PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SISWA SMP NEGERI 1 LAMASI

Main Article Content

eva sohriati
Nursyamsiah
Nurasia
Mutmainna Ekawati

Abstract

The aim of this research was to determine the effect of Pop-Up Book media on interest and learning outcomes on the human digestive system of class VIII students.  This type of research is the type of research used in this research is quantitative, namely collecting, compiling, managing and analyzing data in the form of numbers. The research design used is Quasi Experimental Design. The research design used in the form of a quasi experiment is Nonequivalent Control Group Design. This design is similar to the pretest-posttest Control Group Design. The sample for this research was class VIII students at SMP Negeri 1 Lamasi with a total of 30 students. The results of the research and discussion show that the significant value of Sig. (2-tailed) is 0.000 < 0.05. then H0 is rejected. and H1 is accepted. There is an influence in the use of Pop-Up Book media on human digestive system material on the learning outcomes of class VIII.B students at SMP Negeri 1 Lamasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
sohriati, eva, Nursyamsiah, Nurasia, & Mutmainna Ekawati. (2024). PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SISWA SMP NEGERI 1 LAMASI. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 175 - 179. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4501
Section
Articles

References

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. 2016. Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mata kuliah kurikulum dan pengajaran di jurusan pendidikan teknik informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 5(3), 150.
Fazariya, N. 2016. Pengembangan media pop-up book pada pembelajaran subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN Bulukerto 02 Batu/Nurlaely Fazariya.
Hamzah, Z., & Kurniawan, I. 2020. Pengaruh pengetahuan zakat dan kepercayaan kepada baznas kabupaten kuantan singingi terhadap minat muzakki membayar zakat. Jurnal tabarru': islamic banking and finance, 3(1), 34.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan.Jakarta : Raja Gradindo Persada
Khodijah, S. 2018. Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Marleni, L. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 150.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2), 3.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.MISYKAT. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Pinte Rejeki. 2016. Efektifitas Gabungan Tes Objektif dalam Mengevalusi Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Ngeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(3). 75.
Prihatini, E. 2017. Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). 174.
Rosidah, A. 2017. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal cakrawala pendas, 3(2). 32.
Sholeh, M. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138-150.
Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).123.
Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) .Bandung: Alfabeta.
Sylvia, N. I., & Hariani, S. 2015. Pengaruh penggunaan media Pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 3(02), 1198.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. 2019. Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 1-11.
Wahyudi, U. M. W., Wibawanto, H., & Hardyanto, W. 2017. Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterior. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 99.
Wati, T. 2020. Penggunaan media pop up book pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Watuliu, J. 2015. Peranan Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smu Di Desa Warukapas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4). 1.
Yunarsih, D.Dkk. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Of education. Vol No 1