PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Shirmaku Suci Ika Putri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Laswadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
Keywords: Pengembangan, Geogebra, Dimensi Tiga

Abstract

Pengembangan Lembar Kerta Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis geogebra pada materi dimensi tiga untuk meningkatkan kemampuan  pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci diperoleh dari  hasil analisis validasi akhir ahli, dengan beberapa revisi LKPD berbasis geogebra yang dikonsultasikan dengan validasi ahli diperoleh skor rata-rata 2,9, sehingga LKPD berbasis geogebra layak untuk digunakan.Efektivitas pengembangan media pembelajaran matematika berbasis geogebra pada materi dimensi tiga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci ditunjukan dari hasil kemampuan pemahaman konsep yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis Geogebra memiliki persentase 75,09% > 70%. Ini berarti bahwa pencapaian tujuan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan sebelumnya, baik secara individu maupun dalam konteks umum, sangat memuaskan sehingga pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis Geogebra berlangsung efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Shirmaku Suci Ika Putri, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Jurusan Tadris Matematika IAIN Kerinci

Laswadi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Jurusan Tadris Matematika IAIN Kerinci

References

Julita, J., Sucipto, L., & Nasrullah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Geogebra Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Dimensi 3. Journal of Math Tadris, 2(1), 19-28.
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khabibah. (2006). Pengembangan Model pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Disertasi. Tidak dipubliksikan. Doktoral Universitas Negeri Surabaya.
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.
Nasution, E. Y. P. (2021). Analisis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).
Nasution, E. Y. P. (2017). Interaksi antara Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pendekatan Open-Ended dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 5(01), 37-54.
Nurhalipah. (2020). Efektivitas Penggunaan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ikhlas Sungai Abang Kabupaten Sarolangun. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Deepublish.
Putri, A., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 127-138.
Putri, N. K., Candiasa, I. M., & Suweken, G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 10(2), 25-35.
Ridwan, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Memfasilitasi Kemampuan Visualisasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta).
Semmel, M. I., & Thiagarajan, S. (1973). Observation Systems and The Special Education Teacher. Focus on Exceptional Children, 5(7).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108-117.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu
Yulia, P., Gunawan, R. G., & Nasution, E. Y. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhdap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras, 9(1), 55-62.
Published
22-05-2024
How to Cite
Nasution, E. Y. P., Suci Ika Putri, S., & Laswadi. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 623-633. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3761