ANALISIS RESPON SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 MAKASSAR TERHADAP PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATERI PEWARISAN SIFAT PADA MAKHLUK HIDUP
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran blended learning dalam pembelajaran tatap muka tebatas . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA 9 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dengan menggunakan aplikasi google form dan wawancara tidak terstruktur. Hasil data diperoleh dan dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan blended learning adalah baik berdasarkan hasil observai, amgket, dan wawancara yang telah dilakukan.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Arjun, Muhammad. 2020. “Implementasi Blended Learning di Era New Normal, Metode Efektif Pembelajaran”. Dalam Metro Jambi, 24 Juni 2020.
Hudaya, A. (2019). Penerapan Blended Learning Melalui Google Classroom Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Menanamkan Keterampilan 4c (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Husamah, S. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face. E-Learning Offline-Online Dan Mobil Learning, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Kemendikbud. (2020). Pemerintah Daerah diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka. Diambil 14 November 2021, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/11/pemerintah-daerah-diberikan-kewenangan-penuh-tentukan-izin-pembelajaran-tatap-muka
Kirna, I. M., Sudria, I. B. N., & Tegeh, I. M. (2015). Apa Respons Dan Harapan Siswa Sma Tentang Blended Learning?. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1-3).
Kristina, E., Pandiangan, P., & Layang, S. (2020). Application of Google Classroom-based Blended Learning Model in Creative Product and Entrepreneurship Learning Subjects in Smk Negeri 1 Palangka Raya. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 8(2), 81-85.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.
Layyinah, R. (2021). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Mihadunal Ula Sukabumi. Skripsi.
Muhammad, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Piranti Google Classroom Pada Kompetensi Engine Sepeda Motor (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400-4406.
Palennari, M., Adnan, A., & Fajrianti, N. (2018). Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Menggunakan Blended Learning Terintegrasi Discovery Learning. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 47-56.
Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100-111.
Purniawan, P., & Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 784-789).
Soni. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 2(1).
Supriatna, U. (2021). Flipped Classroom: Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 57-62.
Zaid, N., & Bahri, A. (2018, October). Analisis Kebutuhan Pengembangan Blended Learning Terintegrasi Taksonomi Bloom-Rederker-Guerra (BRG) Pada Materi Sel Untuk SMA. In Seminar Nasional Biologi.