PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
Pengembangan Lembar Kerta Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis geogebra pada materi dimensi tiga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci diperoleh dari hasil analisis validasi akhir ahli, dengan beberapa revisi LKPD berbasis geogebra yang dikonsultasikan dengan validasi ahli diperoleh skor rata-rata 2,9, sehingga LKPD berbasis geogebra layak untuk digunakan.Efektivitas pengembangan media pembelajaran matematika berbasis geogebra pada materi dimensi tiga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci ditunjukan dari hasil kemampuan pemahaman konsep yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis Geogebra memiliki persentase 75,09% > 70%. Ini berarti bahwa pencapaian tujuan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan sebelumnya, baik secara individu maupun dalam konteks umum, sangat memuaskan sehingga pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis Geogebra berlangsung efektif.Downloads
Metrics
References
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khabibah. (2006). Pengembangan Model pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Disertasi. Tidak dipubliksikan. Doktoral Universitas Negeri Surabaya.
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.
Nasution, E. Y. P. (2021). Analisis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).
Nasution, E. Y. P. (2017). Interaksi antara Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pendekatan Open-Ended dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 5(01), 37-54.
Nurhalipah. (2020). Efektivitas Penggunaan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ikhlas Sungai Abang Kabupaten Sarolangun. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Deepublish.
Putri, A., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 127-138.
Putri, N. K., Candiasa, I. M., & Suweken, G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 10(2), 25-35.
Ridwan, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Memfasilitasi Kemampuan Visualisasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta).
Semmel, M. I., & Thiagarajan, S. (1973). Observation Systems and The Special Education Teacher. Focus on Exceptional Children, 5(7).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108-117.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu
Yulia, P., Gunawan, R. G., & Nasution, E. Y. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhdap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras, 9(1), 55-62.
Copyright (c) 2024 Eline Yanty Putri Nasution, Shirmaku Suci Ika Putri, Laswadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.