Model Pembelajaran Superitem: Imlementasi dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu, hal ini dapat di lihat bahwa siswa belum mampu memahami masalah, merencanakan masalah, menyelesaikan masalah, memeriksa kembali dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dan yang paling terlihat adalah siswa sulit memecahkan masalah dalam meyelesaikan soal berbeda dengan soal yang diterangkan oleh guru sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran guru yang kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu tahun pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini berjenis Pra-eksprimen dengan rancangan the static group comparison. Populasi penelitian ini sekaligus sampel adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIB. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Slamping. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksprimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh lebih besar dari 1.680. Karena 2.51 maka tolak dan diterima. Jadi, kesimpulannya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Superitem lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dikelas VIII Jamaliyah Taminag Ampalu tahun pelajaran 2022/2023. Yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu tahun ajaran 2022/2023.
Downloads
Metrics
References
Ariawan, I., & Divayana, D. G. H. (2020). Design of Blended Learning Based on Tri Kaya Parisudha Using Kelase Platform in Realizing Hybrid-Superitem Learning in Mathematics Lessons. International Journal of Instruction, 13(3), 679-698.
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International electronic journal of mathematics education, 14(1), 243-252.
Herliani, Penggunaan Taksinomi SOLO Pada Pembelajran Kooperatif Truth And Dare Dengan Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Biologi SMA Vol. 13 No. 1, 2016, hal 233
Huda, M, 2020, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jaya, dkk. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Berbantuan Scaffholding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Jurnal Math Educator Nusantara (Jmen), Vol. 6 No. 1, Mei 2020,Pp.74-83
Lesh, R., & Zawojewski, J. S. (2007) Problem Solving and Modeling. In: Lester, F., Ed., Second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning, Information Age Publishing. Greenwich CT, 763-802.
Lestari, K.E, 2015, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Editama, 2015
Meika, I. Dkk, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model SSCS, (Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 01 Maret 2021),
Rahman, M. M. (2019). 21st century skill'problem solving': Defining the concept. Rahman, MM (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64-74.
Shihab, Q, 2012, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Quran Vol 13, Jakarta: Lentwra Hati
Suherman, E, Dkk, 2001, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung : JICA Universitas Pendidikan Indonesia
Shoimin, A, 2020, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta; AR-RUZZ MEDIA.
Suyatno. (2009). Exploring Innovative Learning. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka
Wena, M, 2013, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumu Aksara.
Yulian, V. N. (2019, November). Enhancing students’ mathematical synthesis ability by superitem learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1280, No. 4, p. 042030). IOP Publishing.
Copyright (c) 2023 Henni Srilia Namora, Haida Fitri, M. Immamuddin, Tasnim Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.