Dampak Integrasi STEAM Pada Proses Belajar Matematika Terhadap Criticall Thinking Skill

Authors

  • Jumalia Jumalia Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
  • Usman Mulbar Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7183

Keywords:

Critical Thinking Skill, Matematika, STEAM

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut pelajar menguasai berbagai kompetensi inti, termasuk critical thinking skill sebagai respon terhadap percepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, pada tahun 2022 hasil dari Program for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa critical thinking skill matematis pelajar di Indonesia masih berada pada level rendah. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan pendekatan pembelajaran inovatif yang mampu memfasilitasi pengembangan keterampilan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan integrasi STEAM (Science, Tehcnology, Engineering, Arts dan  Mathematics) pada bidang matematika serta pengaruhnya dalam meningkatkan critical thinking  skill pelajar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis deskriptif melalui kajian pustaka dengan cara mengumpulkan kajian dari berbagai sumber seperti skripsi, tesis, dan jurnal. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM mendorong pelajar untuk menganalisis permasalahan kontekstual, merancang solusi kreatif, berkolaborasi dan bagaimana berkomunikasi secara efektif. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pendekatan ini memiliki hasil yang positif dan memiliki signifikansi yang baik dalam meningkatkan critical thinking skill di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Integrasi STEAM direkomendasikan sebagai salah satu strategi dalam peningkatan critical thinking skill, pemahaman konsep, komunikasi matematis serta kolaborasi pelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis mengukur kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran menggunakan metode STEAM-PjBL. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Boice, K. L., Alemdar, M., Jackson, J. R., Kessler, T. C., Choi, J., Grossman, S., & Usselman, M. (2024). Exploring teachers ’ understanding and implementation of STEAM : one size does not fit all.

Duma, S. Y. The Effectiveness of Mathematics Learning with the STEAM Approach in Improving Students' Critical Thinking Skills. Aksioma Education Journal (AEJ).

Emilidha, W. P., Wardono, W., & Waluya, B. (2024). Integrasi STEAM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

English, L. D. (2023). Ways of thinking in STEM ‑ based problem solving. ZDM – Mathematics Education, 55(7), 1219–1230. https://doi.org/10.1007/s11858-023-01474-7.

Hakiki, F. N., Pambudi, D. S., & Kurniati, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2579–2592.

Harahap, M. S., Nasution, F. H., & Nasution, N. F. (2021). Efektivitas pendekatan pembelajaran science technology engineering art mathematic (STEAM) terhadap kemampuan komunikasi matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1053–1062.

Khasanah, U., Rejeki, S., & SUGIYANTI, S. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP. JURNAL CENDEKIA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Учредители: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 8(3), 2225–2242.

Mariana, E. P., & Kristanto, Y. D. (2023). Integrating STEAM Education and Computational Thinking: Analysis of Students’ Critical and Creative Thinking Skills in an Innovative Teaching and Learning. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 13(1), 1–18.

Monteleone, C., White, P., & Geiger, V. (2018). Defining the Characteristics of Critical Mathematical Thinking. Mathematics Education Research Group of Australasia.

Nugraha, D. M. D. P., Juniayanti, D., & Indraswati, P. T. (2023). Pembelajaran STEAM Berbasis Studi Kasus Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Widya Accarya, 14(2), 164–171.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.

Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459.

Sartika, D., Silviana, D., & Syarifuddin, S. (2023). Implementasi Pendekatan Steam Berbasis PjBL Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(1), 108–118.

Setyawati, R. D., Pramasdyahsari, A. S., Astutik, I. D., & Nusuki, U. (2022). Improving Mathematical Critical Thinking Skill through STEM-PjBL : A Systematic Literature Review. 4(2), 1–17.

Sholikah, R. A., & Kowiyah, K. (2024). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 10(2), 349–360.

Wastiani, R., Taufiq, M., & Wijaya, A. B. (2023). Pengaruh pendekatan steam berbasis project based learning terhadap kemampuan berfikir kreatif dan berfikir kritis pada mata pelajaran matematika siswa SMP Labschool Cibubur (quasi eksperimen). Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).

OECD, (2022). PISA 2022 Results. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html.

Downloads

Published

2025-11-23

How to Cite

Jumalia, J., & Mulbar, U. (2025). Dampak Integrasi STEAM Pada Proses Belajar Matematika Terhadap Criticall Thinking Skill. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1151–1159. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7183