Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Sites sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Google Site. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas XI-5 SMA N 2 Bantul tahun ajaran . Desain penelitian ini terdiri atas empat tahapan pada yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, serta analisis data dilakukan melalui tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tes awal pada prasiklus diperoleh presentase sebesar pada indikator kemampuan memahami masalah pada kategori baik, merencanakan masalah sebesar dengan kategori cukup, melaksanakan rencana sebesar dengan kategori baik, dan memeriksa kembali jawaban sebesar dengan kategori baik. Kemampuan memahami masalah mencapai keberhasilan, dan yang lainnya belum mencapai keberhasilan, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus I untuk diberikan tindakan. Pada siklus I kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan disemua indikator dimana kemampuan memahami masalah pada kategori sangat baik dengan presentase merencanakan masalah sebesar dengan kategori baik, melaksanakan rencana sebesar dengan kategori sangat baik, dan memeriksa kembali jawaban sebesar dengan kategori sangat baik, akan tetapi merencanakan penyelesaian belum mencapai keberhasilan, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II untuk diberikan tindakan. Pada siklus II terdapat peningkatan pada semua indikator kemampuan dimana kemampuan memahami masalah sebesar dengan kategori sangat baik, merencanakan penyelesaian sebesar dengan kategori sangat baik, melaksanakan rencana sebesar dengan kategori sangat baik, memeriksa kembali jawaban dengan kategori sangat baik, dan keempat indikator tersebut telah mencapai keberhasilan, sehingga pemberian tindakan berhenti pada siklus II. Dengan demikian penerapan problem based learning berbantuan Google Site dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Downloads
Metrics
References
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema, 2(1), 39.
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The Difficulties of High School Students In Solving Higher-Order Thinking Skills Problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532.
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Education, 01(02), 15–22.
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 01(02), 309–316.
Khasanah, A., & Rizka Amalia, S. (2023). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK (Vol. 10, Issue 2).
Krisna, E. D., & Mery Marlinda, N. L. P. (2020). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 91–97.
Lestari, S. &. (2020). Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua. 04(01), 286–293.
Muhidin, D., Hibatullah, H., & Kudus, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division The Efforts To Improve Mathematical Problem Solving Ability With Cooperative Learning Model With Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir, 32.
Nuryadi, A., Santoso, B., & Indaryanti, I. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Dengan Strategi Scaffolding With A Solution Plan Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), 73–81.
Salenussa, M., Setyawan, F., & Sugiyem. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada SMA Negeri 14 Ambon. Sora Journal of Mathematics Education, 3(1), 34–42.
Siti Juariah, Roza, Y., & Heleni, S. (2022). Development Of Mathematical Learning Tools Based On Problem-Based Learning (PBL) Models Of Sine And Cosine Rules To Facilitate Mathematical Problem-Solving Ability Students Of Class X SMA/MA. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 5(1), 37–43.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (27th ed.). ALFABETA.
Wira, L., Pandiangan, H., Penerapan, E. S., & Surya, E. (2020). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1).
Copyright (c) 2024 Nur Fanny Pratiwi, Vita Istihapsari, Sri Widayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.