Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Studi Analitis

  • Latifah Fitriana Rahmah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dian Ageng Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kusno Kusno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Rasa Ingin Tahu, Motivasi Belajar, Matematika

Abstract

Rasa ingin tahu merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis dirujuk sebagai kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang mendalam, mencari jawaban, dan mengeksplorasi konsep-konsep baru secara aktif. Dalam konteks pembelajaran matematika, rasa ingin tahu menjadi penggerak utama bagi siswa untuk lebih memahami konsep dan menyelesaikan masalah dengan pendekatan yang inovatif dan kritis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui angket di SMP/MTs di Kabupaten Panican, Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap pembelajaran matematika. Analisis menunjukkan bahwa sikap bertanya, eksplorasi lebih lanjut, dan ketertarikan mendalam dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Dengan demikian, pembelajaran matematika yang mendorong siswa untuk aktif bertanya dan menunjukkan ketertarikan yang mendalam dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap matematika. Sebagian besar siswa menunjukkan sikap rasa ingin tahu terhadap pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., & Permanawati, F. I. (2019). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. Prisma, 2, 337–342.
Ajeng Arini, D., Gianistika, C., & Rahmat, R. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.33
Ardiyanto, D. S. (2013). Kontekstual Berbantuan Hands on Problem Solving Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan. 978–979.
Aly dan Rahma. 2010. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Fatkul Jannah, Wirawan Fadly, & Aristiawan, A. (2021). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Tema Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.63
Hajarudin. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Kolaboratif dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di STIE Ganesha. Journal on Education, 5(4), 17352–17362. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/4154
Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515–523.
Mardhiyana, D., Octaningrum, E., & Sejati, W. (n.d.). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 672–688.
Nehru, N., & Irianti, E. (2020). Analisis hubungan rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25234
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Setiawan, R., & Lestari, I. (2021). Pengukuran rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan skala Likert. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(1), 45-58.
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 11–26.
Widiantika, I., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Minat Belajar Daring Matematika Siswa Komunitas Studygram Kelas VIII Sekolah Menengah Petama. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 425–434. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.425-434
Winarsih, E. D., & Wahyuningsih, R. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk meningkatkan Rasa Ingin tahu dan Tanggung Jawab Anak. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.363
Wulandari, D., & Kurniawan, T. (2019). Pengembangan instrumen pengukuran rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(2), 101-114.
Published
27-07-2024
How to Cite
Rahmah, L. F., Nurfitriani, D. A., & Kusno, K. (2024). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Studi Analitis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 913-919. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4011