Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa

  • Nika Fetria Trisnawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sasmita Warfandu Universitas Muhammadiyah Sorong
Keywords: Google Classsroom, Google Meet, Minat, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dengan mengguanakan aplikasi Google classroom dan Google Meet terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitafif dengan desain one group pretest-posttest yang menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes hasil belajar, dan angket minat belajar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Matematika semester II Universitas Munhammadiyah Sorong berjumlah 17 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata  sebesar 71.35 sedangkan sebelum menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet nilai rata-rata mahasiswa sebesar 31. 24. Hal ini sejalan dengan respons yang diberikan mahasiswa mengenai minat belajar yang dimiliki. sebesar 43% merespons sangat setuju merasa senang terhadap pembelajaran yang berlangsung menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. 39% merespons sangat setuju memperhatikan pembelajaran selama menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. 50% merespons sangat setuju berpatisipasi dalam pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. Dengan demkian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa semester II Prodi Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong. Selain itu selama pembelajaran yang menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet juga mengalami beberapa kendala seperti keterbatasan kuota internet dan ketidakstabilan jaringan internet mengakibtkan beberapa mahasiswa tidak dapat mengikuti pembelajaran secara keseluruhan.

Kata Kunci: Google Classsroom Dan Google Meet, Minat dan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Arifin, M. Z., & Sumbawati, M. S. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Teknik Kerja Bengkel Siswa Kelas X Tav Smk Negeri 2 Surabaya Berdasarkan Motivasi Belajar Dan Tipe Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2)

Arum, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Aplikasi Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa SMA/SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 101-106

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement, 2(1), 2–6

Hamid, R., Hidayat, A., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Presta si Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 3(1), 1-9

Hamidy, A. (2021). Zoom meeting vs google classroom: Perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan platform pembelajaran daring. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 61-68.

Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon : SMA Negeri 1 Losari

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran COVID-19:(The Application of E-Learning in the Era of the Industrial Revolution 4.0 to Suppress the Spread of COVID-19). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46-55

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457.

Khairunnisa, K., Hasibuan, S. W., & Anjani, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Perbankan Syariah Semester II Tentang Penggunaan Aplikasi Google Classroom Selama Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(1), 198-209.

Mulyono, M., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 411-422.

Mulyono, M., Trisnawati, N., Komayanti, K., & Kokop, N. (2022). Profesionalisme Guru MI Dalam Menerapkan Strategi Pendidikan Matematika Realistic (PMR) Di Masa Pandemic-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 27-37.

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.

Nur, M., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020, December). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas IX Di MTSN 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR) (Vol. 2, No. 1, pp. 108-125).

Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2), 70-76.

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 5(1), 91-99.

Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2021). Pengembangan Kartu Make a Match Berbasis Karakter Anti Korupsi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 293-307.

Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE MEET. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250-260.

Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dengan google classroom dan google meet terhadap minat belajar matematika diskrit. Jurnal AKSIOMA, 10(2), 1063-1073.

William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71-80

Published
24-08-2023
How to Cite
Trisnawati, N. F., Supriadi, & Warfandu, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 347-355. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2929