Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester V Universitas Cokroaminoto Palopo

Authors

  • eva sohriati
  • Mutmainna Ekawati

Abstract

EVA SOHRIATI. Pengaruh Penerapan model pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Biologi Mahaiswa semester V pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo.

Model pembelajaran PBL yaitu orientasi mahaiswa pada masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar biologi mahaiswa yang diajar dengan penerapan model kooperatif, (2) hasil belajar biologi mahaiswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran PBL,. (3) pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi mahaiswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahaiswa semester V semester ganjil Universitas Cokroaminoto Palopo tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar biologi mahaiswa di kelas control mengalami peningkatan sebesar 74,16;(2) hasil belajar biologi mahaiswa di kelas eksperimen  mengalami peningkatan sebesar 85,34; (3) penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi mahaiswa.

 

Kata kunci: Strategi ARIAS, Motivasi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-04

How to Cite

sohriati, eva, & Mutmainna Ekawati. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester V Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Biogenerasi, 3(2), 11–22. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/54

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>