Respon Siswa terhadap Penggunaan Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Baharuddin

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7154

Keywords:

Student Responses, Missouri Mathematics Project, Problem Solving, Mathematics Learning

Abstract

Anggapan bahwa mata pelajaran matematika sulit dan membosankan masih menjadi masalah umum di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi metode pembelajaran yang mampu menumbuhkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Penerapan MMP dengan Problem Solving diharapkan dapat mengatasi hal tersebut dengan menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan menggambarkan dan menganalisis respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang dipadukan dengan pendekatan problem solving dalam pembelajaran matematika. Struktur MMP meliputi review, development, controlled practice, seatwork, hingga assignment. Sementara itu, pendekatan problem solving focus pada pemecahan masalah nyata sehingga siswa terbiasa berpikir kritis dan kreatif. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriawa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi, dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa bersifat positif. Siswa lebih aktif dan berani mengemukakan pendapat, aktivitas kelompok membantu siswa berpikir kritis dan menyelesaikan masalah secara kolaboratif, pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa terlibat langsung dalam pemecahan masalah nyata. Beberapa siswa masih mengalami kesulitan memahami langkah-langkah problem solving secara sistematis, namun mereka menunjukkan antusiasme tinggi untuk belajar. Dengan demikian, penerapan model MMP dengan pendekatan problem solving efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atsnan, Muh. F., Gazali, R. Y., & Nareki, M. L. (2018). Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi dan literasi matematis siswa. 5(2), 135–146. https://doi.org/10.21831/JRPM.V5I2.20120 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.20120

Connell, M. L. (2024). Developing Mathematical Literacy (pp. 116–134). IGI Global. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0843-1.ch007 DOI: https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0843-1.ch007

Dalimunthe, A., & Ariani, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jurnal Basicedu, 7(1), 1023–1031. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4812 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4812

Hasan, A. (2024). Problem-Based Math Learning Strategies To Improve Students’ Problem-Solving Skills. 1(1), 22–26. https://doi.org/10.59613/rm65x686 DOI: https://doi.org/10.59613/rm65x686

Harianda, B., & Junedi, B. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematic project. Journal of Database Management, 2(1), 33–41. https://doi.org/10.34007/JDM.V2I1.616 DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.616

Köle, H., Laamena, C. M., & Gaspersz, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Padegogik, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2518 DOI: https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2518

Marniyanti, M., Auliyani, N., Saajidah, S., Munirah, S., Putra, A. P., Zaini, M., Fajeriadi, H., Hernawati, H., & Yulinda, R. (2024). Optimalisasi pembelajaran sumber daya alam melalui interaksi keterampilan sains dan pendekatan problem solving. 1(2), 84. https://doi.org/10.20527/bioco.v1i2.13929 DOI: https://doi.org/10.20527/bioco.v1i2.13929

Mustafa, A. N. (2024). Mathematics anxiety causes, consequences, and coping strategies. International Journal of Advanced Research, 12(11), 1268–1276. https://doi.org/10.21474/ijar01/19941 DOI: https://doi.org/10.21474/IJAR01/19941

Moreno, D. F. (2022). Modelo para el diseño de un organizador avanzado: el encuentro entre aprendizaje significativo y el storytelling. Trans-Pasando Fronteras, 18, 206–241. https://doi.org/10.18046/retf.i18.5318 DOI: https://doi.org/10.18046/retf.i18.5318

Ndiung, S., Tecing, P. Y. S., & Sennen, E. (2021). Efektivitas pendekatan problem solving dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i1.2041 DOI: https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i1.2041

Nurharyanto, D. W., & Jaliani, J. (2024). Pengaruh pendekatan problem solving terhadap prestasi belajar siswa kelas v sekolah dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 9(1). https://doi.org/10.30651/must.v9i1.20483 DOI: https://doi.org/10.30651/must.v9i1.20483

Zaida, S., & Lestari, P. E. P. (2024). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar. https://doi.org/10.28918/circle.v4i1.6897 DOI: https://doi.org/10.28918/circle.v4i1.6897

Zhou, Y., & Cayaban, N. B. (2024). Problem Solving Strategies in Mathematics of Students in the of Primary Level: Basis for Strategic Study Guide. Journal of Education and Educational Research, 8(2), 32–37. https://doi.org/10.54097/wr425v38. DOI: https://doi.org/10.54097/wr425v38

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Baharuddin. (2025). Respon Siswa terhadap Penggunaan Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1086–1094. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7154