Perbandingan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Dan Think Pair Share Berbantuan Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7555Keywords:
Pembelajaran Kooperatif STAD, Pembelajaran Kooperatif TPS, Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar Matematika.Abstract
Kajian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Quizizz paper mode dengan pembelajaran kooperatif TPS berbantuan Quizizz paper mode terhadap hasil belajar matematika. Hasil kajian ini memberikan dukungan empiris untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif yang lebih baik saat menggunakan media pembelajaran Quizziz paper mode. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Makassar sebanyak 324 siswa. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII.G (kelas eksperimen 1) dan kelas VIII.I (kelas eksperimen 2). Perlakuan yang diberikan pada kelas VIII.G 1 adalah pembelajaran kooperatif STAD dengan berbantuan Quizizz paper mode dan kelas VIII.I adalah pembelajaran kooperatif TPS dengan berbantuan Quizizz paper mode. Data hasil penelitian diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata posttest hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 1 adalah 83,5 (kategori tinggi), dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,76 (kategori tinggi), serta tingkat ketuntasan klasikal mencapai 85%; (2) skor rata-rata posttest hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 2 adalah 79,8 (kategori tinggi), dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69 (sedang), serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 77%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Quizizz paper mode secara signifikan lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS. Kajian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran yang menggunakan media Quizizz paper mode, penerapan pembelajaran kooperatif STAD memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran kooperatitf TPS terhadap hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
Alfajri, M., Edidas, E., & Thamrin, T. (2019). Pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar kelistrikan. Voteteknica (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(3), 249–255. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105688
Arends, R. I. (2014). Learning to teach (Edisi ke-10). McGraw-Hill Education.
Burden, P. R., & Byrd, D. M. (1999). Methods for effective teaching. Allyn and Bacon.
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Unissula Press.
Hake, R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hamalik, O. (2014). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekataan sistem. Bumi Aksara.
Hasanah, R., & Prayogo, M. S. (2023). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Jatiroto 03 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Jurnal PIPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 29–37. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i2.202
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Istarani. (2024). 58 model pembelajaran inovatif. Media Persada.
Kagan, S. & Kagan, M. (2009). Kagan cooperative learning. Kagan Publishing.
Murdani, E., Sumarli, S., Utama, E. G., & Hidayat, H. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media interaktif quizizz terhadap hasil belajar ranah kognitif IPA siswa. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(4), 1583–1598. https://doi.org/10.29100/.v6i4.5617
Pratiwi, M. K., & Indana, S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis qr-code untuk melatihkan kemampuan literasi digital siswa pada materi perubahan lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 457–468. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p457-468
Qodriya, G., Waldi, A., Putera, R. F., & Yunisrul. (2024). Pengaruh penggunaan quizizz paper mode terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 2(1), 107–118.
Rahmi, H. (2021). Peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Sudent Teams Achievement Division. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 13–32. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.165
Rini, & Zuhdi, U. (2023). Pengaruh media quizizz paper mode terhadap hasil belajar materi penerapan sikap Pancasila kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.869
Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research and practice. Allyn and Bacon.
Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2019). Teori belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37
Zulkarnain, I., & Djamilah, S. (2015). Penerapan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 105–117. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.635
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sabri, Hairil Zulfadli, Syahrullah Asyari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.












