Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Website Wordwall pada Mata Pelajaran Accurate di SMKN 10 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6619Keywords:
Pengembangan, Alat Evaluasi Pembelajaran, Website, Wordwall, ADDIEAbstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa alat evaluasi pembelajaran berbasis website wordwall. tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran, menganalisis hasil kelayakan alat evaluasi berbasis wordwall dan mengetahui respon peserta didik terhadap alat evaluasi berbasis wordwall. Penelitian pengembangan ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian pada pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata kelayakan yang diperolah dari para ahli dengan rincian hasil rata-rata persentase kelayakan dari ahli evaluasi sebesar 91%, dan ahli grafis sebesar 98%. Penerapan alat evaluasi pembelajaran berbasis website wordwall ini memperoleh respon sangat baik dari peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan hasil rata-rata persentase respon dari peserta didik sebesar 99%. Dengan demikian, alat evaluasi pembelajaran berbasis website wordwall sebagai media pelaksanaan evaluasi pada materi set up persediaan, set up perpajakan, dan set up aset tetap dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pelaksanaan proses evaluasi pembelajaran.
Downloads
References
Aini, A. F. N., Widayanti, A., & Farisia, H. (2024). Pengembangan Media Komik “KOKO” Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 156–166. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p156-166
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92-103. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.
Az-Zahra, I. B., & Rochmawati. (2024). Pengembangan Asesmen Berbasis Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Dasar Akuntansi Berbantuan Liveworksheet Di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 12(2), 1–23.
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas X. UIN Raden Intan, 6(1), 1–7.
Febriana, S. A., Basuki, I., & Ismayati, E. (2022). Pengembangan Game Tat Berbasis Wordwall Pada Pelajaran Dle Kelas X Titl Di Smkn 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(3), 379-388. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p379-388
Febrianti, N. R., & Susilowibowo, J. (2023). Pengembangan Asesmen Berbasis Kahoot! Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi Kelas X Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 20(2), 1-9. https://doi.org/10.21831/jep.v20i2.64734
Haryanto, M. P. (2020). Evaluasi pembelajaran (konsep dan manajemen). UNY Press.
Inayati, I., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Materi Persamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 77–82.
Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assessment For Learning (AFL) Melalui Aplikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 19, No. 1, pp. 216-222).
Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 85-91. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3607
Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457. http://dx.doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162
Purnamasari, A. (2015). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan wondershare quiz creator materi sistem penilaian persediaan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain bersama pengetahuan peserta didik melalui media pembelajaran berbasis game online word wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77.
Putra, R. D. A., Pahlevi, T., Puspasari, D., & Wulandari, S. S. (2023). Pengembangan Assessment Berbasis Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X MPLB Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan: Seroja, 2(2), 2–172. http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i2.10872
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sahid, D. R., & Rachlan, E. R. (2019). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 24-39.
Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis Butir Soal Tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15-27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432
Saputri, H. A. S., & Larasati, N. J. (2023). Analisis Instrumen Assesmen: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2986-2995. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2268
Sari, D. N., & Pratiwi, V. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbantuan Aplikasi Classpoint Pada Mata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Jurdikbud), 3(2), 285-304. http://dx.doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1915
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 2(2), 73-79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292
Tuhuteru, L., Solehudin, M., Muhammadiah, M., Kraugusteeliana, & Rais, R. (2023). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital dan Informasi di Indonesia Pada Era Distruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4093–4096.
Zahir, A., Nur, H., Jusrianto, J., Hidayat, W., & Parubang, D. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Elektronika Digital melalui Tes Formatif, Sumatif, dan Remedial. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 122-129. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.13
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novita Tri Ramadhani, Vivi Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.