UJI KEVALIDAN INSTRUMEN TES BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA/MA

Authors

  • Aqilah Fauziyah MF
  • Yusminah Hala Universitas Negeri Makassar
  • Andi Asmawati Aziz Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2125

Keywords:

Kevalidan, Instrumen tes, HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi sistem ekskresi sebagai instrumen penilaian yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) mengacu pada model Mc. Intire yang memiliki 10 tahapan di antaranya: 1) Mendefinisikan Kompetensi, Peserta Tes, dan Tujuan Tes, 2) Mengembangkan Rencana Uji, 3) Menyusun Item Tes, 4) Menulis Instruksi Administrasi, 5) Melakukan Uji Coba, 6) Analisis Item, 7) Merevisi Tes, 8) Validasi Tes, 9) Mengembangkan Norma, 10) Lengkapi Tes Manual. Produk akhir adalah soal ujian berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) menghasilkan 30 butir soal pilihan ganda yang berada pada tingkat kognitif C4 (menganalisis) – C6 (mencipta) yang divalidasi oleh validator ahli. Hasil validasi oleh kedua dosen validator menunjukkan bahwa X > 109 (hasil validasi menurut Widoyoko) sehingga  instrumen tes yang dikembangkan dinyatakan sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albar, Zulkifli. 2009. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendidikan Berkelanjutan, Komitmen Organisasi, Sistem Reward, Pengalaman Dan Motivasi Auditor Terhadap Kinerja Auditor Inspektorat Provinsi Sumatera Utara. Thesis S2. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Fitriani, Eka. (2019). Pengembangan Instrumen Assesment HOTS Pada Mata Pelajaran IPS Terintegrasi Nilai-Nilai Pembangunan Karakter Kelas V SD/MI di Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (2006). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Fauziyah MF, A., Hala, Y., & Asmawati Aziz, A. . (2023). UJI KEVALIDAN INSTRUMEN TES BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA/MA. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 329–333. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2125