Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Statistika pada Materi Statistika terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Motivasi belajar peserta didik yang rendah mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk itu perlu adanya solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan penggunaan alat peraga yang sesuai untuk meningkatkan motiivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan alat peraga papan statistika pada materi statistika terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65% dengan kategori sedang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil motivasi belajar pada siklus I sebesar 52% dengan kategori rendah, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,8% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan alat peraga papan statistika berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik.Downloads
Metrics
References
Amrai, K., Motlagh, S. E., Zalani, H. A., & Parhon, H. (2011). The relationship between academic motivation and academic achievement students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 399-402.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Peserta didik Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya, Metodik Didaktik, 13(1). doi: 10.17509/md.v13i1.7689.
Hidayah, N., & Witri, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Rosda.
Nizaar, M., Muhardini, S., & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V SD. 2.
Rahmadonna, S., & Fitriyani. (2011). Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMA. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 76-95.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar.
Rosiyanti, H., Widyasari, R., Ardiansyah, A. F., & Istiqomah, S. (2020, December). Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik SMP Labschool FIP UMJ. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Rubiyanto, R. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : FKIP PGSD UMS.
Santoso, B., Putri, H. D., & Medrianti, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus, Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11 – 18. doi.org/10.33369/jkf.3.1.11-18.
Sudarsono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2014). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitain Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Alfina Damai Yanti, Venni Herli Sundi, Muhamad Sofian Hadi, Sugiyanti Sugiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.