Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Siswa
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dibutuhkan untuk memahami dan memecahkan masalah yang tidak memiliki solusi langsung. Artikel ini berfokus pada upaya menemukan, mengevaluasi, dan menarik kesimpulan dari penelitian tentang pengaruh gaya berpikir kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Untuk mengumpulkan data, dilakukan peninjauan terhadap sebuah artikel yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika antara tahun 2016 hingga 2024. Penelitian ini menggunakan artikel jurnal nasional yang terakreditasi. Artikel-artikel ini ditemukan dengan bantuan pencari Google Cendekia, Publish or Perish, dan Mendeley. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dipengaruhi oleh gaya kognitifnya. Dalam studi ini, potensi dalam memecahkan masalah dieksplorasi dengan mempertimbangkan gaya kognitif pada Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat bervariasi sesuai dengan gaya kognitif siswa dalam mempelajari matematika. Sebagian besar siswa kategori FI memiliki kemampuan yang lebih unggul dalam menyelesaikan permasalahan matematika dibandingkan dengan siswa kategori FD.
Downloads
Metrics
References
Pradiarti, R. A., & Subanji. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379–390. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Adiastuty, N., Waluya, S. B., Junaedi, I., Masrukan, M., & Putri, C. M. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Afri, L. D. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan CRA. Math Educa Journal, 1(1), 25–36.
Al Ayubi, I. I., Erwanudin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360
Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 505–512.
Azhil, I. M., Ernawati, A., & Lutfianto, M. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. In JRPM (Vol. 2, Issue 1). http://jrpm.uinsby.ac.id
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 77–83.
Ilmiyah, Z., Nursit, I., & Walida, S. El. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakis (Vol. 16, Issue 25).
Ilmiyah, Z., Nursit, I., & Walida, S. El. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1731–1740.
Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80–94. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Lestari, A., Afvadila, D., Salim, O. F., Aziz, S., Muchlis, E. E., & Rahimah, D. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 23–33. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.23-33
Lestari, S. D., Sumarni, & Riyadi, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Kognitif Foeld Independent Dan Field Dependent. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–128.
Masruroh, F., & Wahyuni, T. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika.
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research, 1(1), 65–73.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 9(2), 139–148.
Nurmutia, H. E. (2019). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.443
Patingki, A., Mohidin, A. D., & Resmawan, R. (2022). Hubungan Gaya Kognitif Siswa Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15412
Prabawa, E. A. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. In UJMER (Vol. 6, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Purnomo, R. C., Sunardi, & Sugiarti, T. (2017). Profil Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 12 Jember. Jurnal Edukasi, IV(2), 9–14.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 163–171.
Rohmani, D., Husna, N., Pemecahan Masalah Matematis, K., & Kognitif, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras Kata kunci. 3(2), 90–102.
Shodikin, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 101. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.3713
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA N 1 Kota Jambi. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 2).
Sutyani, T., Aminah, N., Ferdianto, F., & Citra, Y. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Konseptual Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Dependent Siswa SMA. Jurnal Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 311–322. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i2.115823
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. In Indonesian Journal of Information Systems (IJIS (Vol. 1, Issue 2). https://www.google.com
Trizulfianto, Anggreini, D., Waluyo, A., Pendidikan Matematika, J., & PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur No, S. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 2).
Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan masalah geometri. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117–133. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.109
Winarti, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Pecahan di SMP.
Copyright (c) 2024 mayfiana_a azahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.