Analisis Habits of Mind Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3131Keywords:
Habits of Mind, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field IndependentAbstract
Rutinitas cara berpikir siswa saat menangani permasalahan persegi menjadi data utama dalam penelitian kualitatif ini. Siswa kelas VIII SMPN 8 Probolinggo berpartisipasi dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas VIII SMPN 8 Probolinggo ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent dalam penerapannya pada penyelesaian permasalahan persegi. Studi ini menyoroti pentingnya kebiasaan berpikir seperti ketekunan, refleksi pada pemikiran sendiri, fleksibilitas pikiran, dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tes dan wawancara dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data. Pada tahap persisting, siswa dengan tipe kognitif field dependent dan field independent dapat menilai dengan baik informasi apa yang ada dalam masalah, yang mendukung temuan penelitian. Siswa dengan tipe kognitif yang bergantung pada lingkungan atau field dependent dan tidak bergantung pada lingkungan atau field independent dapat dengan benar menghitung solusi untuk masalah persegi dalam fase "berpikir tentang berpikir" dan "berpikir fleksibel". Siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menarik kesimpulan untuk memecahkan masalah, memeriksa kembali pekerjaannya, dan memberikan bukti pendukung bahwa jawabannya benar pada tahap mengupayakan keakuratan proses pembelajaran, sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent tidak dapat melakukan hal-hal ini.
Downloads
References
Ayu, A. & Katmaningsing, Y. (2022). Habits of Mind Sebagai Karakteristik Peserta Didik. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran 2022.
Costa, Arthur.L dan Benna Kallick, Leading and Learning with Habits of Mind 16 Essential Characteristic for Success, (United States of America) : Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD). 2008.
Dwirahayu, Gelar dan Dedek Kustiawati, Imania Bidari.(2018). “Pengaruh Habits of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis”, Jurnal JPPM Vol.11 No.2. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757
Fendrik, Muhammad. (2015). Analisis Kemampuan Habits Of Mind Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pgsd Fkip Universitas Riau, 2, 80–91
Hadi, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Teknodik, 17(3). DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.561
Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent dan Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Vol. 3 No.4.
Ilmi1, Monica dan Lazwardi. (2022). Habits Of Mind dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3(1), 19-3. DOI: https://doi.org/10.24127/emteka.v3i1.1263
Imania, B. (2016). Pengaruh Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/45554/2/24.%20Pengaruh%20Habits%20of%20Mind%20TErhadap%20Kemampuan%20Generalisasi%20Matematis-%20JPPM%20Untirta.pdf.
Isfiani, I.K. (2016). Profil Tingkatan Habits of Mind dan Kecemasan Kognitif Dalam Mata Pelajaran Biologi Pada Siswa SMA. Biodidaktika, Volume 11 No 2.
Khoiriyah, N. (2013). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Surakarta: UNS Surakarta.
Marita, Rose Ash Shidiqi. (2014). “Profil Habits of Mind Peserta Didik SMA kelas XI pada Pembelajaran Biologi menggunakan Metode Praktikum dan Diskusi”, Prosiding Mathematics and Science Forum. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/view/519 . 2014
Nurmutia, H, E. 2019. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2). DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.443
Rakhmawati, Ismi, Neni Hasnunidah, And Median Agus Priadi. (2019). Habits Of Mind And Concept Mastery Of Cell In Multimedia Virtual Class Environment. Jpmipa, 20(21). DOI: https://doi.org/10.23960/jpmipa/v20i1.pp17-22
Setiadi, Hari dkk. Kemampuan Matematika Siswa Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011. Jakarta : Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012.
Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. NUMERICAL (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika), 1(1), 93. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.122 DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.122
Synthia, H, H. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. http://lib.unnes.ac.id/25289/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.