IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERINTERGRASI TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 TELUKDALAM

Main Article Content

Yan Piter Basman Ziraluo
Yohanna Theresia Venty Fau
Adam Smith Bago

Abstract

Hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Telukdalam masih tergolong rendah atau kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru atau pembelajaran masih bersifat konvensional. Sebab itu, dilakukan kegiatan penelitian dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif  tipe Number Heads Together terintegrasi tipe Snowball Throwing dengan harapan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Telukdalam mengalami peningkatan dan kualitas pembelajaran terperbaiki dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA-Biologi melalui implementasi model pembelajaran Tipe Number Heads Together terintegrasi Tipe Snowball Throwing  di  SMP  Negeri 2 Telukdalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam Dua Siklus. Berdasarkan perhitungan tes hasil belajar diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe Number Heads Together terintegrasi tipe Snowball Throwing terbukti adanya peningkatan hasil belajar peserta didik khususnya dalam mata pelajaran IPA-Biologi. Pada siklus I, peserta didik mendapat nilai rata-rata masih dibawah nilai KKM, dengan nilai 65.14 ini dikarenakan oleh tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi masih kurang. Pada siklus II, peningkatan hasil belajar peserta didik sudah mencapai target yang ditetapkan, dengan nilai rata-rata 76.57 dalam hal ini hasil yang diperoleh sangat baik atau maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran dapat memotivasi peserta didik dalam belajar salah satunya model pembelajaran kooperatif  tipe Number Heads Together terintegrasi tipe Snowball Throwing yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran peneliti adalah hendaknya guru memperhatikan kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu penyusunan soal-soal tes agar sesuai dengan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together terintegrasi tipe Snowball Throwing.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Basman Ziraluo, Y. P., Theresia Venty Fau, Y., & Smith Bago, A. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERINTERGRASI TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 TELUKDALAM. Jurnal Biogenerasi, 8(2), 488 - 499. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.2902
Section
Articles

References

Depdiknas. 2004. Hasil Belajar. Jakarta.
Komalasari. 2010. Contoh model pembelajaran Snowball Throwing (Online) (http:// blogspot.com)
Rahayu. E.T. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Disertai Metode Number Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas sebelas. Surakarta .
Rahmat. 2007. Aktivitas Peserta didik Dalam Kelompok, (Online), (http:// aktivitaspeserta didikdalamkelompok.blogspot.com).
Sahril. 2005. Peran Yang Harus Dilakukan Guru di Dalam Kelas,(Online), (http://Peranguru.blogspot.com).
Slavin,Robert. 2010. Cooperative Learning. Nusa Media: Bandung.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Media Group. Surabaya.