EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN COLLABORATIVE PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS 10 SMAN 9 MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
E-Modul adalah suatu media pembelajaran dengan menggunakan komputer yang menampilkan teks, gambar, grafik, audio, animasi dan video dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaboratif peserta didik dalam proses pembelajaran, juga untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan E-modul dalam kemampuan penguasaan materi dan kolaboratif peserta didik pada pembelajaran biologi materi klasifikasi makhluk hidup kelas X. E-modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbasis anyflip yang diharapkan efektif digunakan oleh peserta didik untuk meningkatkan kemampuan kolaboratifnya. Untuk menguji efektifitas tersebut dilakukan penelitian pada siswa kelas X Mipa 3 SMAN 9 Makassar menggunakan e-modul yang dapat dilihat keefektifannya melalui proses belajar peserta didik di mana didalam e-modul terdapat lembar kerja peserta didik yang berisi soal soal yang akan didiskusikan oleh peserta didik kelas X, dapat dilihat melalui lembar kerja peserta didik ini, para siswa menjadi lebih aktif dalam melakukan diskusi dengan teman kelompoknya masing-masing, Artinya penggunaan e-modul berbasis anyflip pada pembelajaran Biologi SMA kelas X materi klasifikasi makhluk hidup mampu meningkatkan kemampuan kolaboratif peserta didik di kelas X MIPA 3 SMAN 9 Makassar.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Anwar, M., Jalinus, N., & Pardjono. 2017. The learning model development of higher order thinking on electronics system subject (Regionalization & H. in TVET – Abdullah et al. (Eds). (eds.)). Taylor & Francis Group.
Asmiyunda, dkk. (2018). Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol. 2 (2):155-161.
Budiningsih, A. C. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta
Dessy, Gusti Ayu. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 7(1)
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
Handoko, Bibit Sih. 2017. Virtual Learning: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Vol. 3.
Harton, W. (2006). E-learning by Design. USA: Pfeiffer.
Krismayanti. 2021. Efektivitas Penggunaan Modul Ipa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 2 Kota Kediri. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. Vol 9 No. 2
Le, H., Jeroen, J.,dan Theo.,W. (2017). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal Of Education,48(1), 110
McPherson, M. & Nunes, M.B. 2004. Developing Innovation in Online Learning: An Action Research Framework. London: Routledge-Falmer. Routledge : France
Pelet, j.-E. (2014). E-learning 2.1 Techniques and Web Application in Higher Education. USA: IGI Global.
Penyusun, T. (2018). Peningkatan proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran abad 21 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SMK.
Pinontoan. 2021. Pembelajaran Daring Menggunakan E-Modul Pada Flipped Classroom Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Dan Intensi Berwirausaha. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. Vol 8
Rokhmania, F. T., & Kustijono, R. (2017).Efektivitas penggunaan E-Modul berbasis flipped classroom untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika, (November), 91±96.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS. Tangerang: Tira Smart.
Sari. K. Arum., Zuhdan. Prasetyo, H., & Setiyo,. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII.
Jurnal pendidikan dan Sains. 6(8), 1-7.
Soekartawi. 2006. Blended/hybrid learning: Altematif Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.ISSN: 1907-5022
Sunardi. 2019. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kolaborasi Pembelajaran Konvensional Dan Pembelajaran Virtual. Jurnal Abdimas Mandiri. Volume 3 No. 2.
Vembiarto, S. (1985). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Pratama.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat: Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad21.