap pola pikir cerdas mahasiswa di Pontianak. https://doi.org/10.37010/nuc.v5i1.1684
Firdaus, J. A., Ummah, R. I., Aprialini, R. R., & Faizin, A. (2025). Ketergantungan Penggunaan Kecerdasan Buatan ( AI ) pada Tugas Akademik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. 14(1), 1203–1214. https://doi.org/10.58230/27454312.1634
Fridayani, J. A., Riastuti, A., & Jehamu, M. A. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Journal of Business Management Education |, 7(3), 1–8. https://doi.org/10.17509/jbme.v7i3.51324
Furadantin, N. R. (2018). Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018. Academia (Accelerating the World’s Research), 2.
Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.373
Gerlich, M. (2025). AI Tools in Society: Impacts on Cognitive Offloading and the Future of Critical Thinking. Societies, 15(1), 1–28. https://doi.org/10.3390/soc15010006
Naini, A. N., Sudirman, A. A., Rokani, M., & Ishak, I. D. (2025). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di TK Damhil Kota Gorontalo. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 641-651. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.2045
Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLs. Jangan Belajar, 1(was), 1–4.
Kamil, I., Miranda, T., & Setiawan, A. R. (2025). Pengaruh Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Terhadap Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. JEDBUS (Journal of Economic and Digital Business), 2(1), 33-41.
Magdalena, M., & Sanoto, H. (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 4(4), 3270–3278.
Malik, P. (2020). Cognitive offloading an emerging concept: A review study. International Journal of Home Science, 6(2), 80–84.
Meyerhoff, H. S., Grinschgl, S., Papenmeier, F., & Gilbert, S. J. (2021). Individual differences in cognitive offloading: a comparison of intention offloading, pattern copy, and short-term memory capacity. Cognitive Research: Principles and Implications, 6(1). https://doi.org/10.1186/s41235-021-00298-x
Morrison, A. B., & Richmond, L. L. (2020). Offloading items from memory: individual differences in cognitive offloading in a short-term memory task. Cognitive Research: Principles and Implications, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s41235-019-0201-4
Mulyani, S., Tazliqoh, A. Z., & Ekawaty, N. (2025). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja (Studi Kasus pada Lulusan Tahun 2023 dan 2024 di SMK Negeri 1 Cikampek). Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 6289–6302. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i3.19608
Norpin, N., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(1), 444–448. https://doi.org/10.56338/jks.v7i1.4896
Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja Di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38–52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519
NYani Suryani, C. E. (2023). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kompetensi Sebagi Variabel Intevening Pada PT. Sisir Katarindo Kabupaten Bekas. Aleph, 87(1,2), 149–200.
Rachmawati, D. A., Muhtarom, A., Cahyano Puguh, & Yaskun Mohammad. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Promosi, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepuasan Konsumen pada UMKM Kabupaten Lamongan (Metode Structural Equation Modelling (SEM)- Partial Least Square (PLS)). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 8(1), 33–39.
Sada Harahap, K., Sumartini, & Sthevany. (2023). Study Of Quality Control Of Tuna Loin Precooked Frozen Products Using The Likert Scale Method In Tuna Freezing Company X. Aurelia Journal, 5(1), 29–8.
Sayyida, S. (2023). Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Smartpls Dalam Menyelesaiakan Permasalahan Di Bidang Ekonomi. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 4(1), 6–13. https://doi.org/10.24929/missy.v4i1.2610
Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Tonra, W. S., & Ishak, H. (2019). Pengurangan Beban Kognitif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Numeracy, 6(1), 111–121.
Wulandari, P. A. A., & Bagia, I. W. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pada Pegawai Puskesmas. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 251. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i2.28701
Yusuf, M. (2022). Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, dan Persepsi Risiko terhadap Niat Beli Motor Listrik menggunakan Metode SEM - PLS. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 6(2), 241–248. https://doi.org/10.33379/gtech.v6i2.1685
Zen Anwar Saeful Basyari, M. H. M. (2024). Peran dan Dampak Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(3), 462–481. https://doi.org/10.70287/epistemic.v4i1.78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Umi Maghfiroh, Ratieh Widhiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.