Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI-2 SMAN 2 Bantul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Google Sites

  • Larasati Vicky Hernita Universitas Ahmad Dahlan
  • Vita Istihapsari Universitas Ahmad Dahlan
  • Sri Widayati SMA N 2 Bantul
Keywords: Culturally Responsive Teaching, Google Sites, Understanding Mathematical Concepts, CRT Approach

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep matematika dapat menghambat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang lebih kompleks dan mempersiapkan mereka untuk tantangan di dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan google sites. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek 36 Siswa kelas XI-2 SMA N 2 Bantul. Hasil tes pemahaman konsep matematika siswa XI-2 SMA N 2 Bantul dengan pendekatan CRT berbantuan google sites setelah dilaksanakan di siklus I memiliki nilai rata-rata 68,61 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 30. Dari 36 siswa hanya 13 siswa (36,11%) yang mencapai nilai KKM dan 23 siswa (63,88%) yang belum mencapai nilai KKM. Dari siklus I yang nilai rata-ratanya 68,61% meningkat menjadi 90,69%. Dari total 36 siswa, 33 siswa (91,67%) diantaranya berhasil mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM ada 3 siswa (8,3%). Secara keseluruhan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas XI-2 SMA N 2 Bantul dengan Pendekatan  CRT berbantuan Google sites berhasil mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agrota Shoit, Lukman Harun, Marnala Harianja. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma Pada Pembelajaran Problem Based Learning Pendekatan Crt Dengan Strategi Scaffolding. Jurnal Theorems (Original Research Of Mathematics).

Aqib, Zainal dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Yrama Widya

Astriana, S.B. Waluyo, Siswanto. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas X MIPA 9 SMA N 4 Semarang melalui model PBL berbantuan kartu soal. Prima Prosiding Seminar Nasional Matematika, 893-898 .

Baihaqi Alfaqih, Fuja Hoirunnisa, Mega Sulistyani Sa’diyah, Nadia Indah Khoerunnisa, Nurul Pauziah. (2023). Kendala dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Institut Agama Islam Darussalam Ciamis Jabar. Jurnal Kreativitas Mahasiswa.

Citra Nurani Putri, Dori Lukman Hakim. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII Pada Materi Program Linier. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI).

Darwani, Hafriani, Yuni Angkat. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom di SMP/MTS. Educator Development Journal.

Elza Nora Yuliani, Zulfah, Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan matematika.

Ferenc Fitriani Sartika, S. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Peserta Didik SMP Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika.

Jubaidah Siti, Rizki M. Zulkarnain. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN SMP KELAS VIII SMPN 1 ASTAMBUL. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 68-73.

Laksana, F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CRT pada peserta didik X-D SMA N 3 Tuban, Universitas Muhammadiyah Gresik Indonesia vol 29 no 2. Didaktita Jurnal Pemikiran Pendidikan, 289-297.

Radiusman. (2020). Studi literasi : Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.

Sulistyawati, E. (2018). Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Program Studi Tadris Matematika.

Published
06-05-2024
How to Cite
Hernita, L. V., Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI-2 SMAN 2 Bantul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Google Sites. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 517-523. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3590