Perbandingan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Dan Think Pair Share Berbantuan Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Sabri Jurusan Matematikaka, Universitas Negeri Makassar
  • Hairil Zulfadli
  • Syahrullah Asyari

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7555

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif STAD, Pembelajaran Kooperatif TPS, Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Kajian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Quizizz paper mode dengan pembelajaran kooperatif TPS berbantuan Quizizz paper mode terhadap hasil belajar matematika. Hasil kajian ini memberikan dukungan empiris untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif yang lebih baik saat menggunakan media pembelajaran Quizziz paper mode. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Makassar sebanyak 324 siswa. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII.G (kelas eksperimen 1) dan kelas VIII.I (kelas eksperimen 2). Perlakuan yang diberikan pada kelas VIII.G 1 adalah pembelajaran kooperatif STAD dengan berbantuan Quizizz paper mode dan kelas VIII.I adalah pembelajaran kooperatif TPS dengan berbantuan Quizizz paper mode. Data hasil penelitian diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata posttest hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 1 adalah 83,5 (kategori tinggi), dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,76 (kategori tinggi), serta tingkat ketuntasan klasikal mencapai 85%; (2) skor rata-rata posttest hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 2 adalah 79,8 (kategori tinggi), dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69 (sedang), serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 77%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Quizizz paper mode secara signifikan lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS. Kajian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran yang menggunakan media Quizizz paper mode, penerapan pembelajaran kooperatif STAD memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran kooperatitf TPS terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfajri, M., Edidas, E., & Thamrin, T. (2019). Pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar kelistrikan. Voteteknica (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(3), 249–255. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105688

Arends, R. I. (2014). Learning to teach (Edisi ke-10). McGraw-Hill Education.

Burden, P. R., & Byrd, D. M. (1999). Methods for effective teaching. Allyn and Bacon.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Unissula Press.

Hake, R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hamalik, O. (2014). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekataan sistem. Bumi Aksara.

Hasanah, R., & Prayogo, M. S. (2023). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Jatiroto 03 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Jurnal PIPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 29–37. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i2.202

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Istarani. (2024). 58 model pembelajaran inovatif. Media Persada.

Kagan, S. & Kagan, M. (2009). Kagan cooperative learning. Kagan Publishing.

Murdani, E., Sumarli, S., Utama, E. G., & Hidayat, H. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media interaktif quizizz terhadap hasil belajar ranah kognitif IPA siswa. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(4), 1583–1598. https://doi.org/10.29100/.v6i4.5617

Pratiwi, M. K., & Indana, S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis qr-code untuk melatihkan kemampuan literasi digital siswa pada materi perubahan lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 457–468. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p457-468

Qodriya, G., Waldi, A., Putera, R. F., & Yunisrul. (2024). Pengaruh penggunaan quizizz paper mode terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 2(1), 107–118.

Rahmi, H. (2021). Peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Sudent Teams Achievement Division. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 13–32. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.165

Rini, & Zuhdi, U. (2023). Pengaruh media quizizz paper mode terhadap hasil belajar materi penerapan sikap Pancasila kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.869

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research and practice. Allyn and Bacon.

Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2019). Teori belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Zulkarnain, I., & Djamilah, S. (2015). Penerapan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 105–117. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.635

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Sabri, Hairil Zulfadli, & Syahrullah Asyari. (2025). Perbandingan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Dan Think Pair Share Berbantuan Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1206–1218. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7555