Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dengan mengguanakan aplikasi Google classroom dan Google Meet terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitafif dengan desain one group pretest-posttest yang menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes hasil belajar, dan angket minat belajar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Matematika semester II Universitas Munhammadiyah Sorong berjumlah 17 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata sebesar 71.35 sedangkan sebelum menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet nilai rata-rata mahasiswa sebesar 31. 24. Hal ini sejalan dengan respons yang diberikan mahasiswa mengenai minat belajar yang dimiliki. sebesar 43% merespons sangat setuju merasa senang terhadap pembelajaran yang berlangsung menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. 39% merespons sangat setuju memperhatikan pembelajaran selama menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. 50% merespons sangat setuju berpatisipasi dalam pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. Dengan demkian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa semester II Prodi Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong. Selain itu selama pembelajaran yang menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet juga mengalami beberapa kendala seperti keterbatasan kuota internet dan ketidakstabilan jaringan internet mengakibtkan beberapa mahasiswa tidak dapat mengikuti pembelajaran secara keseluruhan.
Kata Kunci: Google Classsroom Dan Google Meet, Minat dan Hasil Belajar
Downloads
Metrics
References
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Arifin, M. Z., & Sumbawati, M. S. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Teknik Kerja Bengkel Siswa Kelas X Tav Smk Negeri 2 Surabaya Berdasarkan Motivasi Belajar Dan Tipe Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2)
Arum, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Aplikasi Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa SMA/SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 101-106
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement, 2(1), 2–6
Hamid, R., Hidayat, A., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Presta si Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 3(1), 1-9
Hamidy, A. (2021). Zoom meeting vs google classroom: Perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan platform pembelajaran daring. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 61-68.
Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon : SMA Negeri 1 Losari
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran COVID-19:(The Application of E-Learning in the Era of the Industrial Revolution 4.0 to Suppress the Spread of COVID-19). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46-55
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457.
Khairunnisa, K., Hasibuan, S. W., & Anjani, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Perbankan Syariah Semester II Tentang Penggunaan Aplikasi Google Classroom Selama Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(1), 198-209.
Mulyono, M., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 411-422.
Mulyono, M., Trisnawati, N., Komayanti, K., & Kokop, N. (2022). Profesionalisme Guru MI Dalam Menerapkan Strategi Pendidikan Matematika Realistic (PMR) Di Masa Pandemic-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 27-37.
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.
Nur, M., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020, December). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas IX Di MTSN 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR) (Vol. 2, No. 1, pp. 108-125).
Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2), 70-76.
Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 5(1), 91-99.
Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2021). Pengembangan Kartu Make a Match Berbasis Karakter Anti Korupsi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 293-307.
Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE MEET. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250-260.
Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dengan google classroom dan google meet terhadap minat belajar matematika diskrit. Jurnal AKSIOMA, 10(2), 1063-1073.
William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71-80
Copyright (c) 2023 Nika Fetria Trisnawati, Supriadi, Sasmita Warfandu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.