PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Malfriana Malfriana SMA Negeri 3 Luwu Utara
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, STAD, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas X-IPS SMA Negeri 3 Luwu Utara; (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas X-IPS SMA Negeri 3 Luwu Utara; dan (3) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa Kelas X-IPS yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa Kelas X-IPS yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah randomized pretest-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X-IPS SMA Negeri 3 Luwu Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster double random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah: (1) tes hasil belajar, dan (2) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD; dan (4) posttest model kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari tipe Jigsaw, gain ternormalisasi model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari tipe STAD, dan persentase ketuntasan klasikal model kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari tipe Jigsaw

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agus. 2011. Prinsip- prinsip dalam Belajar. Bandung: Rosdakarya.
Arends, R. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Companies.
Ishaq dan Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik (Cetakan ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juwaeriah, S., Muhyani, dan Ikhtiono, G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Elementary Education. (Online), 1(2): 78-93. https://www.jurnalfai-uikabogor.org. Diakses pada 11 Oktober 2017.
Marsih, N. N., Candiasa, I. M., dan Kirna, I. M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD dan Kemampuan Abstraksi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. (Online), 4(1): 1-11. http://oldpasca.undiksha.ac.id. Diakses pada 11 Oktober 2017.
Rosyidah, U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan. (Online), 1(2): 115-124. https://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 14 Oktober 2017.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sriyati, L. M., Dantes, N., dan Candiasa, I. M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Semarapura. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia. (Online), 4(1): 1-12. http://oldpasca.undiksha.ac.id. Diakses pada 12 Oktober 2017.
Syahrir. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi Eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), https://eprints.uny.ac.id. Diakses pada 12 Oktober 2017.
Published
28-02-2020
How to Cite
Malfriana, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 77-85. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/331