Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari Self-Confidence di Kelas X SMA
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari self-confidence. Subjek penelitian sebanyak 3 orang yang masing-masing mewakili self-confidence Tinggi, Sedang, dan Rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket self-confidence, lembar tes koneksi matemais, serta pedoman wawancara. Lembar tes koneksi matematis memuat 3 soal yang masing-masing mewakili tiap indikator koneksi matematis yaitu mengkoneksikan antar konsep matematika, mengkoneksikan matematika dengan bidang lain, serta mengkoneksikan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Hasil dari penelitian ini adalah: (a) Subjek dengan self-confidence Tinggi mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan koneksi matematis yaitu mampu mengaitkan konsep matematika yang satu dan lainnya, dapat mengaitkan konsep matematika dengan konsep pada bidang lain (fisika), serta dapat mengatkan konsep matematika dengan konteks permasalahn sehari-hari; (b) Subjek dengan self-confidence Sedang memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis, tetapi tidak memenui indikator mengaitkan konsep matematika dengan konsep pada bidang lain (fisika); (c) Subjek dengan self-confidence Rendah tidak dapat memenuhi ketiga indikator koneksi matematis.
Kata Kunci: Koneksi Matematis, self-confidence
Downloads
Metrics
References
Uno, Hamzah B. dan Kuadrat, Masri. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Afiatin, T., & Martaniah, S. M. 1998. Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 3(6).
Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, M., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pjbl Dengan Tugas Creative Mind-Map Untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7600.
Dinda Tiara Putri Rasadi (2022) “norma skoring kuesioner kepercayaan diri”.
Fathani, A. H. (2009). Hakekat dan Logika. Ar-Ruzz Media
Hasbullah, H. (2016). Pengaruh Metode Belajar Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 4(2). Available at: https://doi.org/10.12928/admathedu.v4i2.4795.
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal on Education, 1(2), 309-316. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.68.
Malinda, P. and Minarti, E.D. (2018) Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1829–1837.
Nurafni, A. & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa: Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3.
Reksadini, M. U., Waluya, S. B., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). Systematic Literatur Review: Kemampuan Koneksi Matematika Berdasarkan Self Confidence. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 217-225. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.42.
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JIPMAT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(2), https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1241
Wahyuni, S. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4). Available at: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3519.
Copyright (c) 2023 Rahmadani Ahmad, Erni Ekafitria Bahar, Nursakiah Nursakiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.