PENGUJIAN KADAR BOD, COD DAN ISOLASI BAKTERI HASIL REMEDIASI AIR LIMBAH LINDI DENGAN MENGGUNAKAN EKOENZIM KULIT BUAH PEPAYA (Carica papaya L.)

Main Article Content

Amira Falah Siregar
Rasyidah Rasyidah
Rizki Amelia Nasution

Abstract

Lindi (leachate) merupakan cairan yang merembes melalui tumpukan sampah dengan membawa materi terlarut atau tersuspensi terutama hasil proses dekomposisi materi sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan kadar Biology Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) pada limbah air lindi dengan menggunakan ekoenzim kulit buah pepaya (Carica papaya L.) dan jenis bakteri sebelum dan sesudah pemberian ekoenzim. Meltodel yang digunakan pada pelnellitian ini belrupa meltodel kuantitatif, yang telrdiri dari kontrol dan pemberian ekoenzim 10% delngan 3 kali pelngulangan pada seltiap pelrlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekoenzim dengan konsentrasi 10% pada proses remediasi limbah air lindi belum memenuhi baku mutu, dengan nilai rata-rata BOD sebesar 538 mg/L dan nilai rata-rata COD sebesar 1778 mg/L setelah remediasi 10 hari. Oleh karena itu, perlu penggunaan ekoenzim dengan konsentrasi dibawah 10% dan waktu remediasi yang lebih lama. Hasil dari identifikasi bakteri terdapat 2 jenis bakteri sebelum pemberian ekoenzim yaitu Micrococcus sp., Proteus sp., dan sesudah pemberian ekoenzim terdapat 3 jenis bakteri yaitu Pseudomonas sp., Shigella sp., dan Bacillus sp.


 


Kata Kunci : Air Lindi, BOD, COD, Ekoenzim

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Siregar, A. F., Rasyidah, R., & Nasution, R. A. (2024). PENGUJIAN KADAR BOD, COD DAN ISOLASI BAKTERI HASIL REMEDIASI AIR LIMBAH LINDI DENGAN MENGGUNAKAN EKOENZIM KULIT BUAH PEPAYA (Carica papaya L.). Jurnal Biogenerasi, 9(1), 1014 - 1021. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3673
Section
Articles

References

Agus, Sutanto. (2014). Bioremediasi Limbah Cair Nanas. Penerbit Metro, Lampung.
Andika, B., Wahyuningsih, P., & Fajri, R. (2020). Penentuan Nilai BOD dan COD Sebagai Parameter Pencemaran Air dan Baku Mutu Air Limbah Di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan. QUIMICA: Jurnal Kimia Sains Dan Terapan, 2(1), 14–22.
Chin, P. M., Naim, A. N., Suja, F., & Usul, M. F. (2020). Impact of Effluent from the Leachate Treatment Plant of Taman Beringin Solid Waste Transfer Station on the Quality of Jinjang River. processes, 8(12), 1-18.
Dwijoseputro. (1998). Dasar- Dasar Mikrobiologi. Penerbit Djambatan, Jakarta.
Fidiastuti, H. R., & Suarsini, E. (2017). Potensi Bakteri Indigen Dalam Mendegradasi Limbah Cair Pabrik Kulit Secara in Vitro. Bioeksperimen: Jurnal penelitian Biologi, 3(1).
Gaspersz, M. M., & Fitrihidajati, H. (2022). Pemanfaatan Ekoenzim Berbahan Limbah Kulit Jeruk dan Kulit Nanas sebagai Agen Remediasi LAS Detergen Utilization of Eco-enzyme from Citrus Peels and Pineapple Peels Waste as Detergent LAS Remediation Agent. Lentera Bio, 11, 503–513.
Lay, B. (1994). Analisis Mikroba di Laboratorium. Jakarta : Rajawali
Lusiah, Lusiah, Wan Suryani, and Errie Margery. Pelatihan Pembuatan Eco Enzym Dari Sampah Rumah Tangga Buah Dan Sayuran Dan Pemasaran Produk Yang Dihasilkan Dari Eco Enzym Melalui Media Sosial.‖ Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (July 1, 2021).
Trihadiningrum, Y. 1995. Mikrobiologi Lingkungan. Jurusan Teknik Lingkungan-ITS, Surabaya.
Pelczar, M.J. dan E,C.S.Chan. (2008). Dasar-dasar Mikrobiologi, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Said, N. I. Marsidi. R. 2005. Mikroorganisme Patogen dan Parasit di Dalam Air Limbah Domestik Serta Alternanif Teknologi Pengolahan. Jurnal Air Indonesia Vol. 1 (1). Kelompok Teknologi Pengelolaan Air Bersih dan Limbah Cair, Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Lingkungan, BPPT. Jakarta.