Model Pembelajaran Superitem: Imlementasi dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

  • Henni Srilia Namora UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Haida Fitri UIN Scjeh D.Jamil D.Jambek Bukittinggi
  • M. Immamuddin UIN Scjeh D.Jamil D.Jambek Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat UIN Scjeh D.Jamil D.Jambek Bukittinggi
Keywords: Superitem Learning Model, Mathematical Problem Solving Ability

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu, hal ini dapat di lihat bahwa siswa belum mampu memahami masalah, merencanakan masalah, menyelesaikan masalah, memeriksa kembali dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dan yang paling terlihat adalah siswa sulit memecahkan masalah dalam meyelesaikan soal berbeda dengan soal yang diterangkan oleh guru sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran guru yang kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu tahun pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini berjenis Pra-eksprimen dengan rancangan the static group comparison. Populasi penelitian ini sekaligus sampel adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIB. Teknik pengambilan sampel  dalam penelitian ini adalah Random Slamping. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksprimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh  lebih besar dari  1.680. Karena 2.51  maka tolak  dan  diterima. Jadi, kesimpulannya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Superitem lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dikelas VIII Jamaliyah Taminag Ampalu tahun pelajaran 2022/2023. Yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Jamaliyah Tamiang Ampalu tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ariawan, I., & Divayana, D. G. H. (2020). Design of Blended Learning Based on Tri Kaya Parisudha Using Kelase Platform in Realizing Hybrid-Superitem Learning in Mathematics Lessons. International Journal of Instruction, 13(3), 679-698.

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International electronic journal of mathematics education, 14(1), 243-252.

Herliani, Penggunaan Taksinomi SOLO Pada Pembelajran Kooperatif Truth And Dare Dengan Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Biologi SMA Vol. 13 No. 1, 2016, hal 233

Huda, M, 2020, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jaya, dkk. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Berbantuan Scaffholding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Jurnal Math Educator Nusantara (Jmen), Vol. 6 No. 1, Mei 2020,Pp.74-83

Lesh, R., & Zawojewski, J. S. (2007) Problem Solving and Modeling. In: Lester, F., Ed., Second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning, Information Age Publishing. Greenwich CT, 763-802.

Lestari, K.E, 2015, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Editama, 2015

Meika, I. Dkk, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model SSCS, (Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 01 Maret 2021),

Rahman, M. M. (2019). 21st century skill'problem solving': Defining the concept. Rahman, MM (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64-74.

Shihab, Q, 2012, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Quran Vol 13, Jakarta: Lentwra Hati

Suherman, E, Dkk, 2001, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung : JICA Universitas Pendidikan Indonesia

Shoimin, A, 2020, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta; AR-RUZZ MEDIA.

Suyatno. (2009). Exploring Innovative Learning. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka

Wena, M, 2013, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumu Aksara.

Yulian, V. N. (2019, November). Enhancing students’ mathematical synthesis ability by superitem learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1280, No. 4, p. 042030). IOP Publishing.

Published
07-08-2023
How to Cite
Namora, H. S., Fitri, H., M. Immamuddin, & Rahmat, T. (2023). Model Pembelajaran Superitem: Imlementasi dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 246-256. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2875