EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN COLLABORATIVE PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS 10 SMAN 9 MAKASSAR

Main Article Content

Suryani Suryani
Saparuddin

Abstract

E-Modul adalah suatu media pembelajaran dengan menggunakan komputer yang menampilkan teks, gambar, grafik, audio, animasi dan video dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan kolaboratif peserta didik dalam proses pembelajaran, juga untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan E-modul dalam kemampuan penguasaan materi dan kolaboratif peserta didik pada pembelajaran biologi materi klasifikasi makhluk hidup kelas X. E-modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbasis anyflip yang diharapkan efektif digunakan oleh peserta didik untuk meningkatkan kemampuan kolaboratifnya. Untuk menguji efektifitas tersebut dilakukan penelitian pada siswa kelas X Mipa 3 SMAN 9 Makassar  menggunakan e-modul yang dapat dilihat keefektifannya melalui proses belajar peserta didik di mana didalam e-modul terdapat lembar kerja peserta didik yang berisi soal soal yang akan didiskusikan oleh peserta didik kelas X, dapat dilihat melalui lembar kerja peserta didik ini, para siswa menjadi lebih aktif dalam melakukan diskusi dengan teman kelompoknya masing-masing, Artinya penggunaan e-modul berbasis anyflip pada pembelajaran Biologi SMA kelas X materi klasifikasi makhluk hidup mampu meningkatkan kemampuan kolaboratif peserta didik di kelas X MIPA 3 SMAN 9 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Suryani, S., & Saparuddin. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN COLLABORATIVE PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS 10 SMAN 9 MAKASSAR. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 91 - 98. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1645
Section
Articles

References

Andayani, Y. (2018). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama.Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5 (1), 1-13.
Anwar, M., Jalinus, N., & Pardjono. 2017. The learning model development of higher order thinking on electronics system subject (Regionalization & H. in TVET – Abdullah et al. (Eds). (eds.)). Taylor & Francis Group.
Asmiyunda, dkk. (2018). Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol. 2 (2):155-161.
Budiningsih, A. C. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta
Dessy, Gusti Ayu. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 7(1)
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
Handoko, Bibit Sih. 2017. Virtual Learning: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Vol. 3.
Harton, W. (2006). E-learning by Design. USA: Pfeiffer.
Krismayanti. 2021. Efektivitas Penggunaan Modul Ipa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 2 Kota Kediri. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. Vol 9 No. 2
Le, H., Jeroen, J.,dan Theo.,W. (2017). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal Of Education,48(1), 110
McPherson, M. & Nunes, M.B. 2004. Developing Innovation in Online Learning: An Action Research Framework. London: Routledge-Falmer. Routledge : France
Pelet, j.-E. (2014). E-learning 2.1 Techniques and Web Application in Higher Education. USA: IGI Global.
Penyusun, T. (2018). Peningkatan proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran abad 21 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SMK.
Pinontoan. 2021. Pembelajaran Daring Menggunakan E-Modul Pada Flipped Classroom Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Dan Intensi Berwirausaha. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. Vol 8
Rokhmania, F. T., & Kustijono, R. (2017).Efektivitas penggunaan E-Modul berbasis flipped classroom untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika, (November), 91±96.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS. Tangerang: Tira Smart.
Sari. K. Arum., Zuhdan. Prasetyo, H., & Setiyo,. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII.
Jurnal pendidikan dan Sains. 6(8), 1-7.
Soekartawi. 2006. Blended/hybrid learning: Altematif Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.ISSN: 1907-5022
Sunardi. 2019. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kolaborasi Pembelajaran Konvensional Dan Pembelajaran Virtual. Jurnal Abdimas Mandiri. Volume 3 No. 2.
Vembiarto, S. (1985). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Pratama.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat: Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad21.