Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Jurusan IPS Di Pondok Pesantren

  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Hanifatul Rahmi Sekolah Tinggi Teknik (STT) Dumai
Keywords: Hasi Belajar Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah, IPS

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada dugaan bahwa Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki hasil belajar matematika yang rendah khususnya siswa pada Pondok Pesantren yang lebih mendalami Ilmu Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar matematika siswa IPS di Pondok Pesantren. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPS pada Pondok Pesantren Robitotul Istiqomah Pasar Huristak, Palas yang berjumlah 92 orang siswa kemudian diambil sampel sebanyak 30 orang siswa secara random dengan cara pengundian. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode Eksprimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar matematika. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kemudian data hasil tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji-t sebab sebaran data normal dan populasi homogen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) nilai rata-rata data hasil Lembar Observasi terhadap proses pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah sebesar 3,25 dengan kategori sangat baik; (2) nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah sebesar 62,46 dengan kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sesudah belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah sebesar 73,86 dengan kategori baik; (3) terdapat pengaruh yang signifkan antara Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Hanifatul Rahmi, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Dumai

Dosen Matematika pada Jurusan Teknik Informatika

References

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sukodono. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 8-13.

Ilham, H & Muhammad, N. W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. vol 01. No 01. 2013.

Indah, S., Retno, S. I. & Sri, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Percernaan Manusia. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb.

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Nasution, E. Y. P. (2016). Analisis terhadap DisposisiMatematis Siswa SMK pada Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 4(01), 77-95.

Nasution, E. Y. P., Gunawan, R. G., & Yulia, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(02), 163-176.

Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Siswa Jurusan IPS Pada Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61-76.

Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205-221.

Nasution, E. Y. P., Yulia, P., Anggraini, R. S., Putri, R., & Sari, M. (2021, February). Correlation between mathematical creative thinking ability and mathematical creative thinking disposition in geometry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.

Romadhon, D. N. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX C Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Tahun Ajaran 2018/2019 di SMPN 21 Tanjung Jabung Timur. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 2(2), 33-42.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills. In Curup Annual Conference on Math (CACM) (Vol. 1, No. 1, pp. 21-26).

Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yulia, P., Gunawan, R. G., & Nasution, E. Y. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras: Journal of the Mathematics Education Study Program, 9(1), 55-62.

Shimada, S. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Suherman E, Turmudi, Suryadi D, Herman T, Suhendra, Prabawanto S, Nurjanah & Rohayati A. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FPMIPA UPI.

Sumarmo, U. (2013). Pengembangan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. FPMIPA: UPI.

Turmudi. (2012). Matematika: Landasan Filosofis, Didaktis, dan Pedagogis Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudin. (2011). Matematika sebagai Pondasi untuk Membangun Karakter Bangsa. Slide Presentasi FPMIPA: UPI.

Wardani, S. (2011). Mathematical Cretivity and Disposition: Experiment with Grade-10 Students using Silver InquiryApproach. Japan: Gunma University.

________. (2011). Modul Matematika SMP Program Bermutu. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Kementrian Pendidikan Nasional.

Published
01-08-2022
How to Cite
Nasution, E. Y. P., & Rahmi, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Jurusan IPS Di Pondok Pesantren. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 127-138. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1776