Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Sites sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas XI

  • Nur Fanny Pratiwi Universitas Ahmad Dahlan
  • Vita Istihapsari Universitas Ahmad Dahlan
  • Sri Widayati SMA N 2 Bantul
Keywords: Goggle Sites, Mathematical Problem Solving, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Google Site. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas XI-5 SMA N 2 Bantul tahun ajaran . Desain penelitian ini terdiri atas empat tahapan pada yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, serta analisis data dilakukan melalui tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tes awal pada prasiklus diperoleh presentase sebesar pada indikator kemampuan memahami masalah pada kategori baik, merencanakan masalah sebesar dengan kategori cukup, melaksanakan rencana sebesar dengan kategori baik, dan memeriksa kembali jawaban sebesar dengan kategori baik. Kemampuan memahami masalah mencapai keberhasilan, dan yang lainnya belum mencapai keberhasilan, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus I untuk diberikan tindakan. Pada siklus I kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan disemua indikator dimana kemampuan memahami masalah pada kategori sangat baik dengan presentase merencanakan masalah sebesar dengan kategori baik, melaksanakan rencana sebesar dengan kategori sangat baik, dan memeriksa kembali jawaban sebesar dengan kategori sangat baik, akan tetapi merencanakan penyelesaian belum mencapai keberhasilan, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II untuk diberikan tindakan. Pada siklus II terdapat peningkatan pada semua indikator kemampuan dimana kemampuan memahami masalah sebesar dengan kategori sangat baik, merencanakan penyelesaian sebesar dengan kategori sangat baik, melaksanakan rencana sebesar dengan kategori sangat baik, memeriksa kembali jawaban dengan kategori sangat baik, dan keempat indikator tersebut telah mencapai keberhasilan, sehingga pemberian tindakan berhenti pada siklus II. Dengan demikian penerapan problem based learning berbantuan Google Site dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adam, N., Hi Rahman, M., & Sukmawati Yusuf, D. A. (2023). Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Model POE2WE Berbantuan Google Site. EDUKASI, 21(3).
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema, 2(1), 39.
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The Difficulties of High School Students In Solving Higher-Order Thinking Skills Problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532.
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Education, 01(02), 15–22.
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 01(02), 309–316.
Khasanah, A., & Rizka Amalia, S. (2023). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK (Vol. 10, Issue 2).
Krisna, E. D., & Mery Marlinda, N. L. P. (2020). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 91–97.
Lestari, S. &. (2020). Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua. 04(01), 286–293.
Muhidin, D., Hibatullah, H., & Kudus, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division The Efforts To Improve Mathematical Problem Solving Ability With Cooperative Learning Model With Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir, 32.
Nuryadi, A., Santoso, B., & Indaryanti, I. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Dengan Strategi Scaffolding With A Solution Plan Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), 73–81.
Salenussa, M., Setyawan, F., & Sugiyem. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada SMA Negeri 14 Ambon. Sora Journal of Mathematics Education, 3(1), 34–42.
Siti Juariah, Roza, Y., & Heleni, S. (2022). Development Of Mathematical Learning Tools Based On Problem-Based Learning (PBL) Models Of Sine And Cosine Rules To Facilitate Mathematical Problem-Solving Ability Students Of Class X SMA/MA. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 5(1), 37–43.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (27th ed.). ALFABETA.
Wira, L., Pandiangan, H., Penerapan, E. S., & Surya, E. (2020). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1).
Published
30-06-2024
How to Cite
Nur Fanny Pratiwi, Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Sites sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 735-742. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3884