PKM-Pelestarian dan Pewarisan Sastra Lisan Sulawesi Selatan Pada Siswa Madrasah Tsanawiah

  • Kasma F.Amin Universitas Muslim Indonesia
  • Muliadi Muliadi Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Sastra Legenda, Cerita Lisan, Pewarisan, Perlindungan

Abstract

PKM Literasi sastra lisan ini sebagai upaya pelestarian dan perlindungan cerita lisan Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan kaya dengan cerita lisan, namun siswa jarang yang mengatahui kekayaan cerita lisan yang ada didaerahnya. Pada umumnya siswa hanya mengetahui cerita lisan dari luar Pulau Sulawesi.  Permasalahan guru sebagai mitra (1) adalah masih kurang perbendaharaan cerita lisan lokal  dan  siswa sebagai mitra (2) menerima dampak pembelajaran tersebut yaitu tidak mengetahui sastra lisan daerahnya sendiri. Tujuan akhir program pelatihan ini adalah  siswa dapatmengathui cerita lisan Sulawesi Selatan. Dengan mengetahui sebanyak mungkin cerita lisan maka sastra lisan Sulawesi Selatan sudah ada pewarisan dan perlindungan.  Tujuan khususnya adalah melatih siswa untuk dapat bercerita menggunakan sastra lisan daerahnya sendiri. Guru dapat memanfaatkan bahan ajar cerita lisan lokal. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan kompetisi dengan melibatkan siswa dan guru sebanyak mungkin serta mahasiswa sebagai instruktur. Hasil kegiatan menunjukkan minat siswa dan guru terhadap cerita lisan sangat tinggi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

AMIN, K. F. (2016). SASTRA KLASIK BUGIS MAKASSAR (1 st; Muliadi, ed.). MAKASSAR: Garis Khatulistiwa.

AMIN, K. F. (2017). Hikayat Bugis. Yogjakarta: Pustaka AQ.

AMIN, K. F. (2018). Sastra Legenda Tujua Karebosi ( Cerita Rakyat Sulawesi Selatan). (1st ed.). MAKASSAR: Garis Khatulistiwa.

Lickona, T. 2012. Charakter Matters; Persoalan Karakter. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 2005 tentang Kurikulum Nasional

Published
04-12-2019
How to Cite
F.Amin, K., & Muliadi, M. (2019). PKM-Pelestarian dan Pewarisan Sastra Lisan Sulawesi Selatan Pada Siswa Madrasah Tsanawiah. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 81-90. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/117