Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Warga Kampung Tumaritis Melalui Pemanfaatan Bahan Daur Ulang

  • Arief Hidayat Institut Teknologi Kalimantan
  • Rizky Arief Nugroho Institut Teknologi Kalimantan
  • Nabila Endina Kintani Institut Teknologi Kalimantan
  • Nur Herliana Putri Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhammad Devandra Edytia Institut Teknologi Kalimantan
  • Bani Adam Alfauzi Institut Teknologi Kalimantan
  • Devita Rayhana Institut Teknologi Kalimantan
  • Eva Dinayah Institut Teknologi Kalimantan
  • Rivaldo Appulembang Institut Teknologi Kalimantan
Keywords: Sampah, Bahan Daur Ulang, Pemanfaatan, Kampung Tumaritis

Abstract

Kampung Pemulung Tumaritis yang terdapat diĀ  RT. 042 Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara merupakan pusat pengumpulan sampah dengan potensi besar dalam pemanfaatan sampah. Penanganan sampah anorganik menjadi permasalahan di kampung ini, terutama penumpukan sampah plastik yang mengganggu estetika lingkungan. Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat tentang pemanfaatan sampah yang benar juga berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan masyarakat setempat. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk meminimalisir dampak buruk sampah dengan melakukan daur ulang. Tujuan utama Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah meningkatkan kesejahteraan warga melalui pemanfaatan bahan daur ulang dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya daur ulang sampah. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah observasi dan wawancara terhadap warga untuk mengamati kondisi Kampung Pemulung Tumaritis serta penyampaian teori berupa sosialisasi dan praktek langsung kepada masyarakat mengenai cara mengolah sampah yang benar. Program KKN 4M ITK di Kampung Pemulung TumaritisĀ  meliputi pembuatan taman bermain dari ban bekas, pelatihan pengelolaan sampah, dan sosialisasi pemasaran produk daur ulang melalui media sosial. Program ini tidak hanya menciptakan produk yang menarik secara estetika, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang daur ulang sampah yang berdampak positif pada lingkungan dan perekonomian.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2008 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Hidayat, N. N. W., & Loviani, S. D. (2023). Jurnal Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Pasir Biru Kecamatan Rancakalong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sebelas April, 1(2).

Fauzi, H., Hendayana, Y., Rahmah, N., Febrianti, B., Rizkha, A., Noviyanti, D., ... & Cahyani, A. D. (2023). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA SRIMUKTI KABUPATEN BEKASI. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 155-166.

Rosdiana, A., & Wibowo, P. A. (2021). Program Pendampingan Daur Ulang Sampah Sebagai Upaya Pengurangan Polusi Lingkungan Melalui Transformasi untuk Nilai Tambah Ekonomi. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 3(2), 95-100.

Hasibuan, M. R. R. (2023). Manfaat Daur Ulang Sampah Organik Dan Anorganik Untuk Kesehatan Lingkungan.

Lian, B. (2019, July). Tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi menjawab kebutuhan masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Syardiansah. "Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017)." JIMUPB, 7(1), 2019: 57-68.

Published
30-06-2024
How to Cite
Hidayat, A., Nugroho, R. A., Kintani , N. E., Putri, N. H., Edytia, M. D., Alfauzi, B. A., Rayhana, D., Dinayah, E., & Appulembang, R. (2024). Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Warga Kampung Tumaritis Melalui Pemanfaatan Bahan Daur Ulang. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 41-48. https://doi.org/10.30605/atjpm.v5i2.3790
Section
Articles