EFEKTIFITAS PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Main Article Content

Ratnasari Rahman
Saparuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif model kelas terbalik ini untuk pembelajaran jarak jauh atau online di SMA Negeri 9 Makassar. Metode observasi kualitatif digunakan dalam penelitian yang diawali dengan pembuatan e-modul yang akan dibagikan kepada siswa melalui Google Classroom. Dari penelitian ini, metode Flipped Classroom merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengeksplorasi materi pembelajaran secara online. Namun, itu sepenuhnya tergantung pada motivasi siswa itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rahman, R., & Saparuddin. (2022). EFEKTIFITAS PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 40-49. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1646
Section
Articles

References

Akcayir, G., & Akcayir, M. (2018). The flipped classroom: a review of its advantages and challenges. Computers & Education, 2(1), 334-345.
Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas flipped classroom terhadap sikap dan keterampilan belajar matematika di smk. Jurnal Managemen Pendidikan. 11(2). 2-8.
Du, S. C., Fu, Z. T., & Wang, Y. (2014). The flipped classroom-advantages and challenges. In International Conference on Economic Management and Trade Cooperation, 1(1), 17-20.
Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 64-73.
Karim, M., & Saptono. S. (2020). Penerapan flipped learning pada pembelajaran daring efek pandemi covid-19 dalam meningkatkan motivasi peserta didik man salatiga pada materi sel. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Universitas Negeri Semarang: 2020, 140-145.
Malik, A. (2014). Fungsi komunikasi antara guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan (studi kasus proses belajar mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168-173.
Mamluah, S. K. Maulidi, A. (2021). Pembelajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid 19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869-877.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Mok, H. N. (2014). Teaching tip: the flipped classroom. Journal of information systems education, 25(1), 7-12.

Nurkhasanah, Siti. (2021). Implementasi model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan partisipasi belajar ipa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 256-263.
Ozdamli, F., & Asiksoy, G. (2016). Flipped classroom approach. World Jounal on Educational Technology, 8(2), 98-105.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di sdit cendekia purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Purwitha, D. G. (2020). Model pembelajaran flipped classroom sebagai pembelajaran inovatif abad 21. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 49-55.
Rudibyani, R. B. (2018). The effectiveness of discovery learning to improve critical thinking skills college student on mastery of arrhenius acid base. Journal SEEDs, 2(1), 41-54.
Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4), 579-596.
Sinatrya, P., & Aji, S. U. (2020). Efektivias model pembelajaran flipped classroom daring menggunakan media sosial instagram di kelas x smk. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 81-90.
Suciartini, N. N. A. (2017). Urgensi pendidikan toleransi dalam wajah pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 12-22.
Susana, K. Y., & Brahma, A. A. G. R W. (2021). The effectiveness of flipped learning during the pandemic to improve the writing competence of stmik stikom indonesia students. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 75-84.
https://doi.org/10.22225/jr.7.1.2883.75-84
Yuliana, N. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 2(1), 21-28.
Zineldin, M., Akdag, H. C., & Vasicheva, V. (2011). Assessing quality in higher education: New criteria for evaluating students’ satisfaction. Quality in higher education, 17(2), 231-243.