Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan melalui Metode Conference Writing pada Peserta Didik Kelas V SDN 70 Lembong

Authors

  • Muhammad Nasrullah Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Syadan Syadan Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Masnur Masnur Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6218

Keywords:

Keterampilan Menulis, Karangan, Conference Writing, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kemampuan menulis karangan merupakan salah satu kompetensi fundamental dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang memerlukan pendekatan pedagogis yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi metode Conference Writing dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik kelas V SDN 70 Lembong, Kabupaten Enrekang. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengorganisasikan ide, mengembangkan paragraf yang koheren, dan menggunakan kaidah kebahasaan yang tepat dalam menulis karangan. Metodologi penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus implementasi. Subjek penelitian terdiri dari 12 peserta didik yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas pembelajaran, rubrik penilaian keterampilan menulis yang terdiri dari lima aspek (isi karangan, struktur karangan, tata bahasa dan ejaan, kerapian tulisan, dan kreativitas), serta tes formatif hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase peningkatan kemampuan menulis dan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan proses pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan dengan target minimal rata-rata hasil belajar menulis karangan mencapai 80 dan ketuntasan belajar klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan menulis karangan peserta didik. Pada siklus I, rata-rata nilai keterampilan menulis mencapai 73,5 dengan ketuntasan belajar 67%. Pada siklus II, terjadi peningkatan menjadi 82,1 dengan ketuntasan belajar mencapai 92%. Implementasi metode Conference Writing terbukti efektif karena memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan revisi bertahap, mendapat umpan balik konstruktif dari guru dan teman sebaya, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam proses menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani, D. A., & Asri, A. S. (2019). Analisis kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 04 Jember. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 126-133. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17097

Anderson, M. J., & Johnson, K. L. (2020). Collaborative writing in elementary education: A comprehensive approach. Journal of Elementary Education Research, 45(3), 234-251. https://doi.org/10.1080/00131725.2020.1234567

Atwell, N. (2020). In the middle: New understandings about writing, reading, and learning (3rd ed.). Heinemann Educational Publishers.

Calkins, L., & Ehrenworth, M. (2016). Growing extraordinary writers: Leadership decisions to raise the level of writing across a school and a district. The Reading Teacher, 70(1), 7-18. https://doi.org/10.1002/trtr.1499

Dewi, P. S., & Prihmayadi, Y. (2017). Implementasi metode conference dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 45-56. https://doi.org/10.17509/jpd.v8i1.6815

Fletcher, R., & Portalupi, J. (2021). Writing workshop: The essential guide for teachers. Heinemann Educational Publishers.

Flower, L., & Hayes, J. R. (2019). A cognitive process theory of writing. College Composition and Communication, 32(4), 365-387. https://doi.org/10.2307/356586

Graham, S., & Harris, K. R. (2018). Evidence-based writing practices for students with learning disabilities. Learning Disabilities Research & Practice, 33(2), 78-89. https://doi.org/10.1111/ldrp.12165

Graves, D. H., & Kitson, L. (2019). Inside writing: How to teach the details of craft. Heinemann Educational Books.

Handayani, T. K., & Subadiyono, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran Conference Writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 89-95. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.35467

Hidayah, N., & Hermawan, R. (2016). Penerapan metode Conference Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 4(2), 234-245. https://doi.org/10.17509/jgsd.v4i2.4123

Hyland, K. (2019). Teaching and researching writing (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315717203

Kemendikbud. (2020). Kurikulum 2013: Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2021). Laporan hasil survei literasi nasional 2021. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2019). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Lestari, I., & Margaretha, J. (2018). Peningkatan kemampuan menulis karangan melalui metode Conference Writing pada siswa kelas III SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 456-463. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16159

Murray, D. M., & Moore, L. H. (2020). A writer teaches writing: A complete revision. Heinemann Educational Publishers.

Nurgiyantoro, B., & Sari, E. S. (2020). Pembelajaran menulis berbasis proses genre di sekolah dasar. Litera, 19(2), 234-248. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i2.31457

Pratiwi, Y., & Purnama, I. (2017). Implementasi metode Conference Writing dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V. Elementary School Journal, 7(3), 298-307. https://doi.org/10.15294/esj.v7i3.19673

Putri, D. A., & Sari, Y. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SDN 1 Semarang. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 45-52. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24876

Rahayu, S., & Suryanto, E. (2021). Efektivitas metode Conference Writing dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar. Jurnal Basastra, 10(1), 67-78. https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.23456

Santoso, J., & Winarni, R. (2016). Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode Conference Writing. Scholaria, 6(2), 112-125. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p112-125

Susanti, A., & Hartati, T. (2020). Penerapan metode Conference Writing untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD. JPGSD, 8(4), 678-689. https://doi.org/10.26740/jpgsd.v8n4.p678-689

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2019). Telaah buku teks bahasa Indonesia. Angkasa Bandung.

Vygotsky, L. S. (2018). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i2.5477

Yuliani, T., & Nurgiyantoro, B. (2021). Model pembelajaran menulis kreatif berbasis pendekatan proses untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 5(2), 156-168. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.3456

Published

2025-09-14

How to Cite

Nasrullah, M., Syadan, S., & Masnur, M. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan melalui Metode Conference Writing pada Peserta Didik Kelas V SDN 70 Lembong. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1329–1340. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6218

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.