VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HOTS UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 2 ONOLALU

Main Article Content

Yohanna Theresia Venty Fau
Adam Smith Bago
Tatema Telaumbanua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa kelas VII SMPN 2 Onolalu dan melihat sejauh mana nilai validitasnya. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas LKPD berbasis HOTS. Lembaran validitas ini akan dinilai oleh tiga orang pakar yang ahli syarat didaktik, konstruk dan teknis. Teknik analisis data yaitu analisis validitas menggunakan data validasi LKPD berbasis HOTS. Validitas LKPD berbasis HOTS diperoleh dari hasil validasi menggunakan lembaran validasi ketiga pakar. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai syarat didaktik yaitu 89,58% tergolong kriteria sangat valid, syarat konstruk diperoleh nilai 88,33% tergolong kriteria sangat valid, syarat teknis diperoleh nilai 90,47% tergolong kriteria sangat valid, dan nilai rata rata ketiga syarat tersebut memperoleh nilai 89,46% tergolong kriteria sangat valid. LKPD berbasis HOTS berhasil dikembangkan dengan kriteria validitas sangat valid dan diharapkan bisa dipakai sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari segi ranah pengetahuan, sikap serta keterampilan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Theresia Venty Fau, Y., Smith Bago, A., & Telaumbanua, T. (2024). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HOTS UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 2 ONOLALU. Jurnal Biogenerasi, 9(1), 724 - 731. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3425
Section
Articles

References

Aktamis, H. dan Ergin, O. 2008. The Effect of Scientific Process Skills Education on Students Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievements. Asia Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 9 (1): 1-27.
Budiarti, W. dan Oka A. A. 2014. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Scientific Approach untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 5 (2): 123-130.
Hakim, L. 2017. Development Of Chemistry Worksheet Based Learning Inquiry For Student In Senior High School. Advances in Social Sciences, Education and Humanities Research.
Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Nurhafizah. 2017. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Pada Materi Sel Kelas XI MA Raudhatul Firdaus Kubu Raya. Bioeducation,4 (1).
Plomp, T dan Nieveen, N. 2013. Educational Design Research Part A: An introductioSn Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands, November 2013.
Prastowo, Andi. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Tematik; Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Thompson, Nathan A. 2013. Reliability & Validity. Assessment Systems Worldwide, LLC: 1–4.
Yusuf, A. M. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.
Zahro, U. L. 2017. Pengembangan LKS Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2 (1)