Deskripsi Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa selama Pandemi Covid-19

  • Rio Fabrika Pasandaran Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Umi Kalsum Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitattif dan kuantitatif (mix method) yang bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 13 Luwu selama pandemic covid-19. Pada penelitian ini yang menjadi subjek yaitu siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 13 Luwu yang kemudian akan dipilih 6 subjek untuk diwawancarai yang terdiri 3 subjek motivasi belajar dan 3 subjek minat belajar berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu, 1) angket motivasi belajar, 2) angket minat belajar, dan 3) pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kuantitatif dimana peneliti mencari mean dan standar deviasi dari hasil angket motivasi dan minat belajar. Selanjutnya dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan minat belajar matematika siswa selama pandemi cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Harsyad, F. (2016). Studi komparasi penggunaan ice breaking dan brain gym terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan matematika: Pustaka Ramadhan. Bandung.

Jusmawati, J., Satriawati, S., & Sabillah, B. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pgsd Unimerz Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 106-111.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2020). KBBI Daring. Diakses pada 13April 2021, dari Https://kbbi.kemendikbud.go.id/

Rimayanti, 2014. Efektifitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas 8 MTs Nurul Baebunta. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo. FKIP UNCP.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018).Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 260934.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Sugiyono,P.D, (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung : ALFABETA, cv.

Yana, Y., & Sari, D. P. (2021).INVESTIGASI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI ERA COVID-19. STATMAT: JURNAL STATISTIKA DAN MATEMATIKA, 3(1), 19-28

Published
04-08-2023
How to Cite
Pasandaran, R. F., & Kalsum, U. (2023). Deskripsi Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa selama Pandemi Covid-19. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 227-235. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2872

Most read articles by the same author(s)