Efektivitas Media Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6070Keywords:
Mathematical Ability, Digital Media, Literature ReviewAbstract
Kemampuan berpikir matematis (penalaran, pemecahan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan komunikasi matematis) merupakan kemampuan utama yang perlu dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tantangan di abad ke-21. Namun, berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan ini masih belum berkembang secara optimal pada siswa, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang mampu menjawab tantangan tersebut. Sejalan dengan berkembangnya teknologi digital, media pembelajaran berbasis digital dinilai memiliki peran yang strategis dalam mendukung penguatan kemampuan-kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi media digital dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa melalui pendekatan Systematic Literature Review terhadap 25 artikel ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2022-2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar penelitian berfokus pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui berbagai media digital seperti Geogebra, Google Classroom, VBA Excel, Quizizz, Canva, hingga video pembelajaran dan e-modul. Media-media tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan berbagai aspek berpikir matematis siswa karena memiliki fitur interaktif, visualisasi konsep, dan fleksibilitas pembelajaran. Selain mendukung pencapaian hasil belajar kognitif, media digital juga berkontribusi dalam membangun keterampilan 4C (critical thinking, creativity, communication, dan collaboration). Dengan demikian, integrasi media digital dalam pembelajaran matematika merupakan strategi penting untuk mendorong pengembangan kemampuan berpikir matematis secara komprehensif dan kontekstual.Downloads
References
Amalia, K. R., Makmuri, & Aziz, T. A. (2025). Pengembangan E-Modul Berbantuan Kalkulator Saintifik dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Eksponensial. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(2), 1291–1299. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6855
Anggraeni, R., Rahmadanti, D. A., Aryanti, R. D., Zahra, A. S. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Systematic Literature Review: Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Melalui Pendekatan Media Pembelajaran Berbasis Game. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 84–99. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i4.1483
Ariyanti, W., & Sugandi, A. I. (2022). Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 579–588. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.579-588
Ariyanto, M. P., Purwaningrum, J. P., & Sumaji, S. (2024). Implementasi Model Problem-Based Learning Berbantuan Media SWOTE-MATH Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 27–43. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1171
Azzahra, A., Rohaeti, E. E., & Nurjaman, A. (2024). Media Visual Basic for Application (VBA) Excel Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(4), 665–674. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i4.23736
Fajri, N., Nursalim, M., & Masitoh, S. (2024). Systematic Literature Review : Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Kolaboratif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan JTekpend, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12083
Fatihah, A., & Yahfizham, Y. (2024). Penerapan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 117–127. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.737
Guntur, M., Salsabilla, A., Sahronih, S., & Sholeha, H. H. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Artificial Intelligence-Slidesgo Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.37478/jpm.v6i1.4958
Haddaway, N. R., Page, M. J., Pritchard, C. C., & McGuinness, L. A. (2022). PRISMA2020: An R package and Shiny app for producing PRISMA 2020-compliant flow diagrams, with interactivity for optimised digital transparency and Open Synthesis. Campbell Systematic Reviews, 18(2). https://doi.org/10.1002/cl2.1230
Ilfa, M. K., Rasiman, R., Hartati, H., & Saputra, H. J. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 199–206. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.199-206
Jihanifa, F. A., Sumaji, & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbasis STEAM Berbantuan Media MONKABICO. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 116–128. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1936
Joanna, I., & Anwar, K. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Baamboozle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 321–330. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.3680
Lestari, N. I. B., Wisudawati, A. W., & Salfadilah, F. (2023). Systematic Literature Review Pengembangan Media Video Animasi Matematika di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5990–6001. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8824
Manalu, M., Hasratuddin, H., Ramdhani, S., & Syahril, S. (2025). Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantukan Digital Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 6(1), 473–481. https://doi.org/10.46306/lb.v6i1
Meilani, I., Rahma, N. A., & Rachmawati, T. K. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan E-Komik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Analisa, 10(2), 137–149. https://doi.org/10.15575/ja.v10i2.43772
Mukarromah, S., Junaedi, I., & Dewi, N. R. (2025). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Belief in Mathematics Pada Model Pembelajaran Challenge Based Learning Berbantuan Sevima Edlink. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 35–55.
Nurcahyandi, Z. R., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media MAGE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1226–1240. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.1868
Pamungkas, M. A., Krisdiana, I., Ruliati, A., & Sholikhah, O. H. (2022). Implementasi Model Pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran aplikasi rumah bangun datar untuk meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik materi segi empat kelas VIIC SMP Muhammadiyah Pekajangan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 7–16.
Pardede, N., Pangaribuan, F., & Tambunan, H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik di SMKN 8 Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 05(01), 41–46. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Prasetyo, R. B., & Meiliasari, M. (2025). Analisis Literatur Tentang Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Matematika. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.46306/lb.v6i1
Pratiwi, N., Nursanti, Y. B., Kurniawati, I., & Sujadi, I. (2024). Eksperimen Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Nearpod Berbasis Culturally Responsive Teaching Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK Kelas XI Tahun Ajaran 2024/2025. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (8th SENATIK), 123–127.
Prayudho, P. T. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Penerapan Problem Based Learning Berbantu Google Classroom. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.324
Puspitasari, B. A., & Rayungsari, M. (2024). Systematic Literature Review: Penerapan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi. POLINOMIAL: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 81–89. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.891
Rachmawati, A. D., Juandi, D., & Darhim, D. (2023). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3), 1107–1116. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.80044
Setiawati, A., Pertiwi, C. M., & Hidayat, W. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning, Platform Book Creator: Muatan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Bagi Siswa SMP. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(3), 555–566. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.23002
Sibarani, S., Rusmini, R., Mendrofa, R. N., & Hasratuddin, H. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 479–486. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.866
Sihombing, L., Fauzi, A., & Yumiati. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Education Research, 5(4), 4631–4641. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1646
Siregar, T., Suparni, S., Hilda, L., Amir, A., & Adinda, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Asalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Educandum, 3(1), 52–86. https://doi.org/10.55656/jpe.v4i2.286
Surya, P., Arjudin, A., Lu’luilmaknun, U., & Hikmah, N. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 221–232. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23718
Telaumbanua, M., Lase, S., & Telaumbanua, Y. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Pendekatan Problem Based Learning Di Kelas XI SMA Negeri 1 Bawolato. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 271–290. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3096
Widiawati, Y., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 1(2), 12–25. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syafa Helena Assagaf, Fitrianto Eko Subekti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.