Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Statistika pada Materi Statistika terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

  • Alfina Damai Yanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Venni Herli Sundi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sugiyanti Sugiyanti SMP Labschool FIP UMJ
Keywords: Teaching Aids, Statistics, Learning Motivation

Abstract

Motivasi belajar peserta didik yang rendah mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk itu perlu adanya solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan penggunaan alat peraga yang sesuai untuk meningkatkan motiivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan alat peraga papan statistika pada materi statistika terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65% dengan kategori sedang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil motivasi belajar pada siklus I sebesar 52% dengan kategori rendah, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,8% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan alat peraga papan statistika berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amrai, K., Motlagh, S. E., Zalani, H. A., & Parhon, H. (2011). The relationship between academic motivation and academic achievement students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 399-402.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Peserta didik Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya, Metodik Didaktik, 13(1). doi: 10.17509/md.v13i1.7689.

Hidayah, N., & Witri, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Rosda.

Nizaar, M., Muhardini, S., & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V SD. 2.

Rahmadonna, S., & Fitriyani. (2011). Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMA. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 76-95.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar.

Rosiyanti, H., Widyasari, R., Ardiansyah, A. F., & Istiqomah, S. (2020, December). Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik SMP Labschool FIP UMJ. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Rubiyanto, R. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : FKIP PGSD UMS.

Santoso, B., Putri, H. D., & Medrianti, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus, Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11 – 18. doi.org/10.33369/jkf.3.1.11-18.

Sudarsono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2014). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitain Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Published
20-02-2024
How to Cite
Alfina Damai Yanti, Sundi, V. H., Hadi, M. S., & Sugiyanti, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Statistika pada Materi Statistika terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 418-424. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3721

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>