ANALISIS RESPON SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 MAKASSAR TERHADAP PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATERI PEWARISAN SIFAT PADA MAKHLUK HIDUP

Main Article Content

Aliah Sri Wahyuni
Saparuddin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran blended learning dalam pembelajaran tatap muka tebatas . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA 9 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dengan menggunakan aplikasi google form dan wawancara tidak terstruktur. Hasil data diperoleh dan dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan blended learning adalah baik berdasarkan hasil observai, amgket, dan wawancara yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Sri Wahyuni, A., & Saparuddin. (2022). ANALISIS RESPON SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 MAKASSAR TERHADAP PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATERI PEWARISAN SIFAT PADA MAKHLUK HIDUP. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 23-29. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1647
Section
Articles

References

Agustiani, M., Ningsih, S., & Muris, A. A. (2019). Respon mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa inggris berbasis blended learning melalui edmodo di universitas Baturaja. PEDAGOGIA, 17(2), 108-119.
Arjun, Muhammad. 2020. “Implementasi Blended Learning di Era New Normal, Metode Efektif Pembelajaran”. Dalam Metro Jambi, 24 Juni 2020.
Hudaya, A. (2019). Penerapan Blended Learning Melalui Google Classroom Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Menanamkan Keterampilan 4c (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Husamah, S. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face. E-Learning Offline-Online Dan Mobil Learning, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Kemendikbud. (2020). Pemerintah Daerah diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka. Diambil 14 November 2021, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/11/pemerintah-daerah-diberikan-kewenangan-penuh-tentukan-izin-pembelajaran-tatap-muka
Kirna, I. M., Sudria, I. B. N., & Tegeh, I. M. (2015). Apa Respons Dan Harapan Siswa Sma Tentang Blended Learning?. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1-3).
Kristina, E., Pandiangan, P., & Layang, S. (2020). Application of Google Classroom-based Blended Learning Model in Creative Product and Entrepreneurship Learning Subjects in Smk Negeri 1 Palangka Raya. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 8(2), 81-85.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.
Layyinah, R. (2021). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Mihadunal Ula Sukabumi. Skripsi.
Muhammad, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Piranti Google Classroom Pada Kompetensi Engine Sepeda Motor (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400-4406.
Palennari, M., Adnan, A., & Fajrianti, N. (2018). Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Menggunakan Blended Learning Terintegrasi Discovery Learning. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 47-56.
Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100-111.
Purniawan, P., & Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 784-789).
Soni. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 2(1).
Supriatna, U. (2021). Flipped Classroom: Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 57-62.
Zaid, N., & Bahri, A. (2018, October). Analisis Kebutuhan Pengembangan Blended Learning Terintegrasi Taksonomi Bloom-Rederker-Guerra (BRG) Pada Materi Sel Untuk SMA. In Seminar Nasional Biologi.