Pengaruh Antara Kinerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru di SDN Sukasari Cileunyi Bandung
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6507Keywords:
Pengaruh, Kinerja, Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kompetensi GuruAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja kepala sekolah dan gaya kepemimpinan berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru, yang merupakan faktor penting dalam menunjang kualitas pendidikan. Kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai administrator, tetapi juga sebagai pemimpin yang mendorong pengembangan profesional guru. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukasari, Cileunyi, Bandung dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan tiga puluh guru sebagai sampel. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan pengujian asumsi normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah memiliki koefisien regresi sebesar nol koma seratus tiga puluh dengan nilai signifikansi nol koma lima dua empat, sementara gaya kepemimpinan memiliki koefisien nol koma dua satu empat dengan signifikansi nol koma satu delapan lima. Keduanya tidak signifikan secara statistik karena nilai signifikansi lebih besar dari nol koma nol lima. Uji simultan juga menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama. Nilai koefisien determinasi sebesar nol koma satu satu delapan menunjukkan bahwa pengaruh kedua variabel hanya sebelas koma delapan persen terhadap kompetensi guru, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun hasilnya tidak signifikan, arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa peran kepala sekolah tetap penting. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih lanjut terhadap kinerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah, serta eksplorasi faktor-faktor lain yang lebih dominan dalam mempengaruhi kompetensi guru.
Downloads
References
Abbas, A. (2017). Penilaian kinerja kepala sekolah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 12-19. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.152
Anggal, N. (2018). Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Samarinda. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1-12.
Cahyani, R. M., Wahyudi, M. D., & Dharma, H. (2021). Pencapaian Kinerja Kepala Sekolah Dengan Menggunakananalisis Swot Untuk Pengembangan Sekolah Sd Negeri 058115 Kwala Sawit Kecamatan Batang Serangankabupaten Langkat. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(1), 16-22. https://doi.org/10.37755/jsap.v10i1.375
Darmawan, A. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 244-256. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i2.85
Ekada, A., Mirfani, A. M., & Sutarsih, C. (2016). Kontribusi kualitas kehidupan kerja, motivasi berprestasi kepala sekolah dan kinerja kepala sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5641
Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219
Hanifah, N. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(2), 111837. https://doi.org/10.17977/jip.v21i2.8373
Iskandar, W., Yusuf, M., & Annisa, A. (2019). Prototipe supervisi pendidikan dan kinerja kepala sekolah/madrasah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 163-180. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6195
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134-137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12 Karyati, R. (2020). Monitoring dan evaluasi supervisi akademik sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah binaan kepengawasan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(3).
Liskayani, L., Kristiawan, M., & Tobari, T. (2019). Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Air Kumbang Berdasarkan Beban Kerja Sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 171-190. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13261
Lubis, Z. (2022). Upaya pengawas sekolah untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah melalui supervisi manajerial di 3 SMA binaan kota Medan tahun pelajaran 2021/2022. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 30-39. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i2.518
Maisaroh, M., & Muthi, I. (2023). Hubungan Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Kepala Sekolah Dasar Di Kota Bekasi. Kinerja: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 134-152. https://doi.org/10.33558/kinerja.v1i2.7941
Mere, K. (2021). Dampak penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah terhadap kinerja kepala sekolah. Jurnal Basicedu, 5(5), 4306-4313.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1444
Nadia, Y., Sulaiman, S., & Yamin, M. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kinerja Kepala Sekolah di SD Negeri 71 Banda Aceh. Elementary Education Research, 8(2). https://doi.org/10.24815/primary.v8i2.23028
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i2.473
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 7-14. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14
Rahayuningsih, T., Setyaningsih, S., & Sunardi, O. (2023). Pengaruh supervisi pengawas dan kepuasan kerja terhadap peningkatan kinerja Kepala Sekolah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.75723
Rosita, R., & Iskandar, S. (2022). Gaya kepemimpinan kepala sekolah di era digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6005-6011. 10.31004/basicedu.v6i4.3127
Sudharta, V. A., Mujiati, M., Rosidah, A., & Gunawan, I. (2017). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam perspektif psikologi. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 208-2
Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557
Yuliana, E. Y., & Brata, Y. R. (2019). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada Sekolah Dasar Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 41-47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahayu Kariandinata, Agus Hidayat, Ujang Koswara, Wisnu Hambali Hidayat, Ayub Suganda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.