Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Website Wordwall pada Mata Pelajaran Accurate di SMKN 10 Surabaya

Authors

  • Novita Tri Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Vivi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6619

Keywords:

Pengembangan, Alat Evaluasi Pembelajaran, Website, Wordwall, ADDIE

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa alat evaluasi pembelajaran berbasis website wordwall. tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran, menganalisis hasil kelayakan alat evaluasi berbasis wordwall dan mengetahui respon peserta didik terhadap alat evaluasi berbasis wordwall. Penelitian pengembangan ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian pada pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata kelayakan yang diperolah dari para ahli dengan rincian hasil rata-rata persentase kelayakan dari ahli evaluasi sebesar 91%, dan ahli grafis sebesar 98%. Penerapan alat evaluasi pembelajaran berbasis website wordwall ini memperoleh respon sangat baik dari peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan hasil rata-rata persentase respon dari peserta didik sebesar 99%. Dengan demikian, alat evaluasi pembelajaran berbasis website wordwall sebagai media pelaksanaan evaluasi pada materi set up persediaan, set up perpajakan, dan set up aset tetap dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pelaksanaan proses evaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. F. N., Widayanti, A., & Farisia, H. (2024). Pengembangan Media Komik “KOKO” Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 156–166. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p156-166

Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92-103. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.

Az-Zahra, I. B., & Rochmawati. (2024). Pengembangan Asesmen Berbasis Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Dasar Akuntansi Berbantuan Liveworksheet Di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 12(2), 1–23.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas X. UIN Raden Intan, 6(1), 1–7.

Febriana, S. A., Basuki, I., & Ismayati, E. (2022). Pengembangan Game Tat Berbasis Wordwall Pada Pelajaran Dle Kelas X Titl Di Smkn 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(3), 379-388. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p379-388

Febrianti, N. R., & Susilowibowo, J. (2023). Pengembangan Asesmen Berbasis Kahoot! Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi Kelas X Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 20(2), 1-9. https://doi.org/10.21831/jep.v20i2.64734

Haryanto, M. P. (2020). Evaluasi pembelajaran (konsep dan manajemen). UNY Press.

Inayati, I., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Materi Persamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 77–82.

Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assessment For Learning (AFL) Melalui Aplikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 19, No. 1, pp. 216-222).

Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 85-91. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3607

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457. http://dx.doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Purnamasari, A. (2015). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan wondershare quiz creator materi sistem penilaian persediaan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain bersama pengetahuan peserta didik melalui media pembelajaran berbasis game online word wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77.

Putra, R. D. A., Pahlevi, T., Puspasari, D., & Wulandari, S. S. (2023). Pengembangan Assessment Berbasis Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X MPLB Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan: Seroja, 2(2), 2–172. http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i2.10872

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sahid, D. R., & Rachlan, E. R. (2019). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 24-39.

Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis Butir Soal Tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15-27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432

Saputri, H. A. S., & Larasati, N. J. (2023). Analisis Instrumen Assesmen: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2986-2995. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2268

Sari, D. N., & Pratiwi, V. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbantuan Aplikasi Classpoint Pada Mata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Jurdikbud), 3(2), 285-304. http://dx.doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1915

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 2(2), 73-79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Tuhuteru, L., Solehudin, M., Muhammadiah, M., Kraugusteeliana, & Rais, R. (2023). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital dan Informasi di Indonesia Pada Era Distruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4093–4096.

Zahir, A., Nur, H., Jusrianto, J., Hidayat, W., & Parubang, D. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Elektronika Digital melalui Tes Formatif, Sumatif, dan Remedial. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 122-129. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.13

Published

2025-09-14

How to Cite

Ramadhani, N. T., & Pratiwi, V. (2025). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Website Wordwall pada Mata Pelajaran Accurate di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1378–1388. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6619

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.