PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM EKOLOGI HEWAN BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING

Authors

  • Yan Piter Basman Ziraluo

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1764

Keywords:

Penuntun Praktikum, Ekologi Hewan, Penemuan Terbimbing

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu: 1) pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan dan 4) penyebaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum, angket praktikalitas, angket motivasi, aktivitas, dan hasil belajar dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Penuntun praktikum diujicoba pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Nias Selatan. Melalui analisis data diperoleh data validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukan bahwa penuntun praktikum ekologi hewan berbasis penemuan terbimbing sudah sangat valid dari segi didaktik, konstruksi dan teknis. Berdasarkan analisis data praktikalitas diperoleh bahwa penuntun praktikum berbasis penemuan terbimbing sudah sangat praktis digunakan dalam kegiatan praktikum ekologi hewan. Pada tahap efektivitas diperoleh bahwa penuntun praktikum sudah efektif digunakan pada kegiatan praktikum ekologi hewan karena mampu meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinfobola, A.O & Afolabi, F.O. 2010. Constructivist practices through guided discovery approach: The effect on students’ cognitive achievement in Nigerian senior secondary school physics.Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 2(1):16-25. Diakses 30 Desember 2014.

Alifuddin, M. 2012. Reformasi Pedidikan. Jakarta Timur: Magna Scipt Publishing.

Anas, 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Refisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

__________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

__________. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidika (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih, CA. 2005.Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rinekacipta

Collopy, F. 2000. Color, Form and Motion. Leonardo (online), Vol.33, No.5. http://RhytmicLigt.com. Diakses 29 Mei 2015.

Dahar, W.R. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dasmita. 2012. Peningkatan Kompetensi Fisika Siswa Menggunakan Pedekatan Open Ended dengan Metode Penemuan Terbimbing dikelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis.Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

Ermanto dan Emidar. 2014. Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.Padang: UNP Press.

Hake, R.R. 2002. Assesment of Physics Teaching Methods. Proceedings of the UNESCO Asian Physics Education Workshop on Active Learning in Physics. Sri Lanka: University of Peradeniya. (http://www.physics.indiana.edu/~hake/, diakses 06 November 2014)

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, I. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hudha, M. A. 2011. Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi di Laboratorium Biologi Universitas Muhamadiyah Malang. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan,(online),Vol.1,No.1,(http://journal.umm.ac.id/nju/index.php/jppp, diakses 05 November 2014)

Isjoni. 2005. Wajah Baru Pendidikan Kita. Pekanbaru: Unri Press.

Kanter, E.D., H.D, Smith., A.M,Kenna., C, Riegar., and R.A, Linsenmeier. 2003. Inquiri-bsed Laboratory Instruction Throws Out the “Cookbook” and Improves Learning.Proceedings of the 2003 American Society for Engineering Annual Conference & Exposition. Session 2230.

Kurt, S dan OK, Kelechi. 2014. The Effects of Color on the Moods of College Students. Sage (online). http://sgo.sagapub.com. Diakses 30 Mei 2015.

Leny dan SSY, Tommy. 2006. Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Jurnal Phronesis (online), Vol.8, No.1/diakses 30 Mei 2015.

Lesmana, O. 2011. Pengembangan Lembaran Kerja Siswa (LKS) disertai Compac Disc (CD) Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Animalia Mata Pelajaran Biologi RSBI SMA. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang. UNP Press

_____. 2013.Langkah-Langkah Operasional Penelitian Pengembangan. Modul Metodologi Penelitian Kuantitatif, PTK dan Pengembangan. Padang. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

_____. 2014. Model Pembelajaran Sains. Makalah disajikan dalam Seminar Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam pembelajaran MIPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang, 01 November.

Margono,S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Melisa. 2002. Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Kalkulus I di STKIP PGRI Sumatera Barat. Tesis Tidak Diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana UNP.

Munir. 2012. Multimedia, Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.



