KOMPARASI PENGETAHUAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN EKSPERIMEN DENGAN PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN BIOLOGI

  • eva sohriati
Keywords: experimen, pengembangan, pengetahuan

Abstract

EVA SOHRIATI,  komparasi kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian eksperimen dengan penelitian pengembangan pada mahasiswa semester VI pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo.

Penelitian eksperimen adalah suatu penelitian yang didalamnya ditemukan minimal satu variable yang dimanipulasi untuk mempelajari hubungan sebab akibat. Penelitian pengembangan  merupakan pengkajian sistematik terhadap pendesainan, pengembangan dan evaluasi, program, proses dan produk pembelajaran yang harus memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan efektifitas. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan pengetahuan mahasiswa dalam penyusunan proposal eksperimen dengan proposal penelitian pengembangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV  pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo dengan jumlah 56 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposve sampling dengan nenunjukan dua kelas yaitu VIA dan VIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa    kemampuan mahasiswa yang menyusun proposal eksperimen mendapatkan nilai  lebih tinggi dengan rata-rata 91.63 sedangkan mahasiswa yang menyusun proposal pengembangan mendapatkan nilai rata-rata 73.66. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
18-09-2020
How to Cite
sohriati, eva. (2020). KOMPARASI PENGETAHUAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN EKSPERIMEN DENGAN PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN BIOLOGI. Jurnal Biogenerasi, 5(2), 7-17. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/338