Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Kelas VII SMPN 12 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6488Keywords:
Analisis, Kemampuan, Komunikasi Matematis, Deskriptif KualitatifAbstract
Urgensi dalam penelitian Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada kelas VII SMP. sangat tinggi karena Kemampuan berkomunikasi dalam matematika menjadi salah satu unsur utama dalam proses pembelajaran, karena berperan besar terhadap pemahaman konsep, keterampilan menyelesaikan masalah, serta pembentukan cara berpikir kritis dan teratur pada diri siswa. Oleh sebab itu, penguasaan komunikasi matematis merupakan keterampilan penting yang seharusnya dimiliki siswa sepanjang kegiatan belajar matematika. Kemampuan ini meliputi keterampilan mengemukakan gagasan, memahami materi, serta menerapkan simbol dan bahasa matematika dengan benar. Penelitian ini ditujukan untuk menelaah sejauh mana kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh siswa SMP Negeri 12 Kota Jambi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pencapaiannya. Pendekatan penelitian yang dipakai ialah deskriptif kualitatif, dengan siswa tingkat SMP sebagai subjek utama. Lokasi penelitian di SMP N 12 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yaitu meliputi tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis disesuaikan berdasarkan indikator dari kemampuan komunikasi, serta wawancara mendalam dengan siswa terpilih untuk menggali pemahaman, kesulitan, dan cara siswa mengkomunikasikan ide matematisnya. Teknik analisis data yaitu reduksi data, keabsahan data, dan triangulasi Siswa akan dikategorikan menjadi 3 bagian yaitu kemampuan komunikasi tinggi, sedang, dan rendah. Adapun instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis yang dipadukan dengan wawancara tak terstruktur. Berdasarkan hasil temuan, siswa dengan tingkat kemampuan komunikasi matematis tinggi dapat memenuhi seluruh indikator yang ditetapkan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang hanya dapat mencapai sebagian indikator, dan siswa dengan kemampuan rendah tidak mampu memenuhi satupun indikator komunikasi matematis.
Downloads
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Profil kemampuan koneksi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah Kalkulus 1 Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 102-110. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.15
Astriani, N., & Dhana, M. B. Al. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(2), 243–247. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i2.13521
Cahyani, H. D., & Abadi, A. P. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal on Education, 6(1), 1733–1742. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3143
Haji, S., & Abdullah, M. I. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematik melalui pembelajaran matematika realistik. Infinity Journal, 5(1), 42-49. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p42-49
Hartawati, A., Beddu, S., & Susanti, E. (2022). Model Mediasi Dalam Meningkatkan Keberhasilan Penyelesaian Perkara Perceraian Di Pengadilan Agama. Indonesian Journal of Criminal Law, 4(1), 59-73.
Husna, I., Purwosetiyono, F. D., & Endahwuri, D. (2020). Kemampuan pemahaman matematis siswa dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari kemampuan matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 501-509. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6787
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287
Karlina, S., & Hidayati, N. (2024). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2(3), 121–127. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i3.8750
Malahati, F., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif: Memahami karakteristik penelitian sebagai metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341-348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Maryati, I., Suzana, Y., Harefa, D., & Maulana, I. T. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam materi aljabar linier. Prisma, 11(1), 210-220. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2044
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, D. R. (2023). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1100-1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Pertiwi, R. D., & Siswono, T. Y. E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 26-36. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p26-36
Purba, F. Y., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 4(1), 68-85. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1276
Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77-86. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694. https://doi.org/https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Siregar, N. F. (2018). Komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 74-84. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275
Suryawati, S., Hasbi, M., Suri, M., & Kurniawati, S. (2023). Faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Journal of Education Science, 9(1), 7-16. https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2849
Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran relasi rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 54-64. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14263
Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 328-336. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1997
Zahrowiyah, S., Faradiba, S. S., & Alifiani, A. (2022). Kemampuan Komunıkasi Matematıs Tulis Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Self-Effıcacy Peserta Didik. Jurnal Cendekia, 6(2), 1995-2010. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1433
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Geza Pesesa, Ilham Falani, Nizlel Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.