Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI-2 SMAN 2 Bantul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Google Sites
Abstract
Kurangnya pemahaman konsep matematika dapat menghambat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang lebih kompleks dan mempersiapkan mereka untuk tantangan di dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan google sites. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek 36 Siswa kelas XI-2 SMA N 2 Bantul. Hasil tes pemahaman konsep matematika siswa XI-2 SMA N 2 Bantul dengan pendekatan CRT berbantuan google sites setelah dilaksanakan di siklus I memiliki nilai rata-rata 68,61 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 30. Dari 36 siswa hanya 13 siswa (36,11%) yang mencapai nilai KKM dan 23 siswa (63,88%) yang belum mencapai nilai KKM. Dari siklus I yang nilai rata-ratanya 68,61% meningkat menjadi 90,69%. Dari total 36 siswa, 33 siswa (91,67%) diantaranya berhasil mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM ada 3 siswa (8,3%). Secara keseluruhan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas XI-2 SMA N 2 Bantul dengan Pendekatan CRT berbantuan Google sites berhasil mengalami peningkatan.Downloads
Metrics
References
Agrota Shoit, Lukman Harun, Marnala Harianja. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma Pada Pembelajaran Problem Based Learning Pendekatan Crt Dengan Strategi Scaffolding. Jurnal Theorems (Original Research Of Mathematics).
Aqib, Zainal dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Yrama Widya
Astriana, S.B. Waluyo, Siswanto. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas X MIPA 9 SMA N 4 Semarang melalui model PBL berbantuan kartu soal. Prima Prosiding Seminar Nasional Matematika, 893-898 .
Baihaqi Alfaqih, Fuja Hoirunnisa, Mega Sulistyani Sa’diyah, Nadia Indah Khoerunnisa, Nurul Pauziah. (2023). Kendala dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Institut Agama Islam Darussalam Ciamis Jabar. Jurnal Kreativitas Mahasiswa.
Citra Nurani Putri, Dori Lukman Hakim. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII Pada Materi Program Linier. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI).
Darwani, Hafriani, Yuni Angkat. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom di SMP/MTS. Educator Development Journal.
Elza Nora Yuliani, Zulfah, Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan matematika.
Ferenc Fitriani Sartika, S. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Peserta Didik SMP Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika.
Jubaidah Siti, Rizki M. Zulkarnain. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN SMP KELAS VIII SMPN 1 ASTAMBUL. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 68-73.
Laksana, F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CRT pada peserta didik X-D SMA N 3 Tuban, Universitas Muhammadiyah Gresik Indonesia vol 29 no 2. Didaktita Jurnal Pemikiran Pendidikan, 289-297.
Radiusman. (2020). Studi literasi : Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
Sulistyawati, E. (2018). Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Program Studi Tadris Matematika.
Copyright (c) 2024 Larasati Vicky Hernita, Vita Istihapsari, Sri Widayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.