PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI TRIGONOMETRI
Keywords:
Discovery Learning, Problem SolvingAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model discovery learning pada materi Trigonometri dengan materi pokok perbandingan trigonometri yang meliputi Bacaan Siswa (BS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Farmasi dengan jumlah siswa 20 orang. Pertemuan di kelas dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dengan tes hasil belajar satu kali tiap siswa. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Thiagarajan atau Model 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran, namun untuk penyebaran dalam penelitian ini belum bisa dilakukan karena penelitian ini hanya uji coba terbatas. Perangkat pembelajaran matematika dengan model discovery learning setelah dikembangkan, divalidasi dan disimulasikan serta mengalami beberapa kali revisi sehingga dihasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model discovery learning yang layak digunakan. Hasil dari uji coba terbatas menunjukan bahwa (1) skor rata-rata yang peroleh siswa pada tes hasil belajar adalah mencapai kentuntasan secara klasikal, (2) penggunaan perangkat pembelajaran matematika dengan model discovery learning menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, (3) tanggapan siswa terhadap perangkat pembelajaran matematika dengan model model discovery learning berupa Bacaan Siswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa dan Tes Hasil Belajar memenuhi kriteria efektif; (5) guru mampu mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, berdasarkan pengelolaan pembelajaran dimana sebagian besar aspek dapat terlaksana dengan baik; (6) perangkat model discovery learning ini memenuhi kriteria kevalidan, keefektifan dan kepraktisan.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2020-02-28
How to Cite
Jumriani, J. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI TRIGONOMETRI. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/323
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.