Maknun, D., Surtikanti, K.H.R.R., danSubahar, T.S. 2012.PemetaanKeterampilanEsensialLaboratoriumdalamKegiatanPraktikumEkologi.JPII, (online), Vol. 1, No. 1, (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii, diakses 05 November 2014)

Peniati, E., Parmin., dan E, Purwantoyo. 2013. Model Analisis Evaluasi Diri Untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Calon Gurur IPA Dalam Merancang Pengembangan Laboratorium di Sekolah. JPII, (online), Vol. 2, No. 2, (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii, diakses 05 November 2014)

Pujadi, A. Faktor-faktor yang Mmpengaruhi Motivasi Belajar. http://repository.upi.edu/operator/upload/s e0751_0607374 chapter2.pdf (online), diakses 30 Mei 2015.

Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Rahayuningsih, E., dan D, Dwiyanto. 2005. Pembelajaran di Laboratorium.Yogyakarta.PusatPengembanganPendidikanUniversitasGadjahMada.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabela

Rochmad.2012. Desain Model PengembanganPerangkatPembelajaranMatematika.JurnalKreano, (online), Vol.2, No. 2, http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jkreano,diakses 06November 2014

Rohmah, AF. 2006. Pengaruh Diskusi Kelompok Untuk Menurunkan Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Skripsi. Indonesian Psycologis Jurnal (online), Vol.3 No.1, diakses 30 Mei 2015.

Rusdi. 2008. Teknik Model-Model Pengembangan Pendidikan. http://anrusmath.wordpress.com/2008/08/16/pengembangan/.Diakses 06November 2014

Rusman., K, Deni., C, Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sani, AR. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sayekti, T. 2012. AnalisisLiterasiKuantitaifDesainKegiatanPraktikumMateriPertumbuhandanPerkembanganTumbuhan SMPN di Kota Bandung.Tesistidakditerbitkan.Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Group.


Sudjana, N. dan Rivai, A. 2005. Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta


Suharni, TT. SJ, Nastiti, dan AES, Soetarto. 2008. MikrobiologiUmum. Yogyakarta: UniversitasAtma Jaya Yogyakrta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

______. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susantini, E., H, Thamrin., L, Isnawati dan Lisdiana. Pengembangan Penuntun Praktikum Genetika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. JPII (online). (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pii,diakses 06April 2015)

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif – Progresif. Jakarta: Kencana.

¬¬¬¬¬______. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif – Progresif : Konsep Landasan dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group.

______. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Upu, Hamzah, Amaliah, N.W, Hamka. 2011. Developing Learning Packagesof ecosystem Topic ThroughCooperative learning on the type of student (http/:blog.unm.ac.id/hamzahupu/2011/07/, diakses 05 November 2014)

Warman, N. 2014.PengembanganPerangkatPembelajaranFisikaBerbasisPendidikanKarakterDenganMenggunakan Model Discovery Learning padaAlat-alatOptikKelas X SMA.Tesistidakditerbitkan. Padang: UniversitasNegeri Padang.

Wayan, I. 2010. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Az-Zahara Book’s

Widodo, A. 2006 dan Ramdhaningsih, V. 2006. Analisis Kegiatan Praktikum Biologi Dengan Menggunakan Video Metalogika. Laporan Penelitian tidak diterbitkan.

Wijayanti. 2011 Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Pada Matakuliah Asuhan Kebidanan II Pada Mahasiswa Semester III Akbid Mitra Husada Karanganyar. Jurnal Kesmadaska (online), Vol. 2, No. 1,(http://journal.akbidkesmas.ac.id/index.php/issn, diakses 05 April 2015)

Yusuf, MA. 2005. Metode Penelitian. Padang: UNP PRESS


_________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.

Zafri. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Basman Ziraluo, Y. P. . (2022). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM EKOLOGI HEWAN BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal Biogenerasi, 7(2), 10–18. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1764