Dampak Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Jenjang Menengah

Authors

  • Nurfadilah Syukur Universitas Negeri Makassar
  • Usman Mulbar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7179

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar, Kajian Literatur

Abstract

Prestasi akademik matematika pelajar di Indonesia yang masih terbilang sangat rendah berdasaran data Trends in Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 yang disampaikan oleh Kemendikbud, Indonesia meraih skor matematika sebesar 397 poin dengan rata-rata 26 poin, yang masih jauh patokan secara internasional sebesar 50 poin, dimana Indonesia saat itu ada di posisi ke-45 dari 50 negara. Kemudian berdasarkan hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018, skill matematika Indonesia berada di posisi ke-72 dari 78 negara dengan perolehan skor rata-rata 379. Sedangkan pada PISA 2015 Indonesia meraih skor rata-rata 386, yang berarti Indonesia mengalami penurunan. Hal ini diyakini karena kepedulian dari walinya yang tidak terpenuhi. Kepedulian atau perhatian ini mencakup bimbingan, pengawasan, dan dukungan dalam kegiatan belajar anak, yang diasumsikan dapat meningkatkan prestasi belajar. Studi literatur ini dilakukan secara kualitatif untuk melakukan analisis mengenai hubungan antara pengawasan/dukungan orang tua dengan pencapaian nilai matematika siswa dengan menganalisis penelitian-penelitian relevan sebelumnya. Dari total 20 penelitian yang dikaji: Tujuh belas penelitian menemukan bahwa kepedulian dari wali menunjukkan korelasi konstruktif dan bermakna bagi pencapaian target akademik matematika siswa, baik pada jenjang SMP maupun SMA. Sementara tiga penelitian lainnya tidak menemukan adanya pengaruh langsung, yang menunjukkan bahwa variabel lain seperti motivasi, kemandirian belajar, dan lingkungan sosial mungkin memainkan peran penting. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kepedulian dari wali terbukti berkontribusi baik untuk pencapaian target akademik matematika, terutama jika diperkuat oleh faktor internal siswa dan dukungan dari suasana belajar yang menunjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M., & Qomariyah, O. N. (2020). Pengaruh perhatian orang tua, lingkungan teman sebaya, dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. EduMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 66–76. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang.

Aprianti, Sri, et al. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S DDI Maros. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(1), 9-13.

Arigiyati, T. A. (2017). Pengaruh minat dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 27–35. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Asare, B., Welcome, N. B., & Arthur, Y. D. (2024). Influence of parental involvement and academic motivation on mathematical achievement: The Role of Students Mathematics interest. Jurnal Pendidikan Matematika, 18(2), 295–312. https://doi.org/10.22342/jpm.v18i2.pp295-312

Asmawati, A. A., Sugeng, & Labulan, P. M. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal PRIMATIKA, 10(1).

Budiono, E. (2021). Pengaruh kedisiplinan, perhatian orang tua dan jumlah saudara terhadap prestasi belajar matematika. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 16–23.

Effendi, Mursilah, dan Mujiono (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17-23.

Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 6(2), 141–148.

Handoko, Siregar, R. J. E., & Wulansari, L. (2018, Juli). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dalam Prosiding Seminar Dosen Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNINDRA (hlm. 68–73). Universitas Indraprasta PGRI.

Hernama, H., & Maharani, A. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 164-173.

Kholisyoh, S. A., Kusmanto, B., & Arigiyati, T. A. (2020). Hubungan antara minat belajar, perhatian orang tua, dan persepsi terhadap matematika dengan prestasi belajar. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8

Kusuma, Y. Y. (2021). Analisis hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 65–70. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Mursalina, N., Suhendri, H., & Nurhayati. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 68–71.

Murtiningsih, S. (2019). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika (Survey pada kelas VII SMP Swasta di Kota Tangerang). Dirasah, 2, 76–85.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84.

Paramita, P. Y., Suharta, I. G. P., & Gita, I. N. (2019). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2).

Rahmawati, E., Legawati, E., & Sugianto, I. (2019). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Lomba dan Seminar Matematika XXVII (pp. 177–182). FMIPA UNY.

Rarasanti, I. G. A., Sarjana, K., Prayitno, S., & Sripatmi. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPK. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 275–284.

Sandana, S., Suaedi, & Djadir. (2018). Kecerdasan emosional, perhatian orang tua, kebiasaan belajar, dan prestasi belajar matematika. Jurnal Vidya Karya, 33(1), 81–94.

Sandy, L. L., Suryadi, & Nasrullah, A. (2016). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan (nama jurnal tidak disebutkan di abstrak, tetapi asumsi dari konteks), 3(2), 38–48.

Sitohang, A. H., Malau, L., & Purba, Y. O. (2023). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Perhatian Orang Tua, Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Teladan Pematang Siantar T.A. 2022/2023. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 4176–4190.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Wafa, M. A., & Darmawan, D. (2025). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TINGKAT SMA/SMK. Jurnal Tawadhu, 9 (1).

Wahyuni, S., & Leonard. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 1-10.

Wang, X., & Wei, Y. (2024). The influence of parental involvement on students’ math performance: A meta-analysis. Frontiers in Psychology, 15, 1463359. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1463359

Zakiah, M. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 3 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. TAFIDU JURNAL.

Downloads

Published

2025-11-23

How to Cite

Syukur, N., & Mulbar, U. (2025). Dampak Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Jenjang Menengah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1195–1205. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7179