PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM EKOLOGI HEWAN BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1764Keywords:
Penuntun Praktikum, Ekologi Hewan, Penemuan TerbimbingAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu: 1) pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan dan 4) penyebaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum, angket praktikalitas, angket motivasi, aktivitas, dan hasil belajar dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Penuntun praktikum diujicoba pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Nias Selatan. Melalui analisis data diperoleh data validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukan bahwa penuntun praktikum ekologi hewan berbasis penemuan terbimbing sudah sangat valid dari segi didaktik, konstruksi dan teknis. Berdasarkan analisis data praktikalitas diperoleh bahwa penuntun praktikum berbasis penemuan terbimbing sudah sangat praktis digunakan dalam kegiatan praktikum ekologi hewan. Pada tahap efektivitas diperoleh bahwa penuntun praktikum sudah efektif digunakan pada kegiatan praktikum ekologi hewan karena mampu meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
Downloads
References
Alifuddin, M. 2012. Reformasi Pedidikan. Jakarta Timur: Magna Scipt Publishing.
Anas, 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Refisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
__________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
__________. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidika (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih, CA. 2005.Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rinekacipta
Collopy, F. 2000. Color, Form and Motion. Leonardo (online), Vol.33, No.5. http://RhytmicLigt.com. Diakses 29 Mei 2015.
Dahar, W.R. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dasmita. 2012. Peningkatan Kompetensi Fisika Siswa Menggunakan Pedekatan Open Ended dengan Metode Penemuan Terbimbing dikelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis.Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.
Ermanto dan Emidar. 2014. Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.Padang: UNP Press.
Hake, R.R. 2002. Assesment of Physics Teaching Methods. Proceedings of the UNESCO Asian Physics Education Workshop on Active Learning in Physics. Sri Lanka: University of Peradeniya. (http://www.physics.indiana.edu/~hake/, diakses 06 November 2014)
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, I. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hudha, M. A. 2011. Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi di Laboratorium Biologi Universitas Muhamadiyah Malang. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan,(online),Vol.1,No.1,(http://journal.umm.ac.id/nju/index.php/jppp, diakses 05 November 2014)
Isjoni. 2005. Wajah Baru Pendidikan Kita. Pekanbaru: Unri Press.
Kanter, E.D., H.D, Smith., A.M,Kenna., C, Riegar., and R.A, Linsenmeier. 2003. Inquiri-bsed Laboratory Instruction Throws Out the “Cookbook” and Improves Learning.Proceedings of the 2003 American Society for Engineering Annual Conference & Exposition. Session 2230.
Kurt, S dan OK, Kelechi. 2014. The Effects of Color on the Moods of College Students. Sage (online). http://sgo.sagapub.com. Diakses 30 Mei 2015.
Leny dan SSY, Tommy. 2006. Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Jurnal Phronesis (online), Vol.8, No.1/diakses 30 Mei 2015.
Lesmana, O. 2011. Pengembangan Lembaran Kerja Siswa (LKS) disertai Compac Disc (CD) Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Animalia Mata Pelajaran Biologi RSBI SMA. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang. UNP Press
_____. 2013.Langkah-Langkah Operasional Penelitian Pengembangan. Modul Metodologi Penelitian Kuantitatif, PTK dan Pengembangan. Padang. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
_____. 2014. Model Pembelajaran Sains. Makalah disajikan dalam Seminar Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam pembelajaran MIPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang, 01 November.
Margono,S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Melisa. 2002. Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Kalkulus I di STKIP PGRI Sumatera Barat. Tesis Tidak Diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana UNP.
Munir. 2012. Multimedia, Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Maknun, D., Surtikanti, K.H.R.R., danSubahar, T.S. 2012.PemetaanKeterampilanEsensialLaboratoriumdalamKegiatanPraktikumEkologi.JPII, (online), Vol. 1, No. 1, (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii, diakses 05 November 2014)
Peniati, E., Parmin., dan E, Purwantoyo. 2013. Model Analisis Evaluasi Diri Untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Calon Gurur IPA Dalam Merancang Pengembangan Laboratorium di Sekolah. JPII, (online), Vol. 2, No. 2, (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii, diakses 05 November 2014)
Pujadi, A. Faktor-faktor yang Mmpengaruhi Motivasi Belajar. http://repository.upi.edu/operator/upload/s e0751_0607374 chapter2.pdf (online), diakses 30 Mei 2015.
Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Rahayuningsih, E., dan D, Dwiyanto. 2005. Pembelajaran di Laboratorium.Yogyakarta.PusatPengembanganPendidikanUniversitasGadjahMada.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabela
Rochmad.2012. Desain Model PengembanganPerangkatPembelajaranMatematika.JurnalKreano, (online), Vol.2, No. 2, http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jkreano,diakses 06November 2014
Rohmah, AF. 2006. Pengaruh Diskusi Kelompok Untuk Menurunkan Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Skripsi. Indonesian Psycologis Jurnal (online), Vol.3 No.1, diakses 30 Mei 2015.
Rusdi. 2008. Teknik Model-Model Pengembangan Pendidikan. http://anrusmath.wordpress.com/2008/08/16/pengembangan/.Diakses 06November 2014
Rusman., K, Deni., C, Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.
Sani, AR. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sayekti, T. 2012. AnalisisLiterasiKuantitaifDesainKegiatanPraktikumMateriPertumbuhandanPerkembanganTumbuhan SMPN di Kota Bandung.Tesistidakditerbitkan.Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia.
Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Sudjana, N. dan Rivai, A. 2005. Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Suharni, TT. SJ, Nastiti, dan AES, Soetarto. 2008. MikrobiologiUmum. Yogyakarta: UniversitasAtma Jaya Yogyakrta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
______. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susantini, E., H, Thamrin., L, Isnawati dan Lisdiana. Pengembangan Penuntun Praktikum Genetika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. JPII (online). (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pii,diakses 06April 2015)
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif – Progresif. Jakarta: Kencana.
¬¬¬¬¬______. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif – Progresif : Konsep Landasan dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group.
______. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Upu, Hamzah, Amaliah, N.W, Hamka. 2011. Developing Learning Packagesof ecosystem Topic ThroughCooperative learning on the type of student (http/:blog.unm.ac.id/hamzahupu/2011/07/, diakses 05 November 2014)
Warman, N. 2014.PengembanganPerangkatPembelajaranFisikaBerbasisPendidikanKarakterDenganMenggunakan Model Discovery Learning padaAlat-alatOptikKelas X SMA.Tesistidakditerbitkan. Padang: UniversitasNegeri Padang.
Wayan, I. 2010. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Az-Zahara Book’s
Widodo, A. 2006 dan Ramdhaningsih, V. 2006. Analisis Kegiatan Praktikum Biologi Dengan Menggunakan Video Metalogika. Laporan Penelitian tidak diterbitkan.
Wijayanti. 2011 Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Pada Matakuliah Asuhan Kebidanan II Pada Mahasiswa Semester III Akbid Mitra Husada Karanganyar. Jurnal Kesmadaska (online), Vol. 2, No. 1,(http://journal.akbidkesmas.ac.id/index.php/issn, diakses 05 April 2015)
Yusuf, MA. 2005. Metode Penelitian. Padang: UNP PRESS
_________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.
Zafri. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.