Efektivitas Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7554Keywords:
Pembelajaran Kooperatif STAD, Scaffolding, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika konvensional menuntut penerapan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 18 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan non-randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Barru yang berjumlah 147 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VII.1 (22 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 (24 orang) sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan scaffolding dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen adalah 81,1 dalam kategori tinggi dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,8 dalam kategori tinggi serta mencapai 86% siswa tuntas secara klasikal, sedangkan nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol adalah 68,5 dalam kategori cukup dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,6 dalam kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial untuk dua hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD dengan scaffolding efektif secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 18 Barru.
Downloads
References
Ansori, H., & Sari, M. E. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32–39. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2287
Arends, R. I. (2014). Learning to teach (Edisi ke-10) McGraw-Hill Education.
Fitraini, D., Lubis, I. M., & Kurniati, A. (2021). Pengaruh scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 49–58. https://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12353
Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://dx.doi.org/10.1119/1.18809
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII di Kampung Cigulawing. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://dx.doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.889
Kagan. S., & Kagan, M. (2009). Kagan cooperative learning. Kagan Publishing.
Larkin, M. J. (2008). Scaffolding. Dalam N. J. Salkind & K. Rasmussen (Ed.), Encyclopedia of educational psychology (Volume 1 & 2, h. 863–864). Sage.
Loor, K. V. A., Mero, J. A. Z., Rodríguez, A. M. M., & Caicedo, C. K. L. (2024). Cooperative, collaborative learning enhances students’ ability to improve their oral communication in an english classroom. Ciencia Latina Revista Científica Multidisciplinar, 8(6), 1939–1953. https://doi.org/10.37811/cl_rcm.v8i6.14951
Maisyarah. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XII IPS. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 76–85. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v5i1.3824
Minggele, D. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi faktorisasi suku aljabar. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 791−801. https://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.369
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. NCTM.
Pane, N. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data di kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 97-109. https://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1779
Pea, R.D. (2004). The social and technological dimensions of scaffolding and related theoretical concepts for learning, education, and human activity. J. Learn. Sci. 13 (3), 423–451.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor Tahun 2014, Nomor 58 Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (2014). https://jdih.kemendikdasmen.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20211018_114547_Salinan_Permen_Nomor_58_Tahun_2014.pdf
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2006, Nomor 24 Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (2006). https://repositori.kemendikdasmen.go.id/4551/1/permen_tahun2006_nomor24.pdf
Quintana, C., Reiser, B.J., Davis, E.A., Krajcik, J., Fretz, E., Duncan, R.G., Kyza, E., Edelson, D., & Soloway, E. (2018). A scaffolding design framework for to support science inquiry. Journal of Learning Science, 13(3), 337–386.
Rasmuin, R., & Ningsi, T. A. (2020). Pengaruh pembelajaran dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 22–29. https://dx.doi.org/10.55340/japm.v6i1.191
Rusli, R. A. (2018). Komparasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran langsung dengan pemberian scaffolding dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar [Tesis magister tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Makassar.
Säljö, R. (2023). Learning from a sociocultural perspective. Dalam I. Wilkinson & J. Parr, International encyclopedia of education: Learning, cognition, and human development (Edisi ke-4, Volume 6, h. 36–43). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.14006-0
Saragih, S., & Rahmiyana. (2013). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA/MA di Kecamatan Simpang Ulim melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(2), 174–188. https://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v19i2.275
Subiyakto, A., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) berbantuan teknik scaffolding. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 7–17. https://dx.doi.org/10.25273/jems.v8i1.5673
Sumliyah, S. (2019). Penerapan media pembelajaran cabri 3D pada kemampuan pemahaman konsep matematika SMK materi bangun ruang. Integral: Pendidikan Matematika, 10(1), 16–27. https://dx.doi.org/10.32534/jnr.v10i1.637
Tabak, I., & Reiser, B.J. (2022). Scaffolding. Dalam R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of the learning sciences (Edisi ke-3, h. 53–64). Cambridge University Press.
Tampubolon, T. T., & Sitompul, P. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas X IPA SMA Negeri 1 Sipahutar tahun ajaran 2021/2022. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1339–1355. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/2147
Vygotsky, L.S., & Cole, M. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wahyuni, P. (2016). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa kelas VIII Mts Negeri Pekanbaru. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 1–14. https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/23212
Wood, D., Bruner, J.S. & Ross, G. (1976). The role of tutoring in problem solving. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 17(2), 89-100. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.1976.tb00381.x
Yuliani, E. N., Arnawa, I. M., Musdi, E., & Hidayat, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 407–418. https://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4340
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sabri, Nurul Fajria, Awi Dassa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.












