Penerapan Model Kooperatif Tipe VAK terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

  • Rahmaniar Rahmaniar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Quraisy Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: KooperaKooperatif, VAK, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika dengan menerapkan model Kooperatif tipe Vizualization, Auditory And Kinestetic (VAK) siswa kelas X MIPA 6 SMA Kartika XX-1 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Randoml Sampling. Adapun kelas sampel terdiri dari 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa. Pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi sistem persamaan linier tiga variabel. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil posttest siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Tipe VAK sebesar 84,48 sebesar 84,48 dari skor nilai ideal yang diperoleh siswa yaitu 100 dengan variansi sebesar 56,63 dan standar deviasi sebesar 7,52. Adapun skor tertinggi yaitu sebesar 98 dan skor terendah sebesar 70 dengan rentang skor yaitu 28. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest. Dengan skor pretest 22,15 dan rata-rata skor posttest 84,48, pemahaman konsep matematika siswa meningkat setelah menerapkan model kooperatif Tipe VAK. Oleh karena itu, berdasarkan hasil analisis di atas, pembelajaran matematika dengan menerapkan model kooperatif Tipe VAK akan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MIPA 6 SMA Kartika XX-1.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad, R, Bahar, E.E., Nursakiah. 2023. Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Self-Confidence di Kelas X SMA

Harianto, Sugeng. 2015. Metode Quantum Learning dengan Learning Style VAK (Visual, Auditorial, Kinesthetik). Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Khasanah, E. K. N; Munawaroh, F; Qomaria, N & Muharrami, L. K. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Natural Science Education Research (NSER), Vol. 2, No. 2, Hal. 105-112

Rahmah,F, Wahyuddin, & Nursakiah. 2023. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2 No. 1 (Januari 2023) 1-7. DOI: 10.54259/diajar.v2i1.1135

Saputri, L dan Dira Puspita. 2018. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Vizualization Auditory Kinesthetic (VAK) Berbantuan Wingeom. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, Vol. 1, No. 1, Hal. 75-83.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Wibowo, A. T., Sarengat, & Astuti, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pedagogi, Vol. 6, No. 4.

Published
01-12-2023
How to Cite
Rahmaniar, R., Nursakiah, N., & Quraisy, A. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe VAK terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 94-99. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3135

Most read articles by the same author(s)